Skip to main content

Labels

PENA INFO

Pilihan Tempat Wisata di Jogja yang Indah dan Menarik

Halo sahabat Pena Info, membahas mengenai tempat wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya yaa. Nah kali ini Pena Info akan membahas mengenai tempat wisata di Jogjakarta, yaa daerah istimewa ini memang seringkali menjadi daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Hal ini dikarenakan Jogja memiliki banyak daya tarik mulai dari tempat wisatanya, budayanya, keramahan penduduknya, hingga wisata kulinernya yang sangat beragam. Untuk itu tak heran jika kota ini selalu ramai oleh para wisatawan setiap harinya, terlebih lagi saat waktu libur panjang.

Banyak sekali tempat wisata di Jogja yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Salah satu tempat wisata yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia adalah Candi Borobudur. Banyak tempat-tempat istimewa yang dapat anda coba untuk mengunjunginya.

Nah berikut ini Pena Info akan memberikan sedikit ulasan beberapa tempat wisata di Jogja.

Daftar Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Wajib Dikunjungi


1. Candi Borobudur dan Candi Prambanan

Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tour ke Jogja, mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah destinasi wajib. Candi Borobudur dan Candi Prambanan memiliki konstruksi candi yang sangat unik dan hanya ada 1 di dunia.

Candi-candi tersebut tentu bisa dijadikan sebagai latar foto yang sangat indah dan unik. Selain itu, di Candi Prambanan terdapat pula sendratari Ramayana yang wajib Anda saksikan. Sendratari ini dipentaskan pada waktu-waktu tertentu di malam hari. Akses menuju destinasi wisata ini tidaklah sulit, selain itu sudah banyak hotel-hotel dan wisma yang terletak di sekitaran Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

2. The World Landmark Merapi Park

Salah satu tempat wisata di Jogja ini merupakan wisata baru yang sangat menarik. Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang berbagai landmark yang terkenal di dunia seperti menara Eiffel, Big Ben London, Menara Pisa, Kincir Angin Belanda, dan masih banyak lagi.

Tak hanya bangunan landmarknya saja, tempat ini juga dihiasi dengan kebun bunga yang cantik dan bervariasi. Kebun bunga yang ditanami di sekitar landmark mini membuatnya menjadi spot foto yang semakin menarik. Lokasinya berada di Jl. Kaliurang km 25, Pakembinangun, Sleman, Jogakarta.

3. Wisata Lava Bantal Jogjakarta

Tempat wisata di Jogja ini adalah tempat wisata baru yang di dalamnya terdapat sungai jernih yang diapit oleh bebatuan dari lava yang telah kering. Selain bisa dijadikan sebagai spot foto yang unik dan menarik, Anda juga bisa memacu adrelanin dengan mencoba menyusuri sungai tersebut. Jangan khawatir karena semua peralatan sewa wahana sungai sudah disediakan dengan lengkap di sana. Lokasinya cukup strategis dan mudah diakses karena terletak di daerah Prambanan, Berbah, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

4. Upside Down World

Upside Down World merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang memiliki daya tarik yang sangat unik. Studio upside down ini memiliki furniture rumah yang ditempel serba terbalik, sehingga Anda menggunakannya untuk berfoto dengan berbagai gaya yang unik.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama sahabat maupun keluarga secara beramai-ramai. Jika bingung untuk bergaya, jangan khawatir karena ada fotografer yang akan mengarahkan gaya agar menghasilkan foto yang bagus. Lokasi tempat ini berada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta.

5. Spot Riyadi Jogja

Spot Riyadi Jogja merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda para pecinta fotografi yang senang memburu spot-spot foto menarik. Di sini Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Candi Prambanan yang sangat indah pada malam hari, pemandangan persawahan, candi Sojiwan, serta pemandangan gunung merapi. Lokasinya terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta.

6. Bukit Mojo Gumelem

Obyek wisata di Yogyakarta ini berlokasi di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Panorama alam yang menakjubkan tersaji di obyek wisata ini. Salah satu titik yang instagramable yaitu wujud gardu pandangnya yang menyerupai sarang burung, selain itu juga anda dapat berfoto dengan bunga matahari. Menariknya lagi, dalam rentang waktu empat bulan akan ada pergantian ikon untuk berfoto selfie sehingga anda tak akan merasa bosan.

7. Watu Goyang Mangunan

Obyek wisata ini memiliki spot foto yang menyerupai helikopter lucu denga warna hijau army ala militer. Keunikan dan estetika alamnya menjadi daya tarik tersendiri berhasil menyedot perhatian wisatawan yang berkunjung maupun yang akan berkunjung. Selain itu terdapat sebuah batu besar yang berada di tepi lembah, yang dipakai untuk dapat merasakan pemandangan alam. Batu besar inilah yang disebut dengan Watu Goyang.

8. Seribu Batu Songgo Langit

Obyek wisata ini terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlongo, Bantul, Yogyakarta. Anda akan disuguhi suasana alam di hutan pinus yang sangat menakjubkan untuk mencapai tempat ini. Terdapat rumah kecil ala rumah Hobbit. Selai itu ada banyak spot untuk berfoto foto di obyek wisata ini. Mulai dari jembatan kayu yang mengaitkan pohon-pohon sampai dengan gardu pandang. Selain itu juga terdapat area flying fox bagi anda yang menyukai tantang dan dapat memacu adrenalin.

9. The World Landmarks Merapi Park

Berlokasi di wilayah Kaliurang tepatnya di depan Museum Gunung Merapi, tempat wisata ini menyajikan sesuatu yang berbeda. Di tempat ini terdapat miniatur dari berbagai negara di dunia. Nah bagi Anda yang ingin merasakan berkeliling dunia, tempat ini cocok untuk anda berswafoto dengan latar belakang bangunan khas dari negara-negara lain.

10. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Selanjutnya di Kulonprogo, Yogyakarta terdapat Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, dimana tempay ini menyajikan spot foto yang unik yang menyerupai Menara Eifel di Paris yang terbuat dari bambu. Tidak hanya itu, spot untuk berfoto lainnya yang tidak kalah menarik yaitu pura dan lorong Hexagonal yang unik.

11. Ayunan Langit Waturajan

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo. Wisatawan bisa mencoba Ayunan Langit Waturajan. Pengunjung dapat barayun-ayun pada ketinggian sekitar 600 Mdpl. Tentunya sensasi yang dirasakan akan semakin memacu adrenalin. Jadi bagi Anda yang menyukai tantangan, obyek wisata ini patut anda coba.

12. The Lost World Castle Cangkringan

Obyek wisata ini sudah sangat populer, dimana dulunya sering disebut Benteng Takeshi. Nah lokasi wisata ini terletak di kawasan Kaliurang di kaki Gunung Merapi, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Dengan panorama pegunungan serta kesejukannya, di obyek wisata ini akan membuat anda menjadi tenang dan damai.

Selain itu terdapat spot foto yang menakjubkan yang akan membuat Anda seolah berada di atas awan. Di samping itu terdapat juga spot foto sayap emas serta tangga yang tinggi bertuliskan “Gerbang Menuju Surga” Nah, yang terakhir terdapat replika dinosaurus di perkemahan suku Indian. Tentu sangat seru sekali rasanya.

13. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger berlokasi di Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Objek wisata yang satu ini menyajikan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan spot foto menyerupai tangan raksasa yang seakan-akan ingin menangkap pengunjung. Hawa nan sejuk disertai suasana yang romantis membuat pengunjung enggan pergi dari tempat ini.

14. Upside Down World

Dunia terbalik? Apakah Anda pernah berpikir kalau dunia ini terbalik? Nah di Jogja ternyata ada obyek wisata menarik, dimana Anda dapat merasakan dunia yang terbalik. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Ringroad Utara No. 18 Maguwoharjo, Depok, Sleman. Di tempat ini terdapat spot-spot unik di dalam ruangan yang sudah diatur sedemikian seolah sedang terbalik, sama seperti Upside Down World yang ada di Bali maupun di Bandung.

15. De Mata Trick Eye Museum

Di tempat ini terdapat area 3D (3 dimensi) yang terlihat sangat nyata. Sungguh ilusi mata yang menarik dan sangat luar biasa. Selain itu terdapat beberapa ruangan dengan konsep terbalik. Obyek wisata De Mata Trick Eye Museum terletak di lantai dasar Gedung Umar Kayam, Pasar seni XT-Square, Yogyakarta.

16. Jogja Bay Water Park

Obyek wisata ini terletak di Desa Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (tepatnya di sebelah utara Stadion Maguwoharjo). Tempat rekreasi yang dibuka sejak tahun 2016 ini disebut-sebut bakal menjadi salah satu waterboom terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Tempat wisata ini memiliki luas lahan mencapai 7,7 hektare. Dengan lahan yang luas itu tentu wahana yang terdapat di Jogaja Bay Water Park ini sangat banyak yang dapat anda coba. Mulai dari terdapatnya 7 slider untuk dewasa hingga Kula Playpool untuk Anda yang ingin berenang santai, sementara Hip Playground dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda membawa si kecil. Selain itu terdapat kolam arus dan kolam ombak. Nah, Anda tidak perlu khawatir karena wahan di sini sudah teruji keamanannya.

17. Tebing Breksi

Obyek wisata ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Nah, dulunya tempat ini merupakan bekas penambangan batu kapur, kemudian membentuk guratan-guratan bekas tambang yang unik pada tebingnya. Jika anda ingin berswafoto, terdapat spot foto bentuk naga dan ukiran wayang yang menempel di salah satu sisi tebing.

18. Kalibiru

Obyek wisata ini berlokasi di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Kalibiru. Tempat ini menjadi destinasi wisata dengan panorama alamnya yang indah sehingga banyak menarik perhatian para wisatawan. Pengunjung dapat berfoto dari atas gardu pandang dan tetap menikmati suasana alam di perbukitan dengan pemandangan Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang sangat menawan.

19. Puncak Kosakora

Obyek wisata Puncak Kosakora berada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul dan menjadi salah satu spot foto yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bukit yang hijau dengan pemandangan pantai biru tersajikan dalam pemandangan alam yang menakjubkan.

20. Tegalarum Adventure Park

Tempat wisata ini terletak di Desa Wisata Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ada banyak kegiatan yang memacu adrenalin yang dapat anda coba mulai dari kegiatan outbound, river tubing, body rafting, super flying fox dan juga fun trail and ATV. Nah untuk anda yang membawa anak-anak, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas playground yang aman dengan duck river serta permainan tubing yang dikhususkan untuk anak-anak.

21. Pemandian Air Panas Parangwedang

Pemandian Air Panas Parangwedang ini terletak di area Pantai Parangtritis. Pemandian air panas ini muncul karena pertemuan dari dua buah lempeng. Pada umumnya pemandian air panas mengandung belerang, namun pada uniknya pada pemandian air panas ini tidak mengandung belerang seperti halnya sumber air panas lainnya yang dari pegunungan. Bagi anda yang memiliki penyakit seperti rematik atau penyakit kulit, atau bahkan stroke, nah pemandian air panas ini dapat dijadikan sebagai alternative pengobatan.

22. Malioboro

Malioboro adalah ikon nya Yogyakarta sebagai pusat tempat berbelanja di kota Yogyakarta. Nah apabila anda lelah setelah berkeliling dan membeli aneka ragam kerajinan tangan khas Jogja, anda dapat menikmati suasana Jogja dengan duduk dan bersantai di bangku-bangku taman atau sambil menikmati hidangan khas Jogja.

23. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta wajib anda kunjungi jika berlibur ke Jogja. Tradisi adat dan budaya Jawa masih sangat kental dan dijaga sampai sekarang. Selain itu terdapat bangunan yang khas yaitu bangunan Joglo dan Pendhopo. Anda dapat belajar sejarah dengan mengunjungi museumnya. Mulai dari peninggalan sejarah seperti gamelan, kereta kencana, berbagai pusaka dan foto-foto pemimpin Keraton Yogyakarta.

24. Alun-Alun Kidul

Keraton Yogyakarta memiliki dua alun-alun yaitu Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul yang berada di belakang Keraton. Alun-alun Kidul menjadi tempat wisata favorit para wisatawan dikarenakan daya tariknya yang khas. Di tempat ini terdapat dua phon beringin. Anda dapat mencoba berjalan lurus masuk diantara dua pohon beringin tersebut atau yang lebih dikenal dengan nama “Masangin”. Nah, konon kabarnya hanya orang-orang tertentu yang dapat melewati tantangan ini, dimana orang tersebut memiliki hati yang bersih.

25. Kebun Binatang Gembira Loka

Terdapat berbagai macam koleksi satwa di kebun binatang ini mulai dari orang utan, gajah, harimau, unta, kudanil dan berbagai satwa lainnya. Jika anda mengajak anak-anak tentunya akan sangat menyenangkan karena anak-anak dapat belajar banyak di sini.

Tidak hanya berkeliling melihat aneka satwa, di kebun binatang ini anda dapat melakukan kegiatan yang tak kalah seru seperti naik ATV, naik skuter air, naik perahu kayuh, naik perahu senggol, terapi ikan, serta anda dapat menunggang unta atau gajah. Selain itu juga adanya pertunjukkan dari satwa di sini seperti orang utan naik sepeda dan burung kakatua yang pandai serta yang lainnya.


Sekian artikel kali ini. Yaa tentu saja masih sangat banyak tempat wisata di Yogyakarta yang tak kalah menariknya. Jika anda memiliki pengalaman di suatu tempat di Jogja mari share pengalaman anda di kolom komentar ini.

Jogja memang istimewa dan akan selalu membuat wisatawan datang kembali untuk kenangan-kenangan yang indah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar