Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

10 Tips Menghemat Uang untuk Anak Kos Berkantung Tipis

Halo sahabat Pena Info, apakah anda saat ini sedang sebagai anak kos yang hidup di perantauan dan jauh dari keluarga? Hidup jauh dari orang tua membuat sebagian besar anak kos harus pintar mengatur keuangan setiap bulan.

Apalagi jika anda masih sekolah atau kuliah, pastinya tidak hanya kebutuhan makan saja yang dipikirkan, tetapi juga kebutuhan belajar seperti buku, alat tulis, paket internet dan keperluan lainnya.

Jika tidak ingin merasa sangat serba kekurangan di akhir bulan, lakukan beberapa tips menghemat uang untuk anak kos yang akan Pena Info bahas lebih lanjut di bawah ini.

10 Tips Menghemat Uang untuk Anak Kos

Tak jarang banyak anak kos yang sangat menghemat uang jajannya karena takut kehabisan uang. Padahal banyak sekali keperluan mendadak lain yang belum diketahui besarnya.

Oleh sebab itulah anda sebagai anak kos harus pintar-pintar berhemat dan sebaiknya menabung juga. Semakin banyak jumlah simpanan yang dimiliki, maka keamanan kelangsungan hidup sebagai anak rantau juga terjamin.

Berikut ini adalah tips menghemat uang untuk anak kos yang bisa anda coba terapkan.

1. Memanfaatkan diskon dan promo

Sebagai anak kos pastinya banyak kebutuhan yang harus anda penuhi. Dalam hal berbelanja, anda juga dapat memanfaatkan promo yang diberikan oleh beberapa toko.

Selain belanja secara langsung, tidak ada salahnya jika anda berbelanja secara online. Jika bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang murah, kenapa tidak mencobanya. Manfaatkan peluang yang ada agar anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

2. Memasak makanan sendiri

Makanan menjadi kebutuhan utama yang wajib dipenuhi. Banyak anak kos yang terpaksa memakan mie instan hanya untuk menghemat uang.

Tentunya ini tidak bagus bagi kesehatan. Bukannya bisa menabung malah uang simpanan tersebut anda gunakan untuk membiayai pengobatan karena menderita penyakit.

Jika ingin mengkonsumsi makanan yang sehat dan murah, masak sendiri di kos dapat menjadi alternatif nya. Anda bisa mengajak teman untuk memasak bersama agar biaya belanja lebih murah dan tidak mubazir makanannya.

3. Mencari tambahan penghasilan

Tips menghemat uang untuk anak kos salah satunya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Semakin lama anda kos, maka jumlah kebutuhan juga akan semakin meningkat.

Tentunya ini menuntut anda untuk pintar mencari pekerjaan tambahan. Ingat jangan sampai mengganggu aktivitas utama terutama bagi yang masih kuliah dan sekolah.

Jika penghasilan bertambah, maka anda bisa memenuhi kebutuhan lainnya sekaligus menambah jumlah tabungan.

4. Makan di kaki lima

Anak kos memiliki banyak cara kreatif agar bisa bertahan hidup. Salah satu tips menghemat uang untuk anak kos yang paling sering dilakukan adalah makan di angkringan atau di pedagang kaki lima.

Selain rasanya enak, harganya pun cukup murah dan tidak menguras kantong. Saat lapar menyerang, tak usah malu makan di tempat seperti ini dan singkirkan ego serta gengsi anda. Lebih baik berhemat daripada anda tidak bisa makan keesokan harinya akibat kehabisan uang.

5. Meminjam buku

Bagi anak kos yang masih sekolah ataupun kuliah, buku menjadi salah satu kebutuhan utama. Harga buku saat ini sangatlah mahal.

Jika anda ingin lebih hemat, sebaiknya pinjam buku di perpustakaan dan catat hal-hal yang penting agar memudahkan anda dalam belajar.

Anda bisa juga meminjam dari teman sekaligus ajak mereka belajar bersama agar memudahkan anda dalam menyelesaikan tugas.

6. Manfaatkan free Wi-fi

Bagi anda yang sangat memerlukan akses internet untuk mencari sesuatu, terutama bagi anda yang masih kuliah, free wi-fi sangat bermanfaat apalagi anda sebagai anak kos.

Biaya paket internet dapat menguras anggaran anda. Carilah tempat-tempat yang menyediakan free wi-fi yang dapat anda manfaatkan.

7. Buang jauh-jauh gengsi anda

Jika anda berbelanja, cobalah berbelanja di pasar tradisional bukan di minimarket atau supermarket. Untuk barang tertentu anda dapat berbelanja secara online.

Contoh lainnya, jika anda bisa mencuci pakaian sendiri kenapa harus dibawa ke laundry? Nah ini juga dapat menghemat pengeluaran anda.

Anda harus dapat dengan bijak mengatur pengeluaran anda. Jangan mengikuti gaya hidup yang mewah yang membuat anggaran anda semakin terkuras.

Belajarlah untuk hidup sederhana, orang yang sangat kaya saja dapat hidup sederhana bahkan berpenampilan sederhana.

8. Buat dan evaluasi anggaran anda setiap bulan

Anda sebagai anak kos, yang masih bekerja ataupun kuliah tetap harus membuat anggaran pengeluaran agar dapat digunakan secara bijak. Ingat bijak dan hemat menggunakan pengeluaran bukan berarti pelit.

9. Jaga komitmen anda

Jika anda sudah memiliki komitmen dan bertekad menjadi orang yang sukses setelah anda merantau, maka jagalah komitmen itu.

Anak kos harus terbiasa menghadapi berbagai halangan dan tekanan hidup. Pikirkan setiap langkah anda sebelum membuat keputusan.

Jika anda sebagai anak kos sudah berkomitmen untuk berhemat maka lakukan komitmen tersebut.

10. Tetap beramal dan bersedekah

Hemat tapi bersedekah juga? Yaa berhematlah untuk keperluan-keperluan yang lain tapi anda tetap dapat bersedekah.

Dengan bersedekah dan ikhlas membantu orang lain, maka suatu saat nanti anda juga akan mendapat bantuan saat anda mengalami kesulitan.

Nah 10 tips menghemat uang untuk anak kos diatas adalah sebagian contoh kecil yang bisa anda lakukan. Boleh berhemat, namun anda harus tetap memperhatikan kesehatan.

Pilihlah mana kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan mana yang bisa ditunda. Buatlah skala prioritas sehingga anda bisa menggunakan uang bulanan secara tepat.

Jika perlu targetkan berapa jumlah uang yang ingin anda tabung setiap bulannya. Ingat bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sekian tips yang dapat Pena Info berikan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar