Skip to main content

Labels

PENA INFO

Tips Mendapatkan Foto Refleksi Terbaik

Penainfocom - Halo sahabat Pena Info, apakah Anda seorang fotografer? Atau Anda hanya suka dengan dunia fotografi?

Yaa di dalam dunia fotografi terdapat berbagai macam teknik dalam pengambilan salah satunya adalah teknik foto refleksi.

Teknik Foto Refleksi merupakan suatu teknik fotografi yang memanfaatkan cahaya, dimana cahaya tersebut dipantulkan dengan bantuan objek atau benda-benda seperti air dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik daam menggunakan teknik foto refleksi, Anda perlu menemukan genangan air dengan kondisi yang tenang agar menghasilkan sesuai keinginan.

Selain menggunakan pantulan genangan air, biasanya pantulan cahaya dari layar smartphone pun dapat juga dimanfaatkan.

Tips dalam Mendapatkan Hasil Foto Refleksi Terbaik

Mengabadikan pemandangan yang terefleksi akan menghasilkan foto yang keren dan menakjubkan. Tidak hanya fotografer profesional saja yang dapat menggunakan teknik fotografi ini.

Anda pun sebenarnya bisa melakukan teknik ini, asalkan mempunya keinginan untuk belajar dan mencoba, selain itu tentunya memerlukan momen dan tempat yang tepat.

Nah, berikut ini Pena Info akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan foto refleksi terbaik.

1. Bangun di Pagi Hari

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, anda perlu bangun pagi-pagi. Kenapa bagus di pagi hari?

Hal ini dikarenakan pada pagi hari, anginnya tidak terlalu kencang. Oleh sebab itu, pada saat air tenang maka pantulan dari air ke objek akan terlihat lebih jelas.

Tidak hanya pada genangan air, pantulan cahaya di antara pepohonan menjadi mudah didapatkan karena angina yang tenang.

Hembusan angin menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Dengan tidak adanya hembusan anginayang terlalu kencang di pagi hari, akan mendapatkan hasil foto refleksi yang sangat mengagumkan.


2. Gunakan Teknik Slow Speed

Teknik slow speed ini adalah salah satu teknik yang penting dalam dunia fotografi, terutama dalam menangkap gambar berbentuk landscape atau pemandangan alam.

Teknik slow speed merupakan teknik shutter (rana) pada pengaturan penggunaan kamera yang cepat atau lambat dari biasanya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan teknik ini dengan waktu kurang lebih di atas dua detik. Anda akan mendapatkan permukaan air yang datar atau halus tanpa pergerakan air tersebut.

Teknik slow speed juga bisa disebut dengan teknik long exposure.


3. Gunakan Tripod

Penggunaan tripod akan sangat membantu pada saat ingin mengambil suatu objek. Menggunakan tripod akan mendapatkan fokus pada suatu objek, karena objek tidak akan bergerak, berpindah atau blur.


4. Menggunakan Warna Alami

Penggunaan warna alami maksudnya adalah warna yang ada di alam tanpa hasil editing. Nah, sebisa mungkin tidak melakukan editing pada pemandangan yang ditangkap kamera agar terlihat lebih alami.

Namun jika dirasa editing diperlukan, maka sebaiknya hanya mengedit pencahayaannya saja. Pencahayaan diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dalam teknik foto refleksi, penggunaan warna alam akan menghasilkan foto yang sangat bagus. Di samping itu cahaya memainkan peranan yang penting juga agar mendapatkan kesan yang alami.


Nah itulah beberapa tips untuk mendapatkan foto refleksi yang keren. Apabila anda mempunyai tips-tips lainnya sesuai pengalaman anda, silahkan ditambahkan pada kolom komentar.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar