Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Sepatu yang Tidak Sedap

Halo sahabat Pena Info, apakah anda pernah punya sepatu yang aromanya sangat bau? Yaa memang tidak bisa dipungkiri dalam aktivitas kita sehari-hari kita pasti memakai sepatu.

Jika anda memiliki sepatu yang baunya tidak sedap, maka cobalah beberapa tips dan cara berikut ini. Namun sebelum itu sebaiknya anda mengetahui apa yang dapat menyebabkan sepatu menjadi bau.

Kenapa Sepatu Bisa Menimbulkan Bau Tidak Sedap?

Sepatu yang sering digunakan dan tidak pernah dicuci akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau ini dapat mengganggu orang di sekeliling kita dan membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Sepatu yang sering menimbulkan bau adalah sepatu olahraga, tapi tidak sedikit juga sepatu yang sering dipakai ke sekolah atau ke kantor juga sangat bau.

Bau sepatu menjadi masalah yang umum bagi anda yang sering melakukan aktivitas yang sangat padat.

Nah kenapa sepatu bisa bau atau sangat sangat bau? Beberapa faktor yang menyebabkan sepatu berbau tidak sedap karena kaki mengeluarkan keringat.

Pada keringat yang dikeluarkan terdapat bakteri yang menempel pada kulit. Selain pada kaki, bakteri ini juga biasanya menempel pada sepatu atau kaos kaki.

Bakteri akan semakin banyak jika keringat juga semakin banyak, karena keringat ini menjadi sumber makanan dari bakteri tersebut.

Selain karena bakteri tersebut, bau pada sepatu juga dapat dipengaruhi oleh kondisi si pemakai. Jika anda yang mudah berkeringat apalagi pada iklim tropis seperti di Indonesia dengan udara yang lembab, maka sepatu akan mudah berbau.

Di samping itu kondisi fisik sepatu juga mempengaruhinya, struktur dan bahan sepatu yang kurang bagus dengan sedikitnya sirkulasi udara akan mengakibatkan bakteri cepat berkembang.

Apalagi pemakaian sepatu dan kaos kaki yang sudah lama tidak dirotasi (diganti) atau dicuci.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Nah jika anda memiliki masalah tentang bau sepatu yang tidak sedap dan sedang mencari artikel tentang cara ampuh menghilangkan bau sepatu, kali ini Pena Info akan memberikan tips sederhana yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cuci sepatu secara berkala

Ingat sepatu yang tidak pernah dicuci akan membuat bakteri semakin banyak menempel di dalam sepatu anda.

Jadi luangkan waktu untuk mencuci sepatu anda secara berkala agar sepatu terhindar dari kumpulan bakteri yang mengakibatkan sepatu anda menjadi bau.

Jika anda tidak sempat mencuci sepatu, bawalah ke tempat pencucian sepatu.

2. Rotasi pemakaian sepatu

Pergantian sepatu ini penting, agar sepatu mendapatkan udara segar. Selain itu, pergantian sepatu ini juga bertujuan agar bakteri tidak menempel lama di dalam sepatu.

Istirahatkan sepatu minimal sehari penuh. Jika anda tidak sempat mencuci sepatu anda, maka selama sepatu anda diamkan sehari penuh atau lebih, terapkanlah tips-tips yang selanjutnya di bawah ini.

3. Menghilangkan sepatu yang bau dengan bubuk kopi

Apa anda suka minum kopi? Nah jika anda adalah seorang pecinta kopi, anda dapat menggunakan sedikit bubuk kopi yang anda punya untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatumu.

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai penetral aroma bau yang ditimbulkan oleh sepatu. Caranya adalah, pertama pastikan sepatumu benar-benar dalam kondisi 100% kering.

Kemudian ambil bubuk kopi secukupnya dan bungkus menggunakan tisu, tujuannya dibungkus dengan tisu adalah agar mudah membersihkan keesokan harinya.

Nah setelah bubuk kopi dibungkus dengan tisu kemudian masukkan ke dalam sepatu dan diamkan selama satu malam sehingga bubuk kopi tersebut akan menyerap aroma bau pada sepatu. Anda bisa melakukan cara ini berulang kali.

4. Menghilangkan sepatu yang bau dengan koran

Cara berikutnya dengan menggunakan koran. Yaa koran dapat menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu.

Jika anda mempunyai banyak koran, manfaatkan lah koran tersebut. Caranya dengan membungkus sepatu dengan koran dan masukkan juga koran ke dalam sepatu sampai koran ke lubang sepatu sehingga menutupi sepatu.

Selanjutnya simpan sepatu yang sudah dibungkus koran tadi di tempat yang agak dingin. Diamkan selama semalam atau lebih juga boleh.

Agar bau yang tidak sedap pada sepatu itu diserap sempurna oleh koran-koran yang tadi anda gunakan. Sehingga saat anda ambil lagi sepatunya, bau yang tidak sedap tersebut sudah hilang.

5. Menghilangkan sepatu yang bau dengan bubuk penyerap bau

Bubuk yang dapat menyerap bau antara lain anda dapat memanfaatkan baking soda atau bedak tabor untuk bayi.

Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk tersebut ke dalam sepatu dan diamkan selama sehari penuh atau lebih.

Bubuk tersebut akan dapat menyerap bau, karena bakteri penyebab bau tersebut akan mati, sehingga bau sepatu yang tidak sedap tersebut perlahan akan hilang.

6. Letakkan di tempat yang sejuk atau bercahaya

Setiap kali anda pulang sekolah atau pulang dari kantor, tempatkan sepatu di tempat yang banyak anginnya, jangan letakkan di tempat yang lembab.

Selain itu anda dapat menjemur sepatu anda di bawah terik matahari secara rutin.

7. Gunakan kaos kaki

Saat anda memakai sepatu, ingat gunakanlah kaos kaki. Ini bertujuan agar kaki tidak menyentuh langsung pada sepatu karena bakteri datangnya dari kaki anda. Selain itu pemakaian kaos kaki juga dapat melindungi kaki anda.

8. Ganti pemakaian kaos kaki

Jika anda memakai kaos kaki yang sama secara terus menerus, hal itu akan mendatangkan bakteri yang dapat menyebabkan sepatu anda menjadi bau.

Jadi usahakan ganti kaos kaki anda secara berkala. Gantilah kaos kaki anda minimal satu hari sekali, tapi ini berbeda-beda setiap orang tergantung dari kelembaban kulit kaki seseorang.

9. Rutin merawat dan mencuci kaki

Tips yang selanjutnya adalah rutin merawat dan mencuci kaki. Saat anda memiliki aktivitas yang cukup padat, maka tentu kaki anda akan berkeringat, sehingga kuman dan bakteri dapat menempel pada kaki anda.

Setelah memakai sepatu, sepulang sekolah atau selesai kerja, biasakanlah untuk selalu membasuh kaki anda dan mencucinya dengan sabun.

Selain itu anda dapat menaburkan bedak bayi pada kaki anda dan di sela-sela jari kaki anda.

10. Keringkan kaki sebelum memakai sepatu

Usahakanlah saat anda akan memakai sepatu, keringkan terlebih dahulu kaki anda. Kaki yang basah dan kondisi sepatu yang lembab akan sangat cepat mendatangkan kuman dan bakteri.

Oleh sebab itu biasakan untuk mengelap atau mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu.

Sekian tips dan cara ampuh untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Ingat jika anda hanya melakukannya sesekali itu tidak ada manfaatnya.

Cobalah menerapkan tips dan cara-cara yang sudah Pena Info ulas di atas secara rutin. Dengan menerapkan secara rutin, maka sepatu anda akan menjadi awet dan anda juga semakin sehat. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar