Kisah Perjuangan Kyai Haji Samanhudi

Biografi Kyai Haji Samanhudi

Biografi Kyai Haji Samanhudi
Lahir Surakarta, 1868
Meninggal Klaten, 28 Desember 1956
Gelar Pahlawan Kemerdekaan Indonesia
Dasar Penetapan Keppres No. 175 Tahun 1960
Tanggal Penetapan 28 Juli 1960

Pedagang Sekaligus Pejuang

Saat itu, Surakarta memang sedang resah akibat banyak Begal dan Kecu, kaum penjahat yang merugikan rakyat.

Di Laweyan, tempat para saudagar batik pribumi bermukim tidak lepas dari rasa takut pada kegiatan kaum penjahat. Sekali waktu, Samanhudi mengumpulkan karibnya sesama pedagang pribumi dan mengusulkan kelompok ronda malam, Rekso Roemekso.

Bertujuan menciptakan keamanan dari pencurian dan saling memberi pertolongan sesama pedagang batik Laweyan.

Di titik awal itu juga para saudagar merasakan diskriminasi dalam berdagang, lalu kelompok ronda itu perlahan diubah Samanhudi menjadi Serikat Dagang Islam [SDI] yang bertujuan melindungi pedagang batik pribumi.

Pada 11 November 1911, Serikat ini telah resmi menjadi organisasi dan Samanhudi menjadi ketua pertamanya.

Lalu siapa sangka bahwa Serikat ini berkembang luar biasa, berubah nama menjadi Serikat Islam [SI], dan menjadi organisasi masa pertama yang memainkan peran teramat penting dalam pergerakan nasional. Lalu, ketika kembali membicarakan awal berdirinya SI, orang pasti akan menyebut nama Samanhudi.

Memiliki Jiwa Dagang

Samanhudi sering dikenal juga dengan nama Wiryowikoro. Akan tetapi, ia memiliki nama kecil Sudarno Nadi, pemberian kedua orang tuanya sejak lahir.

Pendidikan formal yang ditempuhnya hanya Sekolah Dasar, itu pun tidak sampai tamat. Sesudahnya, ia belajar agama di Surabaya sambil berdagang batik.

Setelah terjun dalam dunia perdagangan, Samanhudi merasa jiwa dagang semakin melekat pada dirinya. Wawasan dalam dunia dagang pun semakin luas, dan ia mulai melihat ada perlakuan berbeda terhadap pedagang pribumi yang beragama Islam.

Sekitar tahun 1911 terdapat persaingan yang tidak sehat antara pedagang-pedagang di Hindia Belanda. Pedagang-pedagang pribumi banyak mendapat tekanan dari Pemerintah Belanda.

Kisah Perjuangan Kyai Haji Samanhudi

Berdirinya Serikat Islam

Oleh karena itu, perdagangan bangsa Indonesia tidak dapat berkembang. Melihat keadaan ini, Samanhudi mengubah kelompok rondanya di Laweyan menjadi Sarekat Dagang Islam [SDI].

Organisasi itu bertujuan membela kepentingan pedagang-pedagang pribumi. Tirtoadisurjo membantu organisasi ini menjadi legal pada 11 November 1911.

Munculnya SDI mendapat sambutan yang luas. Dalam waktu singkat cabang-cabang SDI berdiri di luar kota Solo.

Sesudah itu, SDI ditingkatkan menjadi partai politik. Pada 10 September 1912, nama SDI diubah menjadi Serikat Islam (SI).

Haji Samanhudi tetap duduk sebagai ketua kehormatan sampai tahun 1914. Sesudah itu, SI dipimpin oleh Haji Oemar Said Tjokroaminoto, dan tumbuh menjadi partai massa.

Sejak tahun 1920 Haji Samanhudi tidak aktif lagi dalam pergerakan. Kesehatannya sering terganggu, tetapi perhatian terhadap pergerakan nasional tidak padam. Lama namanya tidak terdengar.

Di kala kemerdekaan telah di depan mata dan tentara Belanda mengganggu Republik Indonesia, ia kembali bergerak.

Perjuangan Samanhudi

Samanhudi mendirikan Barisan Pemberontak Indonesia di Surakarta dan Gerakan Persatuan Pancasila. Saat Belanda melancarkan Agresi militer kedua, Samanhudi membentuk laskar yang diberi nama Gerakan Kesatuan Alap-alap.

Laskar itu ditugasi menyediakan perlengkapan terutama bahan makanan untuk kesatuan-kesatuan tentara yang sedang bertempur di garis depan.

Banyak jasa yang diberikan selama berlangsungnya Agresi Militer II Belanda meski ia sudah tua.

Samanhudi meninggal pada usia 88 tahun di Klaten dan tubuhnya dimakamkan di Banaran, Grogol, Sukoharjo.

Atas jasanya yang begitu besar dalam pergerakan nasional maka pemerintah Indonesia memberikan gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional pada tahun 1961.

Referensi: 
Kuncoro Hadi & Sustianingsih. 2015. Ensiklopedia Pahlawan Nasional. Yogyakarta: Istana Media

(disadur oleh penainfocom)