Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Tips Sukses Bisnis untuk Mahasiswa

Halo sahabat Pena Info, apakah anda seorang mahasiswa dan ingin memiliki bisnis sendiri? Yaa benar saja dunia bisnis kini telah merambah seluruh kalangan.

Jika pada periode beberapa puluh tahun ke belakang pengusaha kebanyakan adalah orang-orang berusia matang, maka berkebalikan dengan keadaan sekarang.

Jika kita cermati lebih dalam lagi banyak pengusaha muda yang bahkan mulai merintis bisnis mereka sejak masih menduduki bangku perkuliahan.

Banyak sekali jenis bisnis untuk mahasiswa yang dapat menjadi pilihan. Untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, sebaiknya anda sebagai mahasiswa memperhatikan beberapa tips yang akan Pena Info berikan berikut ini.

1. Proposal sebagai awal permulaan bisnis.

Sebagai seorang mahasiswa, ide kreatif untuk membuka usaha pasti sudah bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk didapatkan.

Bermacam-macam ide kreatif ini tidak semua akan menjadi rencana yang tepat untuk diaplikasikan dan akan memberikan keuntungan.

Sebaiknya anda mengatur segala sesuatunya salah satunya dengan membuat proposal bisnis.

Proposal rencana bisnis untuk mahasiswa akan sangat membantu agar segala hal yang berkaitan dengan bisnis itu akan berjalan dengan selaras.

Selain itu, proposal ini dapat membantu anda untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak-pihak luar.

Ulas semua perencanaan bisnis anda mulai dari perencanaan keuangan, bahan baku, pilihan tempat yang tepat, strategi pemasaran dan yang lainnya.

2. Pilihlah mentor sebagai acuan keberhasilan.

Dalam hampir semua hal, anda pasti membutuhkan sebuah bimbingan tidak terkecuali dalam dunia bisnis.

Jika anda memutuskan untuk melakukan sebuah usaha bisnis apalagi ini adalah usaha pertama, sebaiknya setiap langkah anda perlu anda konsultasikan pada seorang mentor.

Kelak mentor akan memberikan arahan dan semangat bagi anda dalam menjalankan bisnis ini. Apalagi jika anda adalah seorang mahasiswa.

 Anda bisa memanfaatkan status mahasiswa anda untuk mendapatkan mentor langsung dari para senior atau dosen yang ada di kampus anda.

3. Kelas atau kursus bisnis sebagai gudang ilmu.

Belajar harus selalu dilakukan di manapun bahkan sampai akhir hayat. Jika saat ini anda adalah seorang mahasiswa dengan background yang jauh melenceng dari dunia bisnis, anda bisa memanfaatkan beberapa pihak yang menyediakan kelas atau kursus bisnis.

Belajar memang bisa dilakukan dimana saja atau dengan otodidak. Namun jika anda mengikuti kelas atau kursus bisnis akan semakin menambah wawasan dan mendapatkan pengarahan langsung mengenai bisnis untuk mahasiswa.

Sebenarnya apapun bidang yang anda kuasai dan apapun latar belakang pendidikan anda, selagi anda mempunyai niat dan ketekunan untuk memulai suatu bisnis, anda pasti akan mendapatkan kesusksesan

4. Menghitung modal dari awal.

Modal adalah salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnis. Modal akan menjadi perhitungan khusus dalam bisnis untuk mahasiswa dikarenakan latar belakang mahasiswa yang biasanya minim modal.

Lakukan perhitungan dan perbandingan dengan sangat tepat agar tidak membuang terlalu banyak modal yang seharusnya bisa dihindari.

Perhitungkan pula potensi keuntungan dan potensi resiko selama bisnis berjalan nantinya. Anda juga bisa menambahkan beberapa kebijakan yang tidak boleh anda langgar agar segala perhitungannya sesuai dengan rancangan bisnis sebelumnya.

Modal tidak selalu berhubungan dengan materi atau uang. Anda juga memerlukan modal sosial, maksudnya adalah jaringan yang anda miliki seperti teman, keluarga, kenalan dan sebagainya juga termasuk modal awal anda untuk memulai suatu bisnis karena mereka akan membantu anda.

5. Pelajari seluk beluk sosial media sebagai media pemasaran.

Salah satu faktor utama lainnya dalam dunia bisnis adalah pemasaran. Bagaimana produk atau jasa anda bisa dikenal jika tidak melakukan pemasaran.

Langkah-langkah pemasaran juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Cobalah untuk mempelajari seluk beluk berbagai sosial media.

Sosial media kini menjadi salah satu alat promosi yang booming karena banyaknya masyarakat Indonesia yang memanfaatkan sosial media sebagai media komunikasi utama.

Buatlah analisa siapa target pasar yang akan anda tuju. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan arah.

6. Belajar tangguh dalam mengatasi kegagalan.

Dalam dunia bisnis kegagalan bukan lagi hal awam. Terutama dalam bisnis untuk mahasiswa. Mahasiswa yang cenderung masih muda mungkin saja tidak terlalu memiliki ketangguhan dalam berbisnis.

Jika anda seorang mahasiswa dan sedang berencana membuka bisnis, usahakan untuk tetap tangguh meskipun dicerca berbagai kegagalan.

Pengalaman dari kegagalan yang anda dapatkan justru akan membuat anda lebih tangguh dan lebih berani dalam menghadapi tantangan.

Bagaimana sobat, sudah menentukan pilihan untuk memulai bisnis anda? Nah semoga dengan tips yang sudah Pena Info berikan di atas, anda menjadi lebih yakin dan percaya diri.

Kuliah sambil berbisnis memang sesuatu yang menyenangkan, namun juga perlu komitmen untuk melaksanakannya.

Anda harus bisa mengatur segalanya mulai dari mengatur waktu, mengatur keuangan dan sebagainya. Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar