Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Statically, Alternatif Terbaik Migrasi dari RawGit

Halo sahabat Pena Info, apakah anda pernah mendengar istilah CDN? atau pernah istilah CDN? Ya bagi anda para developer khususnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah CDN.

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network. CDN tersebut adalah suatu sistem jaringan server untuk mendistribusikan file-file misalnya saja css dan js yang terdapat dalam sebuah blog atau website maupun pada sebuah aplikasi ke seluruh pengguna agar file-file yang dikirim dapat diterima lebih cepat.

Salah satu CDN yang sering digunakan oleh para developer atau blogger adalah layanan RawGit.

Menggunakan RawGit sangat sederhana, anda tidak perlu melakukan registrasi. Anda hanya perlu letakan URL yang berasal dari repositori github, setelah itu URL CDN anda dengan secara otomatis akan digenerate dan langsung dapat digunakan.

Apakah anda sudah pernah mencobanya?

Beruntung bagi anda sudah pernah merasakan menggunakan layanan RawGit tersebut, karena pihak dari RawGit secara resmi mengumumkan bahwa layanan RawGit akan segera ditutup.
Pihak dari RawGit tidak menjelaskan alasan kenapa layanan gratis tersebut akan ditutup.

Pihak Rawgit memberikan kesempatan untuk anda yang menghosting file-file pada layanan RawGit untuk memindahkannya ke layanan CDN yang lainnya, setidaknya sampai Oktober 2019.

Nah pada artikel kali ini, Pena Info akan memberikan alternatif untuk migrasi dari RawGit, yaitu layanan Statically.

Statically adalah proyek open source untuk file-file statis anda. Statically dibangun oleh Marsble. Nah untuk lebih jelasnya anda dapat langsung mengunjungi Statically di alamat https://www.statically.io/

Cara Migrasi dari RawGit ke Statically

Untuk memindahkan file-file yang anda hosting dari Rawgit ke Statically, anda dapat menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Statically. Atau anda dapat menggantinya secara manual pada template blog anda dengan https://cdn.rawgit.com/ diganti menjadi https://cdn.statically.io/gh/

Selain itu cara sederhana dan untuk lebih memudahkannya anda dapat langsung mengedit pada html blog anda jika anda pengguna blogger.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka halaman edit HTML Blog,
2. Klik di dalam kotak editor html dan setelah kursor berada pada kotak html,
3. Klik Ctrl + Shift + R (fungsi ini bertujuan untuk replace),
4. Masukan https://cdn.rawgit.com/ ke dalam kotak dan tekan Enter,
5. Masukan lagi https://cdn.statically.io/gh/ pada kotak selanjutnya dan Enter,
6. Save template blog.

Selesai. Mudah bukan? Anda sudah berhasil migrasi dari CDN RawGit ke Statically.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas pihak RawGit memberikan waktu untuk migrasi sampai Oktober 2019. Jadi, sebaiknya anda segera memindahkan file-file anda ke Statically.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar