Skip to main content

Labels

PENA INFO

Tips Efektif dan Efisien Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi

Halo sahabat Pena Info, apakah anda akan melakukan perjalanan jauh? Mengemudi saat melakukan perjalanan baik itu dekat maupun jauh mungkin beresiko mengalami kantuk.

Mengemudi dalam kondisi mengantuk adalah hal yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang gencar mencari tahu cara mengatasi kantuk saat mengemudi.

Rasa kantuk bisa menyerang siapa saja. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan tubuh dalam kondisi yang tidak fit atau kelelahan.

Ciri-Ciri Pengemudi Mengantuk

Ciri-ciri pengemudi dikatakan mengantuk adalah saat dirinya sulit berkonsentrasi, sering salah jalan, pikiran kosong, kepala terkantuk-kantuk dan lain sebagainya.

Saat pengendara kehilangan keseimbangan dan tidak bisa membaca peraturan rambu-rambu lalu lintas dengan baik, maka di saat itulah anda harus segera menepi dan beristirahat terlebih dahulu.

Tips Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi

Nah kali Pena Info akan memberikan tips efektif dan efisien yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantuk ketika anda sedang mengemudi. Mari simak beberapa cara di bawah ini.

1. Jangan biarkan perut kosong.

Cara mengatasi kantuk saat mengemudi yang pertama adalah melalui asupan saat mengemudi. Perlu anda ketahui bahwa mengemudi tidak boleh dalam kondisi perut yang lapar.

Sebab hal tersebut bisa membuat konsentrasi seseorang menurun. Meskipun demikian, anda juga tidak boleh mengkonsumsi asupan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi.

Sebab hal tersebut bisa menyebabkan rasa kantuk semakin menjadi-jadi. Apabila rasa lapar tidak bisa ditahan tapi anda harus tetap mengemudi, maka asupan terbaik yang bisa dikonsumsi adalah air mineral, protein dan buah-buahan.

Selain itu, minuman dengan kafein yang tinggi seperti kopi juga bisa membantu anda untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Walaupun demikian, anda tetap harus mengimbangi kopi dengan makanan atau minuman lain.

Karena efek kopi tidak bisa bertahan lama. Jangan pula terlalu banyak meminum kopi karena bisa menyebabkan munculnya keinginan untuk buang air besar dan dehidrasi.

2. Lakukan peregangan.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat sejenak selama perjalanan, anda tetap harus menepi dan melakukan gerakan peregangan.

Cobalah berhenti di pinggir jalan dan gerakkan otot leher ke kanan dan kiri, termasuk pinggang dan juga pundak. Regangkan jemari yang kaku dan otot kaki yang kelelahan setelah menginjak pedal.

Lakukan gerakan peregangan ini setiap 2 jam sampai anda benar-benar merasa fit. Setelah itu minum air secukupnya.

3. Cari partner.

Cara mengatasi kantuk saat mengemudi selanjutnya adalah mencari partner untuk bergantian mengendarai kendaraan anda.

Saat bertukaran posisi, anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk rehat. Jika partner anda tidak bisa mengemudi, anda dapat memintanya untuk mengajak anda mengobrol.

Karena obrolan seringkali membuat rasa kantuk menghilang. Walaupun diajak berbicara, pandangan anda tetap harus fokus ke arah depan.

Tetaplah berkonsentrasi pada apa yang ada di depan anda. Apabila anda sudah mulai mengantuk, si partner ini bisa menjadi alarm untuk mengingatkan anda agar lebih waspada.

4. Tidur atau rehat sejenak.

Ketika rasa kantuk anda sudah tidak bisa tertahankan lagi, maka cara mengatasi kantuk saat mengemudi yang paling baik adalah tidur atau istirahat sejenak.

Rasa kantuk akan semakin terasa berat apabila anda memang tidak tidur secara cukup sebelum mengemudi.

Sebelum bepergian, ada baiknya jika anda tidur terlebih dahulu. Apabila sudah terlanjur mengemudi lalu rasa kantuk sangatlah terasa, jangan pernah ragu untuk menepi dan beristirahat terlebih dahulu. Bila memungkinkan carilah pos-pos yang menyediakan tempat beristirahat.

5. Mendengarkan musik.

Cara selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Jangan mendengarkan musik melow atau sedih, karena hal tersebut bisa membuat anda semakin mengantuk.

Selain itu, anda juga tidak boleh meninggikan volume musik secara berlebihan, karena hal tersebut bisa mengganggu pendengaranmu untuk mendengar klakson dari kendaraan lain.

Sekian beberapa cara mengatasi kantuk saat mengemudi yang dapat anda terapkan. Dengan informasi yang Pena Info berikan di atas, semoga anda semakin berhati-hati lagi dalam berkendara.

Tetap fokus dan taati semua rambu lalu lintas yang ada. Jangan lupa selalu berdoa kemana pun anda pergi. Ingat biar lambat asal selamat. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar