Skip to main content

Labels

PENA INFO

Inilah 9 Perbedaan Boss dan Leader

Apa Perbedaan Boss dan Leader? 

Halo sahabat Pena Info, apakah anda pernah mendengar tentang istilah leader? Lantas, apa bedanya dengan boss?

Yaa seorang boss dan seorang leader tentu saja berbeda. Ada berbagai aspek yang membedakan boss dan leader.

Keduanya memiliki sifat dan sikap yang berbeda dalam mengajak karyawan atau timnya untuk bekerja.

Inilah Perbedaan Boss dan Leader 

Perbedaan boss dan leader sebenarnya sangat mudah dikenali. Apalagi bagi anda yang sudah memasuki dunia kerja.

Dimana karakter seorang pemimpin dalam suatu perusahaan sangatlah beragam. Gaya kepemimpinan dari seorang atasan tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawannya.

Ada pemimpin yang berjiwa leader, dan ada pula yang seperti boss pada umumnya. Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan seorang atasan dengan karakter seorang leader dibandingkan dengan atasan yang hanya bisa memerintah layaknya boss.

Hal ini dikarenakan karakternya yang bisa lebih mengayomi dan bersikap baik terhadap karyawan. Nah di bawah ini Pena Info akan mengulas beberapa perbedaan antara boss dengan leader.

1. Intimidasi atau motivasi

Apakah anda pernah merasa diintimidasi oleh atasan? Jika iya, maka jelas atasan anda tersebut lebih condong dengan karakter boss.

Sebab boss akan lebih sering memberikan intimidasi kepada bawahannya sehingga mereka akan merasa down dan tertekan.

Lain halnya dengan seorang leader. Dimana leader akan memberikan kepercayaan dan motivasi kepada bawahannya.

Leader juga tidak akan melimpahkan kekesalan atau kesalahan kepada siapapun. Hal inilah yang membuat karyawan lebih giat bekerja saat atasannya memiliki karakter sebagai leader.

Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Semua itu karena ada rasa kenyamanan tersendiri ketika seseorang diberikan kepercayaan tanpa adanya intimidasi.

Oleh sebab itu seorang karyawan akan lebih semangat dan menghasilkan kinerja yang maksimal.

2. Memerintah atau mengajak

Perbedaan boss dan leader terlihat dari caranya memerintah bawahan. Boss akan memerintah dan menyuruh bawahannya tanpa pandang bulu.

Yaa tentu saja karena boss merasa telah memiliki kekuasaan penuh, sehingga karakter seorang boss hanya berorientasi pada hasil.

Jika terjadi kesalahan, maka bawahanlah yang harus mendapatkan hukumannya. Sedangkan pemimpin yang memiliki jiwa leadership akan mengajak bawahannya untuk melakukan suatu pekerjaan bersama-sama.

Leader akan mengajarkan ilmu sekaligus memberdayakan bawahannya dan tidak akan melepaskan karyawannya begitu saja, malah akan dirangkul untuk mencapai tujuan bersama.

Jika berhasil maka seorang leader juga akan turut senang. Namun apabila gagal, maka dia akan introspeksi diri sendiri.

3. Egois atau peduli

Perbedaan boss dan leader selanjutnya ada pada egonya. Seorang bosss mempunyai ego yang sangat tinggi.

Ketika dirinya mendapatkan keuntungan dan prestasi, maka di benaknya hanyalah “aku”. Yaa keberhsilan itu semua hanya karena “aku”. Begitulah menurut ego dari karakter seorang boss.

Berbeda dengan leader yang akan berpikir tentang “kami”. Seorang leader memiliki keyakinan bahwa keuntungan dan prestasi bisa tercapai karena kerjasama tim.

Seorang boss hanya pintar memerintah tanpa peduli bawahannya memahami perintahnya atau tidak. Boss juga tidak mencerminkan perilaku atau contoh yang baik.

Berbeda dengan seorang Leader yang akan mengajarkan cara atau memberikan contoh sebelum memberikan perintah.

Boss juga akan selalu memuji namanya, terkait dengan keberhasilan yang telah diraih oleh para pegawainya.

Ia menganggap bahwa keberhasilan tersebut adalah hasil dari kerja kerasnya sendiri. Sedangkan seorang leader akan selalu memberikan penghargaan kepada para karyawannya yang berprestasi. Leader selalu memberikan dukungan tanpa embel-embel dari dirinya.

4. Berpartisipasi pasif atau aktif

Perbedaan boss dan leader juga terlihat pada keikutsertaannya dalam melakukan suatu hal atau suatu pekerjaan.

Dimana boss hanya bisa memerintah dan menunggu hasil akhirnya. Nah sedangkan seorang leader akan mengawasi pekerjaan karyawannya dan membantu jika karyawan tersebut merasa kesulitan.

5. Hubungan dengan karyawan

Boss tidak akan peduli terkait dengan hubungannya dengan karyawan. Karena yang ada di pikirannya hanyalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa peduli tentang nasib karyawan.

Sementara leader akan memperlakukan para karyawannya secara seimbang sambil mengayomi karyawannya.

Tidak ada yang difavoritkan dan semuanya mendapatkan hal yang sama serta adil. Karena semua satu tim dan harus diperlakukan dengan baik.

6. Orientasi pada hasil atau proses

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, boss dan leader mempunyai perbedaan berdasarkan orientasinya.

Seorang boss lebih mementingkan hasil akhirnya, tidak peduli pada proses apapun yang dilakukan oleh karyawannya.

Sedangkan seorang yang mempunyai jiwa leadership tentu akan lebih berorientasi pada proses, karena menurutnya proses yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula.

7. Menggunakan atau membangun

Perbedaan ini akan sangat dirasakan ketika sudah lama menjadi karyawan dari seorang boss atau leader.

Karyawan akan merasa hanya dimanfaatkan tanpa merasa ada pengembangan pada diri sendiri. Boss juga hanya menggunakan atau memanfaatkan bahawannya untuk mencapai tujuannya sendiri dan tidak peduli terhadap pengembangan hidup bawahannya.

Berbeda dengan leader, seorang pemimpin yang baik tentu akan selalu memerhatikan kompetensi dari bawahannya dan turrt membantu untuk membangun dan mengembangkannya.

Pengembangan kompetensi ini justru akan berdampak pada kinerja yang semakin baik dan tingkat hidup yang semakin baik.

8. Memberikan rasa takut atau hormat

Jika boss hanya berorientasi pada hasil, ini tentu sangat membuat seorang karyawan menjadi takut. Yaa tentu saja rasa takut ini berasal dari tekanan-tekanan yang diberikan boss nya.

Takut jika tidak mencapai apa yang diinginkan boss, takut jika tidak mencapai target, takut jika hasilnya tidak sesuai harapan dan lain sebagainya.

Sedangkan seorang leader, seorang pemimpin yang baik akan selalu respect atau memberikan rasa hormat dan akan selalu menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh bawahannya.

Maka dari itu karyawan juga akan semakin nyaman dan enjoy dalam melakukan setiap pekerjaannya tanpa adanya tekanan-tekanan dari manapun.

9. Pola pikir jangka pendek atau jangka panjang

Perbedaan boss dan leader terletaka pada pola pikirnya. Boss yang pemikirannya pendek hanya akan asal berpikir, asal cepat, serta asal jadi.

Namun pemikiran seperti itunya yang membuat boss menjadi pemarah karena mendapatkan hasil yang tidak maksimal.

Nah berbeda dengan leader, seorang pemimpin yang baik yang memiliki jiwa leadership akan berpikir untuk jangka panjang.

Berawal dari strategi yang ingin diterapkan, kemudian meminta pendapat dari bawahan dan membuat antisipasi untuk risiko yang ditimbulkan nantinya. Kemudian selalu mengevaluasi kinerjanya untuk suatu hal yang lebih baik.

Perbedaan di atas tentunya sudah cukup jelas bukan? Pada dasarnya, karakter pemimpin yang baik harus bisa memberikan contoh yang baik pula kepada para karyawannya.

Dengan begitu, mereka bisa bekerja dengan maksimal. Demikianlah beberapa perbedaan boss dan leader yang sudah Pena Info ulas di atas. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar