Skip to main content

Labels

PENA INFO

Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Adsense pada Tepi Atas Halaman

Iklan anchor adalah iklan adsense pada seluler yang menempel pada tepi atas atau tepi bawah layar pengguna dan dapat ditutup dengan mudah. Iklan ini termasuk jenis iklan overlay.

Jika Iklan Otomatis (Auto Ads) diaktifkan, maka anda dapat mengaktifkan juga iklan anchor ini. AdSense menampilkan iklan anchor ini pada waktu yang optimal, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan anda. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung website anda.


Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Adsense pada Tepi Atas Halaman

Iklan ini secara otomatis muncul pada bagian atas atau bagian bawah layar. Kadang pengunjung merasa terganggu akan tampilan Iklan Anchor ini pada tepi atas halaman. Bagaimana dengan anda?

Yaa beberapa pengunjung juga mengeluhkan sulit untuk memilih menu karena pada menu navigasinya tertutup oleh iklan anchor ini, meskipun sebenarnya dapat dengan mudah ditutup. Selain itu juga menyisakan ruang kosong pada header.

Lantas bagaimana cara agar iklan anchor hanya tampil pada tepi bawah halaman?


Memodifikasi Kode Iklan Anchor

Apabila anda telah memasang kode iklan page level ads atau iklan otomatis pada template website anda, selanjutnya anda hanya perlu sedikit memodifikasi kode iklan tersebut. Setelah anda memodifikasi dan menyimpannya, maka iklan hanya akan muncul pada tepi bawah saja.

Namun Google juga mengingatkan dengan menonaktifkan fitur iklan anchor yang muncul pada tepi atas, kemungkinan berpotensi mengurangi penghasilan.

Langkah sederhanyanya anda hanya perlu menambahkan overlays: {bottom: true} pada kode iklan Auto Ads. Contoh penerapannya seperti di bawah ini.

Contoh kode iklan:


<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> 
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
     google_ad_client: "ca-pub-1234567891234567",
     enable_page_level_ads: true,
});
</script>

Kode di atas adalah kode default yang belum dimodifikasi. Nah selanjutnya tambahkan overlays: {bottom: true} sehingga menjadi seperti di bawah ini.


<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> 
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
     google_ad_client: "ca-pub-1234567891234567",
     enable_page_level_ads: true,
    overlays: {bottom: true}
});
</script>

Selanjutnya simpan dan lihat hasilnya.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah dengan memodifikasi iklan tersebut dapat melanggar kebijakan Adsense?

Google telah mengkonfirmasi bahwa modifikasi iklan tersebut tidak melanggar kebijakan Adsense. Berikut ini pernyataan dari Google.

Kami pastikan bahwa contoh ini adalah modifikasi yang dapat diterima pada kode iklan AdSense. Anda tidak akan melanggar kebijakan program AdSense jika memodifikasi kode iklan dengan cara yang telah disetujui ini.

Sumber: Pusat Bantuan Adsense

Nah bagaimana sahabat Pena Info? Mudah bukan? Dengan begitu akan memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung website anda. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar