Skip to main content

Labels

PENA INFO

10 Kunci Sukses Bill Gates

Halo sahabat Pena Info, apakah anda tahu siapa itu Bill Gates? Ya benar sekali Bill Gates adalah salah satu orang kaya di dunia.

Nyatanya Bill Gates tidak pernah menamatkan kuliahnya di Harvard demi mengejar bisnisnya di Microsoft.

Nah, meskipun Microsoft menjadi perusahaan raksasa yang mengantarkan Bill Gates menjadi orang terkaya di muka bumi selama bertahun-tahun, namun Bill Gates selalu mengatakan bahwa ia menyesal telah meninggalkan bangku kuliah.

Meskipun kaya raya, Bill Gates adalah seorang filantropis terbesar di Amerika Serikat dengan sudah menyumbangkan lebih dari US$ 28 milyar untuk kegiatan amal.

Nah, sahabat Pena Info apakah anda ingin mengetahui rahasia Bill Gates sehingga bisa menjadi sangat sukses?

Berikut adalah 10 rahasia kesuksesan Bill Gates:

10 Kunci Sukses Bill Gates:

1. Selalu Punya Semangat dan Energi untuk Menuju Sukses

Bill Gates tidak pernah berhenti bekerja. Di awal-awal masa mengembangkan Microsoft, Bill Gates tidak pernah mengambil libur sehari pun.

Ia bekerja terus menerus tanpa lelah untuk mengejar ambisinya. Bill Gates sangat banyak menggunakan waktunya berada di pesawat berkeliling dunia untuk bertemu dengan klien dari berbagai negara.

Semangatnya yang tidak pernah kendur pada saat menjabat sebagai CEO telah membuatnya mencapai sukses seperti saat ini.

Saat Microsoft masih kecil, Bill Gates belum memiliki kendaraan seperti saat ini. Sering kali ia harus menaiki taksi atau pun berjalan kaki untuk menemui pelanggan.

Ada banyak sekali orang yang ingin mengalami kesuksesan seperti yang dimiliki Bill Gates saat ini, namun pada kenyataannya sedikit sekali orang yang memiliki semangat dan energi seperti Bill Gates.

Bill Gates mengatakan ia cukup beruntung memiliki energi yang seolah tidak ada habisnya untuk bekerja.

2. Miliki Kemampuan Memengaruhi Orang Lain

Bill Gates mengatakan pada banyak kesempatan bahwa ia menyesal telah meninggalkan bangku kuliah.

Namun ternyata ia cukup bangga karena bisa mengajak Steve Ballmer untuk meninggalkan bangku kuliah nya di sekolah bisnis.

Steve Ballmer kemudian menjadi CEO di Microsoft menggantikan Bill Gates. Bill Gates sangat bersyukur karena bisa menemukan seorang Steve Ballmer, seorang yang sangat dia percayai dan memiliki visi yang sama.

Pada jaman sekarang, kemampuan memengaruhi orang lain untuk dapat bergabung dengan anda atau membantu anda sangatlah penting.

3. Bekerja Lebih Keras

Bill Gates bekerja sangat keras dan giat. Banyak pengusaha yang ingin sukses dan menikmati hidup, namun kebanyakan tidak ingin membayar harga untuk dapat menjalani hidup yang enak.

Menurut Bill Gates, bekerja keras dan bekerja cerdas itu sama saja. Bekerja cerdas cocok bagi orang-orang yang sudah terlahir dengan bakat dan kejeniusan.

Sedangkan bagi dirinya yang orang biasa tanpa bakat apapun, satu-satunya jalan keluar untuk meraih kesuksesan adalah bekerja keras tanpa menyerah.

Yang luar biasa, Bill Gates hanya mengambil 2 minggu dalam setahun untuk menyepi seorang diri.

Dalam kegiatan menyepi tersebut, ia menyibukkan diri untuk membalas email, membaca surat-surat yang dikirimkan kepadanya, mempelajari proposal dan ide-ide bisnis, dan memikirkan visi dan tujuan Microsoft di masa depan.

Meskipun Bill Gates tidak bekerja sama sekali dalam masa 2 minggu yang ia sebut sebagai “Think Week” tersebut, namun ia terus bekerja di pikirannya. Ide-ide nya terus bekerja tanpa henti sepanjang tahun.

Sebagai pengusaha dan pemimpin sebuah perusahaan, pekerjaan terberat yang dilakukan Bill Gates adalah berpikir.

Berpikir adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit ketimbang pekerjaan fisik. Dalam berpikir untuk mendapatkan ide, seorang pengusaha harus memikirkan yang belum ada untuk menjadi ada.

Belum lagi sering kali seorang pengusaha harus berpikir kreatif dalam tekanan yang sangat berat.

Bill Gates menekankan bahwa perbedaan besar antara pegawai dan pengusaha adalah kemauan untuk berpikir menggunakan otak.

Pegawai biasa hanya fokus untuk menjalankan perintah, itu saja. Sedangkan pengusaha harus senantiasa menggunakan otaknya untuk berpikir dan menciptakan ide-ide kreatif untuk membuat perusahaannya berkembang.

4. Ciptakan Masa Depan

Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan cara menciptakannya. Bill Gates menciptakan sebuah sistem operasi yang kemudian dipakai oleh produsen komputer di seluruh dunia.

Lantas kemampuan apakah sebenarnya yang dimiliki Bill Gates?

Salah satu kemampuan terpenting seorang entrepreneur atau pengusaha adalah harus bisa melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, dan kemudian memenuhi kebutuhan tersebut.

Tugas seorang entrepreneur adalah untuk memberikan nilai tambah, memberikan solusi atas permasalahan bahkan ketika tidak ada yang menyadari bahwa masalah itu ada, dan membuat hidup orang banyak menjadi lebih mudah.

Bill Gates dengan Microsoftnya jelas memberikan nilai tambah dan memudahkan para pengguna komputer di seluruh dunia untuk bisa bekerja dengan lebih efisien dan efektif.

Lihatlah bagaimana semua entrepreneur sukses bisa meraih kejayaan berbisnis dengan memberikan nilai tambah kepada banyak pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang dilayani, semakin Berjaya pula bisnis mereka.

5. Nikmati Apa yang Dikerjakan

Jalan menuju kesuksesan bisnis akan dipenuhi banyak sekali naik dan turun. Pada saat mengalami kenaikan berbisnis, semua akan terasa indah. Namun banyak pebisnis yang putus asa pada saat usahanya mengalami penurunan. Pengusaha itu hidupnya sangat penuh tantangan, selalu ada masalah yang datang setiap hari.

Jika anda tidak menyukai bidang bisnis yang anda geluti, maka hampir pasti anda akan menyerah ketika masalah bisnis datang.

Kenapa demikian? Karena anda adalah orang yang waras. Orang yang waras atau normal tidak ingin mendapatkan masalah ketika melakukan hal yang tidak disenangi. Beda halnya jika anda menyukai apa yang anda lakukan. Jika anda menyukai bidang bisnis anda, masalah yang datang akan tampak seperti tantangan yang membuat anda bersemangat untuk mengatasinya.

6. Bermain Permainan Mengasah Otak

Bill Gates sangat menyukai permainan kartu yang satu ini. Bahkan saking sukanya bermain Bridge, Bill Gates menyempatkan diri bermain Bridge dengan Warren Buffett hingga berjam-jam dan akhirnya hingga kini kedua orang terkaya di bumi itu berteman baik.

7. Meminta Nasihat

Meskipun berstatus sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates tetap meminta pendapat orang-orang di sekitarnya.

Ia tidak ragu untuk meminta opini dari istrinya, anak-anaknya, rekan bisnisnya, Paul Allen dan Steve Ballmer, termasuk teman-temannya seperti Warren Buffett.

Tidak hanya dari orang-orang terdekat, Bill Gates juga banyak belajar dan bertanya dari pengusaha-pengusaha lainnya. Bahkan dari orang-orang yang bukan pengusaha pun, Bill Gates tetap belajar.

Menurut Bill Gates, cara termudah dan termurah untuk mendapatkan ilmu adalah dengan belajar dari orang yang sudah mengalami apa yang akan kita tuju.

Pelajari apa yang mereka lakukan sehingga sukses, namun yang lebih penting lagi adalah mempelajari kegagalan mereka sehingga anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama.

Saat sekarang menjadi orang yang sangat sukses di dunia bisnis, Bill Gates merasa ia harus membalas budi mereka yang sudah membantunya ketika perusahaannya masih berkembang.

Saat ini Bill Gates banyak memberikan nasehat bisnis kepada pengusaha yang memulai bisnisnya.

Ia sering mengisi acara seminar dan membagikan pengalamannya dalam menjalankan Microsoft dari nol hingga sebesar sekarang.

Nasihat dari orang-orang yang sudah sukses akan membantu anda semakin dekat dengan kesuksesan.

8. Pilih Orang-Orang Terbaik

Bagi Bill Gates, salah satu pekerjaannya yang terpenting adalah memilih orang-orang terbaik yang memiliki visi yang sama untuk bekerja di Microsoft.

Bill Gates merasakan bahwa dengan posisinya sebagai CEO, ia bisa bebas memilih dan menyeleksi siapa-siapa saja yang akan ia ajak bekerja sama dengannya membangun Microsoft.

Beberapa pilihan terpentingnya jatuh kepada Steve Ballmer yang kelak menjadi CEO Microsot dan Paul Allen yang menjadi partner Bill Gates mendirikan Microsoft.

Tidak peduli apapun bidang bisnis anda, pada akhirnya bisnis anda tidak akan lebih baik daripada orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Orang-orang yang anda rekrut harus memiliki visi dan kemampuan untuk bisa bekerja dalam perusahaan anda.

Jim Collins pernah mengatakan bahwa lebih penting memilih orang yang tepat daripada menentukan arah perusahaan.

Kenapa? Karena jika anda memiliki tim yang hebat, maka kemana pun arah perusahaan pasti akan sukses.

9. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Menurut Bill Gates, menunda-nunda tugas atau pekerjaan itu bukan hal yang kecil. Tidak sekecil menunda-nunda pekerjaan.

Mengatakan besok saja atau nanti saja itu sangat mudah, tetapi untuk mengatasi akibat menunda nunda pekerjaan tidaklah semudah itu.

Lebih baik mencegah daripada masalah berdatangan akibat menunda-nunda pekerjaan.Pekerjaan atau tugas anda tidak ada yang selesai, akhirnya semua berantakan.

Prestasi kerja di perusahaan akan rendah, begitu juga produktivitas anda akan menurun drastis. Penjualan dalam bisnis pun tidak akan bagus, jika anda tidak segera menjalankan pekerjaan yang seharusnya anda lakukan.

10. Miliki Selera Humor

Tertawa adalah obat yang terbaik. Humor mampu meningkatkan kemampuan orang untuk beradaptasi dengan beragam situasi dan memberikan perspektif bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

Coba tambahkan humor sedapat mungkin dalam kegiatan rutin anda sehari-hari. Tonton drama komedi, dengarkan siaran radio non-berita.

Mempertahankan selera humor dengan baik bisa membuat anda menjadi orang yang optimis dan semakin bersemangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Bisa juga tertawa bersama keluarga , kerabat bahkan dengan pasangan sekalipun, niscaya itu akan membuat pekerjaan/bisnis yang anda geluti.

Nah 10 hal tersebut selalu dilakukan oleh Bill Gates. Bagaimana dengan anda? Ayo mulai sekarang tambah semangat dan ikuti kunci sukses yang telah diberikan Bill Gates.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Sahabat Pena Info, silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik postingan halaman ini. Ingat, komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar