Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

17 Ciri-Ciri Karyawan yang Berkualitas

Halo sahabat Pena Info, apakah anda adalah seorang atasan atau bos di suatu perusahaan?

Apakah anda sedang mencari karyawan yang ideal? Atau mungkin anda adalah seorang karyawan di suatu perusahaan?

Karyawan yang memiliki kualitas yang bagus akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Kinerja perusahaan yang baik juga akan meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan dan ini dipengaruhi oleh salah satunya adalah sumber daya manusia yang mumpuni.


Ciri-Ciri Karyawan yang Berkualitas

Kali ini Pena Info akan memberikan ulasan pada anda tentang ciri-ciri karyawan yang berkualitas. Nah, jika anda seorang atasan atau karyawan, milikilah ciri-ciri seperti berikut ini.

1. Jujur.

Sebaik apapun kualitas seorang karyawan, itu tidak akan sempurna tanpa adanya kejujuran. Kredibilitas seorang karyawan akan jatuh jika tidak jujur. Kejujuran dan transparansi adalah hal yang sangat penting.

Tidak hanya untuk karyawan, transparansi akan meningkatkan integritas suatu perusahaan dan membuat senang para klien. Tentu hal yang paling utama adalah kejujuran.

2. Beretika.

Setiap perusahaan memiliki aturan kerja yang dibuat untuk diikuti. Ada nilai-nilai yang harus dijaga.

Karyawan yang baik harus mengikuti kebijakan perusahaan dan mengajak rekan yang lain untuk menaati peraturan itu juga.

Menjaga etika saat berada dalam lingkungan kerja adalah hal yang sangat penting.

3. Disiplin.

Setiap atasan menyukai karyawan yang disiplin, misalkan disiplin waktu. Disiplin waktu adalah hal yang penting bagi perusahaan agar dapat mencapai target yang sudah ditetapkan. Waktu adalah uang.

Jadi karyawan yang tidak menghargai waktu seperti datang terlambat ke kantor, mengambil waktu istirahat berlebihan, menunda atau meninggalkan pekerjaan lebih awal dari jam biasa, maka hal-hal semacam itu akan merugikan perusahaan.

4. Dapat berkomunikasi dengan baik.

Seorang atasan akan senang mempekerjakan karyawan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan mengekspresikan diri secara jelas, baik saat menulis maupun berkomunikasi.

Perusahaan yang sukses dalam menjalankan bisnis atau usahanya sudah pasti memiliki karyawan yang dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien baik itu dengan atasan, rekan kerja ataupun dengan klien.

5. Dapat memotivasi diri sendiri dan orang lain.

Karyawan yang baik tidak pernah ragu mengambil tanggung jawab atau posisi yang memiliki tanggung jawab lebih.

Semangat dalam bekerja akan mendorong karyawan untuk menyelesaikan berbagai tugas-tugasnya. Motivasi diri juga erat kaitannya dengan kepercayaan diri seorang karyawan.

Selain dapat memotivasi diri sendiri, alangkah baiknya dapat juga memotivasi rekan yang lain untuk lebih semangat lagi.

6. Pekerja keras.

Bekerja keras memang suatu yang penting. Namun bukan berarti seorang karyawan bekerja terus menerus.

Bekerja keras dimaksudkan pada sistem kerja yang efektif dan efisien, bukan bekerja sampai larut malam.

Jadi, seorang karyawan harus terus mengingatkan dirinya sendiri betapa berartinya mereka pada perusahaan.

7. Adaptif.

Situasi dan kondisi tidak dapat diprediksi dan akan terus berubah. Seorang karyawan yang baik tidak akan menolak perubahan, namun akan menyesuaikan dirinya karena hal tersebut terbukti penting bagi perusahaan.

Karyawan yang tahu bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan mau belajar berbagai hal baru.

Orang yang dapat melakukan yang terbaik dalam perubahan itu cenderung menjadi orang yang berpengaruh dalam organisasi manapun.

8. Mampu bekerjasama dalam tim.

Ciri karyawan yang berkualitas selanjutnya adalah mampu bekerjasama dalam tim. Banyak perusahaan yang meraih kesuksesan berdasarkan kerjasama tim dan seluruh departemen atau divisi, bukan hanya kemampuan individu.

Setiap perusahaan membutuhkan usaha tim yang efektif dan efisien. Mulai dari direktur sampai karyawan biasa, semua punya peran penting dalam tim.

Seorang karyawan yang baik ingin semua rekan timnya sukses dan pada akhirnya tertuju pada kesuksesan perusahaan.

9. Membantu rekan kerja.

Setiap karyawan pasti memiliki tugas individu dan tugas tim. Ada kalanya tugas individu kita sudah selesai namun tugas individu rekan yang lain belum selesai.

Seseorang akan menghargai bantuan setiap saat. Jangan ragu dalam membantu orang lain, dengan catatan tidak akan membebani diri anda sendiri.

Hal ini akan membangun hubungan persahabatan dengan rekan kerja dan membuat perusahaan tetap berjalan lancar.

10. Sopan.

Bersikap ramah, sopan dan santun akan mudah didekati oleh karyawan yang lain. Contohnya seperti, mengucapkan salam, meminta tolong atau meminta maaf, mempersilahkan rekan yang lain dan sebagainya.

Hal seperti ini mungkin tampak tidak penting namun sangat membantu dalam membangun hubungan yang baik dengan siapa pun dalam perusahaan.

11. Tidak bergosip.

Karyawan yang baik selalu ingat bahwa dia datang ke kantor untuk bekerja dan berkarir bukan untuk membicarakan orang lain.

Jangan menyebarkan gosip atau rumor di kantor. Hormati privasi rekan kerja. Hal yang tidak produktif seperti itu akan merugikan diri anda sendiri dan perusahaan.

12. Memiliki pengetahuan tentang pekerjaannya.

Mengetahui dan memahami suatu pekerjaan dengan baik adalah salah satu hal terpenting untuk menjadi karyawan yang baik.

Memiliki pengetahuan luas tentang industri akan berpengaruh terhadap perusahaan dan akan membuat seorang karyawan lebih terbuka terhadap perubahan.

13. Kreatif.

Ciri karyawan yang memiliki kualitas yang bagus selanjutnya adalah kreatif. Yaa tentu saja perusahaan selalu membutuhkan seorang yang kreatif untuk membantu menemukan solusi baru dalam setiap permasalahan yang ada.

Dengan persaingan bisnis yang sangat ketat sekarang ini perusahaan dituntut untuk berinovasi. Karyawan yang baik juga harus menyadari tren bisnis atau industri yang akan datang dan melangkah lebih jauh untuk menerapkan solusi dan teknik yang inovatif.

14. Optimis.

Optimisme dapat diartikan sebagai harapan dan keyakinan tentang masa depan atau hasil sukses dari sesuatu yang sudah dikerjakan saat ini.

Orang yang optimis memiliki semangat kerja yang lebih di dalam perusahaan. Orang yang optimis juga cenderung lebih banyak melakukan, dan menciptakan suasana produktivitas.

Untuk menjadi karyawan yang ideal, diperlukan kontribusi secara positif kepada organisasi, berinisiatif, memberikan saran, atau yang lainnya.

Seorang karyawan yang baik bertanggung jawab atas segala hal yang mereka lakukan. Begitulah cara kerja karyawan yang hebat.

15. Sederhana dan rendah hati.

Tidak ada yang menyukai seseorang yang membanggakan atau menyombongkan prestasi mereka. Biarkan orang lain yang menilai seberapa bagus diri anda, seberapa besar kontribusi yang anda berikan.

Karyawan yang sederhana dan rendah hati adalah seseorang yang akan membuktikan nilai mereka melalui kerja keras dan prestasi. Tempat kerja yang produktif seharusnya tidak memiliki karyawan yang sombong.

16. Memiliki nilai-nilai kepemimpinan.

Kepemimpinan dimulai dengan rasa percaya diri dan diperkuat dengan kesuksesan yang telah didapat serta pemikiran yang positif.

Karyawan yang baik harus bisa menjadi pemimpin dari dirinya sendiri sebelum menjadi pemimpin dalam suatu perusahaan.

17. Hormat.

Penghormatan dapat ditunjukkan kepada rekan kerja dalam banyak hal, misalkan menghormati masukan dan sarannya.

Karyawan seharusnya tidak hanya merasa nyaman bekerja dengan orang-orang yang berbeda dari mereka, tapi juga harus menghormati rekan kerja atau klien jika ada suatu perbedaan.

Seorang karyawan yang baik harus berpikiran terbuka, menahan diri untuk tidak mengatakan hal-hal negatif tentang orang atau kelompok.

Karyawan dengan ciri-ciri di atas adalah aset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan. Bagi seorang atasan akan selalu menjadi tantangan untuk mempertahankan karyawan seperti itu.

Jika anda adalah seorang karyawan, milikilah ciri-ciri seperti di atas maka anda akan sukses di manapun. Nah itulah ciri-ciri karyawan yang berkualitas yang sudah Pena Info sajikan.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar