Skip to main content

Labels

PENA INFO

10 Peluang Menjanjikan Bisnis di Bidang Pendidikan

Halo sahabat Pena Info, apakah anda ingin memulai suatu bisnis tapi tidak tahu bisnis apa yang cocok untuk anda?

Nah, Pena Info akan memberikan inspirasi bisnis yang dapat anda coba. Hampir semua bidang kehidupan bisa dijadikan bisnis usaha terutama di bidang pendidikan.

Mengapa bisnis yang berhubungan dengan pendidikan? Yaa tentu saja, bisnis yang berhubungan dengan pendidikan peluangnya sangat terbuka lebar.

Setiap jenjang pendidikan mulai dari tingkat pendidikan usia dini sampai tingkat universitas pasti selalu membutuhkan suatu barang atau jasa dalam menempuh pendidikan tersebut.

Menjalani usaha di bidang pendidikan merupakan potensi yang bisa menghasilkan keuntungan mengingat persaingan dalam dunia pendidikan sudah semakin ketat.

Membuka bisnis yang berhubungan dengan pendidikan ini merupakan hal yang jarang dilakukan orang lain karena kebanyakan orang lebih memilih untuk berbisnis kuliner atau pun fashion.

Peluang Bisnis yang Berhubungan dengan Pendidikan

Jika anda tertarik untuk membuka bisnis di bidang pendidikan, tapi mungkin anda masih bingung untuk mencari ide apa yang cocok dijadikan bisnis.

Bisnis di bidang pendidikan tidak melulu mengenai lembaga bimbingan atau lembaga profesional tetapi masih banyak peluang yang bisa anda dapatkan.

Maka dari itu, jika anda ingin membuka bisnis yang berhubungan dengan pendidikan, Pena Info akan memberikan ulasannya, simak berbagai peluang bisnis berikut ini:

1. Les Privat

Saat ini banyak murid yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Namun berbagai tempat seperti lembaga bimbingan menawarkan biaya yang terlalu tinggi untuk setiap program bimbingannya.

Les privat saat ini dinilai lebih efektif dalam membantu prestasi anak di sekolah. Jika Anda seorang mahasiswa maka anda bisa menawarkan diri untuk menjadi guru privat dengan biaya yang standar.

2. Les Calistung

Les baca tulis hitung atau calistung juga bisa menjadi bisnis yang berhubungan dengan pendidikan yang dapat anda jalankan.

Bagi orang tua yang sibuk bekerja dan memiliki buah hati kemungkinan mereka akan sulit untuk mengurusnya sehingga saat ini banyak yang melimpahkannya ke tempat les. Les calistung bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

3. Kursus Bahasa Asing

Bahasa menjadi modal utama seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Terutama bahasa asing.

Jika anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, anda bisa mengajak beberapa rekan anda untuk mendirikan bisnis kursus bahasa asing mengingat kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan bahasa asing kian meningkat.

4. Kursus Keterampilan Komputer

Selain bahasa asing, keterampilan dalam menggunakan komputer juga merupakan hal yang harus dimiliki oleh seseorang ketika akan melamar pekerjaan.

Saat ini tak sedikit orang yang masih tidak dapat mengoperasikan komputer, maka dari itu kursus komputer bisa menjadi peluang bisnis untuk membantu orang-orang yang kesulitan menggunakan komputer.

5. Bisnis Penulis Buku

Pada saat ini banyak penerbit buku yang membutuhkan naskah-naskah untuk diproses dan diterbitkan menjadi sebuah buku.

Pada zaman yang serba digital ini, bukan penulis lagi yang mencari penerbit, namun sebaliknya penerbit yang mencari penulis.

Biasanya satu naskah buku mendapatkan bayaran sekitar 2 juta rupiah sampai 3 juta rupiah tergantung jenis buku dan pengalaman si penulis. Apabila buku itu laris di pasaran, maka keuntungannya pun juga berlipat.

6. Toko Seragam Sekolah

Bisnis yang berhubungan dengan pendidikan tidak selalu tentang jasa tetapi juga bisa berupa barang.

Nah maka dari itu toko seragam sekolah bisa menjadi pilihan peluang bisnis untuk anda jalankan. Anda bisa menjual berbagai pakaian seragam sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Tidak hanya seragam dasar saja, namun anda juga bisa menjual pakaian seperti seragam pramuka, kaos kaki, tas, sepatu, dan lain-lain.

7. Bisnis Toko Buku

Pendidikan tidak lengkap tanpa buku. Tentu saja ungkapan tersebut ada benarnya juga. Buku juga wajib digunakan sebagai media pembelajaran.

Buku menjadi jendela dunia tempat membuka dan menambah wawasan agar dapat memiliki pikiran yang luas. Jika anda pernah ke toko buku, tidak kah anda pernah berpikir bahwa bisnis toko buku ini sangat lah luas pangsa pasarnya.

Anda dapat mencoba memulai bisnis ini, baik itu di tempat yang khusus seperti mall atau pun membuka di tempat sendiri.

Secara tidak langsung anda telah mengantarkan ilmu pengetahuan kepada orang yang membutuhkan.

8. Bisnis Toko Alat Tulis

Bisnis yang bisa anda coba selanjutnya yaitu stationery atau toko alat tulis. Anda bisa menjual berbagai kebutuhan anak sekolah seperti bolpoin, pensil, penghapus, buku tulis, dan lain-lain.

Menjalani bisnis ini akan membuat anda tidak hanya memiliki pelanggan anak sekolah tetapi juga para pekerja kantor yang selalu membutuhkan stationery untuk bekerja.

9. Jasa Antar Jemput Sekolah

Anda juga bisa menawarkan jasa untuk mengantar dan menjemput anak sekolah bagi orang tua yang terlalu sibuk bekerja.

Bisnis ini cukup menjanjikan karena anda hanya membutuhkan modal kendaraan, bensin, dan juga sopir.

10. Bisnis Fotocopy

Peluang bisnis ini sangat potensial, apalagi dibuka di tempat yang strategis seperti di dekat sekolah atau kampus.

Anak-anak sekolah, mahasiswa, orang kantoran pasti akan sangat memerlukan tempat fotocopy yang juga menyediakan laminating, penjilidan dan sebagainya.

Dari beberapa peluang bisnis di atas terbukti bahwa pendidikan juga merupakan hal yang menjanjikan karena bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Demikian beberapa peluang bisnis yang berhubungan dengan pendidikan yang bisa anda coba. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar