Skip to main content

Labels

PENA INFO

Cara Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word

Penainfocom - Halo sahabat Pena Info, pada artikel ini Pena Info akan menjelaskan dan cara membuat daftar isi.

Halaman daftar isi menjadi elemen penting dalam penulisan karya tulis, baik itu berupa buku, skripsi, tesis, disertasi, makalah, laporan dan lain-lain. Nah untuk selengkapnya simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Daftar Isi?

Daftar isi adalah halaman petunjuk sebuah karya tulis. Daftar isi mencantumkan bab dan sub bab dalam tulisan secara keseluruhan serta nomor halaman tempat bagian itu dimulai.

Daftar isi dapat diibaratkan sebagai sebuah peta untuk mengakses semua bagian dalam karya tulis dengan mudah dan cepat.

Tujuan Pembuatan Daftar Isi?

  • Selain merupakan suatu hal yang wajib, sebuah dokumen yang memiliki daftar isi dapat terlihat lebih profesional dibandingkan karya tulis yang tidak memiliki daftar isi.
  • Membantu pembaca untuk menjelajahi secara garis besar dari isi karya tulis tersebut.
  • Membantu pembaca untuk menemukan informasi berdasarkan nomor halaman pada daftar isi dalam sebuah tulisan.

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Membuat daftar isi pada suatu karya tulis memang hal yang wajib, namun banyak orang yang masih belum bisa membuat daftar isi dengan rapi sesuai ketentuan.

Bagi penulis pemula memang akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk membuat daftar isi pada tugas akhirnya. Padahal ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikannya.

Nah beruntunglah anda jika menemukan artikel ini, karena Pena Info akan memberikan tutorial cara membuat daftar isi dan di bagian akhir artikel ini anda dapat mendownload contoh daftar isinya.

Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Ada beberapa opsi pembuatan daftar isi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan baik itu secara otomastis atau manual.

Penjelasan pertama yaitu cara membuat daftar isi pada Microsoft secara otomatis. Biasanya membuat daftar isi secara otomatis ini dibuat untuk karya tulis atau tugas akhir yang memiliki bab dan sub bab yang banyak.

Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat daftar isi yang rapi, tentunya daftar isi tersebut berada pada dokumen yang sama dengan isi tulisan.

Mengatur Heading

Langkah pertama yang dilakukan adalah menggunakan Heading. Hal ini dilakukan supaya bab dan sub bab tulisan anda dapat terdeteksi oleh Ms. Word.

Atur Heading dengan menggunakan fitur Styles yang terletak pada tab Home. Lalu pilih Heading 1 untuk Bab utama dan Heading 2 untuk sub bab. Terapkan secara keseluruhan dan jangan sampai tertinggal jika anda memiliki banyak bab dan sub bab.

Memasukkan Daftar Isi

Langkah selanjutnya adakah memasukkan daftar isi. Silakan klik tab References, kemudian pilih Table of Contents. Anda dapat memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual.

Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda.

Setelah memilih salah satu opsi tersebut, maka daftar isi yang anda masukkan akan langsung jadi dengan rapi. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan editing beberapa kata yang dibutuhkan.

Melakukan Pembaruan Daftar Isi

Jika ada beberapa perubahan yang anda lakukan pada dokumen sehingga diperlukan adanya perubahan juga pada daftar isi, anda tinggal menekan tombol Update Table di pojok kiri atas.

Anda juga dapat memilih mengupdate nomor halaman saja atau mengupdate daftar isi secara keseluruhan.

Membuat Daftar Isi Secara Manual

Selain dapat dibuat secara otomatis, anda juga dapat membuat daftar isi secara manual dengan mudah.

Biasanya cara membuat daftas isi secara manual ini dipilih karena beberapa orang mengerjakan karya tulisnya tidak memiliki sub bab atau tidak begitu panjang. Berikut ini langkah-langkahnya.

Mengatur Right Tab

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, anda harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View.

Setelah Ruler ditampilkan, anda dapat melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste.

Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab. Selanjutnya anda atur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen.

Dengan pengaturan tersebut anda dapat meletakkan nomor halaman dengan rapi sesuai jarak tab yang sudah anda setting.

Memunculkan Titik-Titik dengan Rapi

Selanjutnya, anda lakukan double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Kemudian pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

Memasukkan Daftar Isi

Setelah mengisi titik-titik tersebut, anda dapat memasukkan daftar isi dari bagian-bagian yang anda inginkan.

Selanjutnya memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Kemudian, terakhir anda dapat memasukkan nomor halamam yang sesuai dengan judul pada bagian tersebut.

Selain cara otomatis dan manual di atas, anda juga dapat mendownload contoh daftar isi yang sudah Pena Info sediakan di bawah ini untuk pengunjung setia blog penainfocom.

Silahkan klik tombol di bawah ini.

Daftar Isi (Ms.Word 2013)
Daftar Isi (Ms.Word 2003)

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Tetap semangat mengerjakan tugas-tugas anda. Silahkan bagikan artikel ini melalui media sosial anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar