Skip to main content

Labels

PENA INFO

Macam-Macam Format Video yang Populer

Penainfocom - Artikel kali ini akan membahas macam-macam fotmat video yang banyak digunakan saat ini. Ketika Anda merekam video dan menyimpannya, format dalam video tersebut akan berbeda-beda tergantung pada perangkat rekaman yang digunakan.

Macam-Macam Format Video yang Populer

Video merupakan gabungan dari rekaman gambar-gambar yang dibaca berurutan dalam suatu waktu pada kecepatan tertentu.

Video juga merupakan hasil dari teknologi dimana teknologi tersebut mampu menangkap atau merekam, kemudian memproses dan mentransmisikan serta menata ulang gambar yang bergerak.

Pada saat Anda mulai merekam video dan menyimpannya, format video yang dihasilkan tentu saja dapat berbeda sesuai pada perangkat rekaman yang Anda gunakan. Format video dapat dibagi menjadi beberapa kategori.

Nah, mari simak penjelasan berikut ini mengenai jenis format video paling populer untuk digunakan.

1. MP4

Format video yang pertama adalah MP4. MP4 merupakan salah satu format video yang paling banyak digunakan. MP4 adalah singkatan dari MPEG-4 Part 14.

Penggunaan video dengan format MP4 semakin populer karena kepopuleran Youtube juga. Youtube menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV), sebagai format file standar pada setiap video yang ada di Youtube atau yang akan dipuload ke Youtube.


2. MKV

Format video selanjutnya yaitu MKV. MKV juga banyak digunakan karena banyaknya media berupa perangkat pemutar video yang menyajikan teknologi dengan kualitas yang tinggi atau yang lebih dikenal dengan High Definition (HD).

Tentu untuk menjaga video tetap berkualitas tinggi, maka format video MKV sangat cocok untuk digunakan. MKV juga bisa disebut dengan Matroska Video.


3. AVI

Format video yang ketiga ini bernama AVI. AVI adalah singkatn dari Audio Video Interleave.

Tingkat kompabilitas format AVI memilikit tingkat yang sama terhadap media player. Namun video dengan format AVI membutuhkan lebih banyak space memory untuk penyimpanan dibandingkan dengan MPG.

AVI umumnya digunakan sebagai format dalam pengeditan video di komputer. Kemudian hasil dari pengeditan video tersebut biasanya juga menggunakan format AVI.


4. MPG

Format video yang berikutnya yaitu MPG. Format file video MPG adalah variasi dari format kompresi video dan audio MPEG (Moving Picture Experts Group), dioptimalkan untuk video berkualitas siaran.

Video MPG memiliki mpg ekstensi file. MPG merupakan ekstensi file untuk animasi MPEG di MPEG-1 maupun MPEG-2 codec.


5. WMV

Format video yang kelima adalah WMV. Microsoft telah menciptakan sebuah kompresi file video yang disebut dengan WMV. Format video WMV merupakan singkatan dari Windows Media Video.

Ekstensi file untuk format video WMV adalah ASF (Advanced Systems Format). Formatnya berakhiran dengan * .wmv atau * .asf.

Apabila file WMV dikemas dalam format ASF, maka file WMV dapat melindungi kekayaan intelektual karena fasilitas manajemen hak digital. Standar ini secara resmi telah disetujui pada tahun 2006 sebagai VC-1.


6. 3GP

Format video yang terakhir adalah 3GP. Nah di Indonesia penggunaan video dengan format 3GP sangat populer pada awal era 2000-an. Pada saat itu format default bagi handphone keluaran tahun 2000-an adalah format 3GP.

Dari segi size video memang berukuran kecil, karena sudah dioptimalkan dari handphone. Karena file yang dihasilkan berukuran kecil, tentunya juga kualitas video menjadi tidak terlalu bagus.


Nah itulah berbagai macam format video yang perlu Anda ketahui, selain format video di atas tentu saja masih banyak format video lain yang dapat digunakan.

Selanjutnya Anda dapat membedakan kelebihan dan kekurangan dari setiap format video. Gunakanlah format video yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar