Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Tips Liburan Murah dan Hemat untuk Anda Sekeluarga

Halo sahabat Pena Info, apakah anda sedang merencanakan liburan ke suatu tempat? Yaa tidak dapat dipungkiri liburan memang sudah menjadi kebutuhan.

Padatnya kegiatan sehari-hari anda tentu akan membuat anda sedikit jenuh. Oleh sebab itu untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan semangat anda, tentu anda membutuhkan liburan yang cukup.

Liburan Murah dan Hemat

Liburan atau hari libur adalah suatu masa yang bebas dari kesibukan pekerjaan. Liburan merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dimana orang-orang meluangkan waktu untuk melepas kepenatan karena aktivitas keseharian yang sangat padat.

Banyak keluarga yang menantikan waktu liburan untuk bisa menghabiskan waktu bersama dengan bersenang-senang.

Agar liburan menjadi lebih menyenangkan, umumnya orang akan menghabiskan banyak biaya. Namun tahukah anda bahwa ternyata, liburan tidak selalu identik dengan menghamburkan uang.

Buktinya, anda bisa tetap liburan murah dan juga hemat. Tidak perlu pergi ke luar negeri, karena di Indonesia saja masih ada banyak sekali tempat wisata indah yang sangat patut untuk dikunjungi.

Tips Liburan Murah dan Hemat

Nah, kali ini Pena Info akan memberikan ulasan seperti di bawah ini mengenai tips liburan murah dan hemat yang bisa anda terapkan.

1. Lakukan pemesanan pada waktu yang tepat.

Tips liburan murah dan hemat yang pertama yaitu lakukan pemesanan tiket untuk transportasi seperti kereta, bis atau pesawat pada waktu yang tepat.

Perlu anda ketahui bahwa pada aplikasi pemesanan tiket online, biasanya diberikan diskon atau potongan harga pada hari-hari tertentu.

Jika anda ingin menghemat biaya perjalanan, maka memilih waktu yang pas untuk memesan tiket adalah hal penting yang bisa dilakukan.

Selain itu, lakukan pemesanan jauh-jauh hari. Sebab harga tiket menjelang hari H, apalagi pada hari libur terbilang cukup mahal.

Jika anda ingin lebih murah, anda bisa pergi berlibur pada low season atau musim biasa. Pada umumnya, harga tiket tempat wisata akan lebih murah pada hari biasa.

2. Utamakan kenyamanan daripada kemewahan.

Hotel berbintang memang menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Tapi untuk anda yang memiliki kemampuan dana atau keuangan yang pas-pasan saat berlibur, sebaiknya hindari hotel berbintang.

Jika anda berlibur bersama keluarga, maka memesan penginapan dalam bentuk rumah atau guest house akan sangat membantu menghemat pengeluaran anda selama liburan.

Jangan lupa untuk memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Tujuannya adalah agar anda tidak mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi menuju obyek wisata.

Namun jika anda menemukan hotel berbintang dengan harga murah di luar harga pasar tentu anda patut mempertimbangkan untuk memilihnya karena segala fasilitas yang memadai.

3. Jangan berbelanja oleh-oleh di Tourist Spot.

Tips liburan murah dan hemat yang ketiga adalah hindari berbelanja oleh-oleh atau souvenir di Tourist Spot.

Tahukah anda bahwa ternyata, tourist spot adalah area berbelanja yang umumnya mahal. Jika anda tidak pandai menawar, maka jangan heran jika harga oleh-oleh disana jauh lebih mahal dibandingkan dengan tepat lain.

Oleh karena itu, carilah referensi terkait dengan tempat recomended untuk membeli souvenir. Selain itu, lebih bijaklah dalam membeli oleh-oleh.

Jangan hanya karena harganya yang murah, anda jadi sembarangan membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

4. Buatlah anggaran biaya untuk liburan anda.

Membuat rencana anggaran biaya adalah salah satu tips liburan murah dan hemat yang harus anda lakukan.

Tanpa adanya rincian tersebut, maka anda akan mengeluarkan biaya tanpa adanya perhitungan terlebih dahulu.

Buatlah rincian tentang berapa budget maksimal yang harus dikeluarkan untuk akomodasi penginapan, transportasi, souvenir, makan dan lain sebagainya.

Siapkan juga budget lebih untuk berjaga-jaga atau dengan kata lain adanya dana cadangan. Dengan adanya perincian tersebut, maka anda bisa mengontrol keuangan dan membatasi pengeluaran anda selama liburan.

5. Makan di tempat yang murah.

Saat anda pergi ke suatu tempat, hal yang pasti anda butuhkan adalah makanan. Hal yang harus anda perhatikan adalah biaya makan.

Jika budget anda sangat terbatas, jangan makan di restoran yang harganya sangat mahal. Anda bisa saja mencari tempat makan di warung makan sekitar tempat wisata yang anda kunjungi.

6. Cari referensi sebanyak mungkin.

Tips yang terakhir adalah carilah referensi sebanyak mungkin terkait dengan tempat wisata yang akan dituju. Pastikan jika obyek wisata tersebut sesuai dengan keinginan anda dan keluarga.

Referensi ini bisa anda peroleh dari buku-buku wisata, brosur agen travel, internet atau orang terdekat yang sudah melakukan liburan di tempat yang akan anda tuju.

Bagaimana sahabat Pena Info? tips liburan murah dan hemat di atas tidak begitu sulit untuk dilakukan bukan? Cobalah untuk menikmati liburan anda.

Setiap momen yang anda lewatkan pasti akan sangat berkesan. Jika anda ingin berhemat, maka berhematlah yang sewajarnya jangan sampai keterlaluan, karena anda akan menyesal nantinya.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk merencanakan liburan. Selamat berlibur.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar