Skip to main content

Labels

PENA INFO

Cara Meningkatkan Motivasi dalam Mengerjakan Skripsi

Halo sahabat Pena Info, apakah anda sedang mengerjakan skripsi? Yaa tugas akhir berupa skripsi memang menjadi suatu kewajiban untuk memperoleh gelar sarjana.

Meraih gelar sarjana pada pencapaian yang baik dan waktu yang tepat adalah keinginan setiap mahasiswa. 

Untuk mendapatkan gelar sarjana tersebut, para mahasiswa harus mengerjakan tugas akhir berupa skripsi.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga diharuskan untuk membuat serta mempresentasikan hasil penelitiannya melalui karya tulis ilmiah.

Sayangnya, banyak mahasiswa yang mengalami krisis semangat saat mengerjakan skripsi atau tugas akhirnya tersebut.

Ada saja alasan yang membuat para mahasiswa malas atau tidak mood untuk menyelesaikannya, mulai dari dosen pembimbingnya yang dianggap menghambat atau biasa disebut killer, data pembahasan skripsi yang sulit diperoleh, godaan teman dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi dalam Mengerjakan Skripsi?

Sebenarnya, ada cara meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi. Fakta mengatakan, motivasi kuatlah yang mampu mengantarkan semua mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya dengan sempurna.

Untuk anda yang sampai dengan saat ini masih kurang bersemangat dalam menyelesaikan tugas akhir, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi.

Inilah Cara Meningkatkan Motivasi dalam Mengerjakan Skripsi

1. Pergi ke acara wisuda

Cara meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi pertama adalah pergi ke acara wisuda. Melihat teman atau kakak kelas wisuda tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya.

Apalagi acara wisuda yang didatangi adalah acara teman seangkatan. Tentunya perasaan anda akan menjadi tidak karuan, antara senang di momen tak terlupakan teman anda atau sedih karena belum juga menyelesaikan skripsi dan belum bisa memakai toga tersebut.

Setelah melihat teman-teman terdekat sudah memakai toga, motivasi anda untuk menyelesaikan skripsi akan meningkat.

Setelah itu timbul pertanyaan dalam diri, kapan toga tersebut akan dipakai oleh anda. Nah itu akan membuat semangat anda lebih terpacu untuk mengejar deadline wisuda pada periode berikutnya agar anda tidak tertinggal lagi.

2. Pikirkan bahwa skripsi adalah hal yang penting dan diprioritaskan

Aktivitas di luar kampus yang terlalu banyak seringkali membuat mahasiswa lupa tentang kewajibannya untuk mengerjakan skripsi.

Mereka lupa bahwa skripsi adalah suatu hal yang penting. Cara meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi yang harus dilakukan adalah pikirkan perjuangan anda selama kuliah 4 tahun.

Mengikuti pelajaran dan menyelesaikan segala praktikum dan tugas lain selama 4 tahun saja bisa, masa menyelesaikan skripsi yang hanya membutuhkan waktu beberapa bulan tidak bisa? Jangan sampai anda ditinggal sendiri oleh teman seangkatan anda yang sudah wisuda terlebih dahulu.

3. Buat janji dengan seseorang

Banyak orang yang termotivasi untuk segera mengerjakan skripsinya karena sudah berjanji dengan seseorang terdekat, bisa orang tua, kekasih atau sahabat.

Dengan berjanji, maka anda akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi janji tersebut bukan. Misalnya saja anda berjanji kepada calon suami atau calon istri untuk segera menyelesaikan pendidikan agar bisa secepat mungkin menikah.

Tentu saja, cara meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi ini akan sangat efektif dalam membantu anda menyelesaikannya.

4. Pikirkan tujuan kuliah dan masa depan

Cara lainnya adalah dengan memikirkan tujuan kuliah dan juga masa depan anda. Ada baiknya jika anda menulis tujuan hidup untuk jangka panjang.

Misalnya anda ingin melanjutkan S2, kerja di perusahaan multinasional dan lain sebagainya. Secara otomatis, motivasi anda menyelesaikan skripsi juga akan meningkat.

Jangan sampai kelulusan yang tertunda membuat mimpi-mimpi anda menjdi terhambat.

5. Manajemen diri

Manajemen diri sendiri juga menjadi cara terbaik untuk menyelesaikan tugas akhir di bangku kuliah.

Seberapapun banyaknya semangat dan dukungan yang diberi oleh lingkungan sekitar, apabila anda tidak ada niat untuk manajemen diri dan menyelesaikan skripsi, maka semuanya percuma.

Pikirkan, seberapa banyak kerugian yang akan anda dapatkan ketika gelar sarjana anda tertunda dan tidak segera diperoleh.

6. Buat bangga orang tua

Jika biaya kuliah anda masih ditanggung oleh orang tua, maka sudah kewajiban anda untuk membuat orang tua anda bangga dengan pencapaian anda.

Ingat orang tua anda telah bekerja keras untuk membiayai kuliah anda. Jangan sampai orang tua anda semakin terbebani karena anda harus membayar biaya semester lagi karena anda belum lulus.

Jadi pastikan anda lulus tepat pada waktunya, jangan sampai skripsi menjadi alasan tertundanya kelulusan anda.

Tentu orang tua anda akan bangga jika anda mampu lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

7. Optimis selesai tepat waktu

Jangan suka menunda pekerjaan. Hal yang bisa dikerjakan sekarang, maka kerjakanlah sekarang. Kuncinya selalu berpikir optimis, anda pasti bisa.

Jika anda merasa susah mendapatkan sesuatu, misalnya data penelitian atau yang lainnya, segeralah berkonsultasi dengan pembimbing atau teman anda.

Optimislah dalam mengambil sikap, jika teman anda saja bisa kenapa anda tidak? Nah dengan begitu anda akan semakin terpacu untuk menyelesaikan skripsi.

8. Dekati teman yang memiliki prinsip yang sama

Jika anda berada dalam lingkungan orang-orang yang tidak semangat, maka anda pun juga akan menjadi tidak semangat dan akan selalu menunda pekerjaan.

Jadi anda perlu dekat dan bergaul pada teman anda yang memiliki motivasi untuk wisuda tepat waktu. Tinggalkan teman anda yang malas, agar anda tidak jadi ikutan malas, karena lingkungan juga akan berdampak pada motivasi anda menyelesaikan skripsi.

9. Cari kata-kata bijak yang dapat memotivasi diri anda

Jika anda sedang mengalami krisis semangat, cobalah mencari kata-kata bijak untuk meningkatkan motivasi anda.

Setidaknya itu akan menumbuhkan motivasi anda sedikit demi sedikit. Pahami dan resapi setiap makna yang disampaikan.

10. Buktikan pada orang yang merendahkan anda

Jika anda pernah direndahkan oleh orang lain atau haters karena anda dianggap tidak mampu, maka buktikanlah pada mereka bahwa anda mampu.

Seringkali motivasi muncul pada saat kita direndahkan oleh orang lain. Buktikan dengan kesuksesan, ubah amarah anda menjadi semangat yang dapat membuat anda menjadi lebih cepat untuk menyelesaikan skripsi anda.

11. Tenang sejenak

Setelah anda membaca poin di atas, cobalah untuk berdiam diri sejenak. Pikirkan sekali lagi dan maknai setiap point di atas. Jika anda pikir itu benar maka lakukanlah. Saat anda tenang dan damai, motivasi bisa muncul dari diri anda sendiri.

Nah bagaimana sahabat Pena Info, sudah semakin semangat dalam menyelesaikan skripsi anda?

Ingat, skripsi yang baik bukanlah skripsi yang sempurna, namun skripsi yang selesai. Yaa selesai tepat waktu.

Jadi dengan segala kekurangan dan segala keterbatasan selesaikanlah skripsi anda. Nah demikianlah beberapa cara meningkatkan motivasi dalam mengerjakan skripsi yang sudah Pena Info bahas di atas.

Dengan adanya ulasan tersebut, semoga anda semakin termotivasi untuk mendapatkan gelar pendidikan sesuai dengan keinginan. Tetap semangat dan buktikan bahwa anda mampu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar