Skip to main content

Labels

PENA INFO

Cara Menurunkan Berat Badan Akibat Retensi Air Secara Alami

Halo sahabat Pena Info, apakah Anda tahu salah satu penyebab kelebihan berat badan adalah retensi air? Retensi air ini merupakan cairan dalam tubuh yang berlebih yang seharusnya dibuang oleh tubuh.

Retensi air dalam tubuh kita dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, stres, dan kadar hormon. Penting untuk dicatat bahwa kehilangan lemak tubuh berbeda dengan kehilangan berat air.

Apa itu Retensi Air?

Biasanya ketika kita mengkonsumsi cairan, tubuh kita menggunakannya sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, selanjutnya kelebihan cairan tersebut dibuang pada saat buang air kecil.

Namun, retensi air adalah proses dimana jaringan kita mengumpulkan cairan yang menyebabkannya membengkak dan bukannya melepaskan cairan, tetapi tubuh kita menyimpannya di antara organ dan kulit kita.

Ketika ini terjadi, kita biasanya merasa tidak nyaman, kembung dan umumnya tidak senang dengan penampilan kita.

Mengapa air jadi penting?

Kita semua tahu bahwa tubuh kita membutuhkan air yang cukup. Namun, menjadi berbahaya apabila mempertahankan kelebihan air yang tidak perlu yang seharusnya dibuang. Berikut adalah penjelasan singkat tentang mengapa sangat penting untuk memiliki asupan air yang cukup setiap hari.

Tubuh kita terbuat dari sekitar 70% air dan menggunakan air untuk:
  • Pencernaan
  • Penyerapan
  • Pengangkutan nutrisi melalui tubuh
  • Regulasi suhu
  • Fungsi kognitif
  • Pembersihan dan detoksifikasi
Jika tubuh kita mengalami dehidrasi, tubuh kita tidak akan mampu melakukan fungsi di atas secara efektif. Ini akan mempengaruhi bagaimana tubuh kita beroperasi dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cara termudah untuk mengidentifikasi dehidrasi adalah dengan secara teratur memeriksa urin Anda. Jika berwarna gelap dan memiliki bau yang kuat, ini kemungkinan besar akan menjadi indikator dehidrasi.

Warna gelap dan aroma yang kuat adalah tanda bahwa ada ketegangan yang berlebihan pada ginjal Anda. Jika Anda sedang dalam dalam kondisi ini, Anda harus minum sekitar setengah berat badan Anda setiap hari. Ini akan memastikan hidrasi yang tepat.

Manfaat Kehilangan Retensi Air

Ada beberapa alasan agar kita mengeluarkan cairan yang tidak digunakan oleh tubuh yang dapat menyebabkan perut kembung.

Perut kembung dapat memiliki efek negatif pada penampilan kita, menyebabkan kita merasa terbebani dan lesu. Dengan mengurangi kelebihan air pada tubuh, Anda akan dapat mencapai berat badan yang ideal.

Ketika tubuh kita menyimpan air di antara otot dan kulit kita, kita berakhir dengan yang pernah ditakuti kembung "bengkak" tampilan dan nuansa. Tidak hanya itu, hal ini menyebabkan angka pada skala untuk naik, sehingga sulit untuk menentukan apa berat badan kita yang sebenarnya.

Cara Mengurangi Retensi Air

Berikut adalah 8 cara untuk mengurangi retensi air dengan cepat dan secara alami:

1. Cardio

30 menit cardio adalah cara yang bagus untuk mengeluarkan cairan melalui keringat dan membakar lemak tubuh.

Untuk hasil terbaik, cardio harus dilakukan sebelum sarapan sebab tubuh akan menggunakan lemak yang disimpan bersama dengan air yang ditahan. Setelah latihan selesai, tunggu 20 menit sebelum makan.

2. Gunakan Sauna

Duduk di sauna adalah cara yang bagus dan mudah untuk menurunkan kadar air dalam tubuh dengan cepat. Jika Anda baru ke Sauna, Anda mungkin tidak akan betah berlama-lama di dalam ruangan sauna.

Jika Anda mencoba untuk kehilangan retensi air dengan cepat, cobalah berada di dalam sana selama satu jam (jika Anda sanggup).

3. Kenakan Jaket Keringat Selama Latihan Anda

Selama cardio atau latihan rutin setiap saat sepanjang hari, mengenakan jaket keringat akan membuat Anda lebih berkeringat. Menggunakan jaket keringat adalah cara yang alami untuk menurunkan retensi air.

4. Turunkan Level Sodium Anda

Kita semua harus berusaha untuk sadar tentang penurunan asupan garam kita. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan masalah dengan tekanan darah tinggi dan menyebabkan retensi air dalam tubuh menjadi meningkat.

Sadarilah bahwa natrium ekstra dapat muncul di tempat yang tidak terduga seperti makanan beku, sayuran beku dan bumbu.

5. Konsumsi Asparagus

Asparagus adalah makanan alami yang dapat membantu tubuh kita mengeluarkan lebih banyak air.

6. Dapatkan Lebih Banyak Kalium

Makanan tinggi kalium seperti pisang, membantu untuk melawan garam, Pisang bagus ditambahkan ke dalam program diet Anda untuk mengurangi perut kembung.

Sebenarnya ada banyak suplemen kalium yang beredar, tetapi sumber kalium yang alami tetap lebih baik bagi tubuh.

Sumber kalium alami yang baik antara lain sebagai berikut:
  • Pisang
  • Bayam matang
  • Brokoli yang dimasak
  • Ubi jalar
  • Jamur
  • Kacang polong
  • Mentimun
Jika Anda memiliki masalah ginjal, sangat penting untuk berhati-hati dengan makanan kalium tinggi dan ingat untuk selalu memeriksa dengan dokter Anda terlebih dahulu.

7. Minum Teh Herbal

Sebagian besar teh herbal yang aman, dapat membantu untuk mengurangi kelebihan air dalam tubuh. Selain itu dengan teh herbal, kita mendapatkan jumlah kafein yang lebih kecil. Contoh teh berbal yaitu The Dandelion, Teh hijau, Teh peppermint, Teh Rooibos, Teh putih dan sebagainya.

8. Kurangi Karbohidrat

Salah satu gejala dari peradangan adalah pembengkakan dan kembung. Belum lagi, gula darah kita akan meningkat.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat menyebabkan Anda menjadi lesu. Mengurangi karbohidrat akan membantu Anda dalam mengurangi retensi air dalam tubuh dengan cepat.

Ingat jika Anda ingin mengurangi retensi air dalam tubuh, jangan sampai Anda menjadi dehidrasi. Cobalah dengan cara yang aman dan sehat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar