Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Kesalahan yang Harus Dihindari Vlogger

Penainfocom - Halo sahabat Pena Info apakah anda seorang vlogger? Atau kah anda ingin menjadi seorang vlogger?

Nah seorang vlogger seharusnya memahami berbagai hal agar dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan.

Nyatanya banyak vlogger terkadang melakukan kesalahan yang tidak disadarinya. Kesalahan-kesalahan tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan aktivitas vlogging.


Kesalahan Yang Harus Dihindari Vlogger

Nah, agar konten video yang Anda buat terlihat menarik dan penonton menikmati isi konten tersebut, Anda perlu menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja.

Selanjutnya apa saja kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari oleh para vlogger? Berikut ini Pena Info akan memberikan ulasannya.

Tidak Menguasai Materi

Sebagai seorang vlogger, tentu Anda harus merencanakan konten apa yang ingin Anda sampaikan dari awal hingga akhir dengan terstruktur.

Nah sebaiknya Anda melakukan latihan atau percobaan sebelum membuat konten, agar materi konten yang ingin Anda sampaikan tidak terhambat akibat Anda tidak menguasai materinya.


Tidak Berinteraksi dengan Audiens

Video Blog merupakan platform yang ditujukkan untuk berbagi informasi, mengedukasi atau memberikan hiburan. Tentu saja konten tersebut harus se-interaktif mungkin.

Nah, kesalahan yang sering dilakukan vlogger adalah tidak berinteraksi dengan audiens. Sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik.

Sebaiknya Anda berbicara santai, rileks ataupun dapat juga spontan saat di depan kamera. Anggap saja Anda sedang berbicara dengan teman.

Selanjutnya cobalah berinteraksi dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada penonton.

Kemudian Anda dapat menanggapi pada kolom komentar, tanggapi komentar-komentar yang mereka buat dan ikuti jejak pendapat untuk konten yang berikutnya.


Tidak Konsisten

Kesalahan yang tidak jarang dilakukan seorang vlogger adalah tidak konsisten. Kebanyakan di awal sangat semangat membuat konten namun lambat laun mulai tidak konsisten.

Dalam bidang apapun, konsisten memang sangat penting untuk mencapai keberhasilan, termasuk untuk mengelola vlog Anda sendiri.

Anda sebaiknya menghindari membuat konten yang acak atau tanpa tema yang jelas, sehingga konten anda tidak memiliki karakteristik yang unik.

Selain itu, upload video yang tidak teratur membuat rating anda menurun. Sebaiknya anda menggunakan fitur upload terjadwal, agar Anda terlihat konsisten.


Editing yang Tidak Menarik

Konten yang dibuat harus mampu menarik pemirsa, sehingga pemirsa pun ingin menontonnya lagi dan lagi.

Tidak hanya dalam take video, proses editing pun memainkan peran yang penting untuk menciptakan konten yang menarik.

Anda dapat melakukan editing seperti dengan menambahkan teks, mengatur gradasi warna agar terlihat menarik, mengatur transisinya dan lain sebagainya.


Melanggar Hak Cipta

Kesalahan ini sangat fatal. Agar tidak terjadi kesalahan seperti ini, sebaiknya anda mencari informasi mengenai konten-konten yang memiliki hak cipta.

Anda dapat menggunakan gambar, audio dan lain sebagainya yang tidak memiliki hak cipta agar konten anda terbebas dari pelanggaran hak cipta.

Tentunya anda tidak ingin terlibat dalam pelanggaran seperti ini bukan?


Nah, itulah poin-poin penting yang harus diperhatikan oleh seorang vlogger. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dengan terus belajar, berkaya dan berinovasi agar kedepannya Anda menjadi terbiasa dan tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar