Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

8 Tips Konsisten Dalam Menulis Artikel di Blog

Halo sahabat Pena Info, sedang mengalami kesulitan dalam menulis artikel untuk diposting di blog? Nah kendala-kendala tersebut dapat menyebabkan anda menjadi tidak konsisten dalam menulis dan menerbitkan artikel di blog.

Yaa tidak dapat dipungkiri menulis artikel secara konsisten untuk mengisi sebuah blog memang tidak mudah, akan tetapi tidak sulit juga.

Kunci dari sebuah kesuksesan adalah disiplin dan bekerja keras. Tak beda jauh dengan bidang penulisan. Jika anda disiplin dalam mengatur waktu tentu anda akan dapat menulis artikel secara konsisten.

Bagaimana cara agar konsisten menulis di blog?

Jika ingin menjadi seorang penulis yang menghasilkan tulisan berkualitas serta dibaca oleh banyak warga internet, seorang blogger harus memahami tips konsisten dalam menulis artikel.

Bukannya tidak punya bakat, tapi ada faktor penting yang menjadikan seseorang akhirnya berhenti membuat artikel, yaa faktor itu datang dalam diri sendiri yaitu malas.

Berbagai halangan yang dianggap sepele tentu akan merugikan anda sendiri. Akibatnya tujuan awal memiliki blog populer menjadi terbengkalai. Sebenarnya ada tips agar anda dapat konsisten dalam menulis artikel.

Tips konsisten dalam menulis artikel di blog

Menulis bukanlah kegiatan yang mudah namun tak sulit juga. Jika ide sudah mengalir, maka jari tidak akan berhenti mengetikkan kata-kata menjadi rangkaian kalimat sehingga menjadi sebuah artikel yang berkualitas.

Namun ada kalanya rasa suntuk menjadikan seseorang kehilangan gairah. Jika anda ingin bisa menghasilkan konten bermutu setiap hari, ikuti tips konsisten dalam menulis artikel di blog yang Pena Info berikan dibawah ini:

1. Buatlah daftar artikel yang ingin ditulis

Carilah topik artikel yang ingin dibuat, selanjutnya buatkan list atau daftar artikel-artikel apa saja yang ingin anda buat.

Nah dengan begitu setidaknya anda memiliki arah setiap anda ingin menulis. Mulailah dari daftar yang pertama, jika sudah selesai dan sudah diposting lanjutkan ke daftar artikel yang berikutnya.

Setelah semua itu menjadi kebiasaan maka anda akan secara konsisten dapat menulis artikel di blog anda.

2. Menulis tentang keseharian

Jika anda menulis hal yang anda tidak mengerti, maka anda akan sangat sulit menulis sesuatu hal yang tidak anda pahami sama sekali.

Tentunya anda ingin menghasilkan artikel yang sesuai dan bukan asal-asalan. Dengan menulis mengenai sesuatu yang dekat dengan keseharian anda, maka tidak sulit untuk mendeskripsikan ide yang ada di pikiran.

Sehingga akan mudah bagi anda menghasilkan tulisan dengan topik yang menarik.

3. Konsisten dengan tujuan awal

Sedari awal ketika anda berniat membuat blog, baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan, maka anda harus memiliki tujuan utama yang akan diraih.

Jika untuk bersenang-senang pastinya tidak ada beban yang harus dipenuhi. Namun jika untuk mendapatkan keuntungan, maka anda harus siap menghadapi konsekuensi, yaitu upload tulisan secara berkala atau bahkan setiap hari.

Jika mengalami kesulitan cobalah menggunakan tips konsisten dalam menulis artikel ini agar mendapatkan motivasi.

4. Manfaatkan waktu anda

Jika anda memiliki waktu untuk bersantai, maka gunakanlah waktu tersebut untuk menyalurkan hobi menulis anda.

Jadi agar waktu anda tidak terbuang sia-sia, cobalah untuk melanjutkan untuk menulis artikel yang sudah anda buatkan daftarnya. Dengan demikian anda akan dapat menyelesaikan artikel-artikel anda.

5. Membuat jadwal menulis

Banyak yang menjadikan aktivitas menulis sebagai pengisi di kala senggang. Namun tidak selalu ide muncul ketika santai.

Malah kebanyakan seorang blogger mendapatkan inspirasi ketika berada pada kondisi mendesak.

Namun jika anda ingin konsisten dalam menulis, sebaiknya tentukan jadwal terlebih dahulu. Dengan begitu dipastikan anda bisa menghasilkan banyak artikel setiap harinya.

6. Buat jadwal posting artikel

Jika anda telah membuat jadwal untuk menulis, maka selanjutnya agar blog anda terlihat aktif dan konsisten, buatlah jadwal posting artikel anda.

Misalnya setiap hari ada berapa artikel, setiap minggu atau target anda setiap bulan posting berapa artikel. Buatkan jadwal secara berkala.

7. Menulis tentang hobi

Banyak blogger yang salah kaprah bahwa untuk menaikkan traffic adalah dengan cara menulis semua tema.

Sebenarnya hal inini juga bisa dilakukan, namun justru pengunjung lebih menyukai blog dengan tema spesifik.

Jangan ragu menuangkan pikiran mengenai hobi anda ke dalam artikel. Asalkan anda disiplin dengan menggunakan tips konsisten dalam menulis artikel, maka keinginan anda agar blog yang dikelola menjadi populer bisa terwujud.

8. Motivasi diri

Akan sulit bagi anda untuk memulai menulis jika tidak termotivasi. Kalahkan rasa malas yang anda miliki dan berpikirlah bahwa apa yang anda lakukan akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Dengan semakin sering menulis maka kemampuan anda akan semakin meningkat. Hal ini akan menciptakan banyak peluang bagi anda terutama dalam bidang penulisan.

Berdasarkan pengalaman beberapa blogger. Motivasi diri menjadi faktor utama agar bisa menghasilkan artikel yang berkualitas.

Di samping itu anda harus menikmati prosesnya dan tidak merasa terpaksa. Menulis dengan santai memudahkan anda mendapatkan ide yang brilian.

Bahkan dari satu inspirasi bisa menjalar ke tema yang lainnya. Jadi akan semakin banyak artikel yang anda hasilkan. Cobalah lakukan secara rapi agar membiasakan anda bekerja secara profesional.

Nah, demikian tips yang sudah Pena Info berikan di atas. Modal menjadi penulis yang bermutu adalah rajin membaca.

Dengan melakukan aktivitas tersebut maka perbendaharaan kata anda akan meningkat. Hal ini juga memengaruhi gaya penulisan anda.

Jangan takut keluar dari zona nyaman. Jika anda merasa bosan dan jenuh, kembali lagi gunakan tips konsisten dalam menulis artikel ini.

Cari tempat dan waktu terbaik agar anda bisa mendapatkan banyak ide untuk menghasilkan konten yang berkelas. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar