Skip to main content

Labels

PENA INFO

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Halo sahabat Pena Info, sudahkah anda minum air putih hari ini? Air putih adalah minuman yang wajib dikonsumsi serta sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apabila minum air putih setelah bangun tidur sudah menjadi kebiasaan maka akan baik untuk anda bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Contohnya adalah jika anda kehausan. Haus merupakan suatu respon dimana tubuh kekurangan cairan.

Jika dalam waktu lama tubuh tidak mendapatkan air, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan penyakit seperti migrain, batu ginjal, hipertensi, tuberkulosis, obesitas, sinusitis, wasir dan yang lainnya.

Air sangat diperlukan oleh seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia untuk membantu melancarkan berbagai aktivitas.

Waktu yang paling bagus untuk minum air putih adalah pada pagi hari setelah bangun tidur. Kenapa paling baik setelah bangun tidur?

Pada pagi hari saat bangun tidur, tubuh kita sudah istirahat dan sudah mengalami proses pemulihan kembali.

Tapi selama istirahat itu juga tubuh kita telah kehilangan banyak cairan. Jadi, sangat disarankan untuk minum air putih setelah bangun tidur karena tubuh kita akan lebih mudah menyerap cairan.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Nah, berikut ini Pena Info akan memberikan ulasan mengenai manfaat minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur supaya anda bisa lebih bersemangat bangun pagi dan lebih rajin lagi minum air putih.

1. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Saat malam hari tubuh akan melakukan perbaikan, kemudian pada bangun tidur keesokan harinya minumlah air karena pada saat itu perut sedang kosong.

Air putih tersebut akan membersihkan dan mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh serta membuat tubuh kita semakin sehat dan segar.

2. Kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Minum air putih setelah bangun tidur bisa membersihkan racun yang ada di dalam tubuh yaitu racun yang mengalir ke seluruh tubuh bersama darah dan tentu saja juga ke kulit.

Apabila racun sudah dikeluarkan maka kulit juga akan semakin sehat dan cerah serta bebas dari kekusaman.

Dikeluarkannya racun dalam tubuh juga akan membersihkan lemak di dalam kulit seperti jerawat.

3. Meningkatkan produksi sel otot.

Manfaat minum air putih pada pagi hari setelah bangun tidur juga berguna sebagai recovery untuk pertumbuhan otot secara maksimal.

Tentu dengan tercukupinya cairan pada tubuh kita maka tubuh akan memproduksi sel-sel otot.

4. Meningkatkan produksi sel darah.

Minum air putih dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Jika anda merasa letih, lesu, pusing dan lemas serta anemia, segeralah minum air yang cukup.

Setelah minum air putih anda akan merasa lebih baik karena sel darah telah bertambah.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini terjadi karena proses pembakaran kalori (energi) berjalan baik dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh.

Ini berarti bahwa semakin baik tingkat metabolisme tubuh maka sistem pencernaan juga akan semakin baik.

6. Melancarkan buang air besar.

Apakah anda sedang mengalami sembelit? Atau sering susah buang air besar di pagi hari? Sebaiknya biasakan untuk minum air putih setelah bangun tidur.

Minum air putih secara rutin setiap kali anda bangun tidur di pagi hari dapat melancarkan anda dalam hal buang air besar.

7. Menyehatkan usus besar.

Usus besar adalah satu diantara banyaknya organ pada sistem pencernan kita. Membersihkan usus besar dapat dilakukan dengan minum air putih saat perut sedang kosong.

Ini juga dapat memudahkan usus besar dalam menyerap nutrisi pada makanan. Pada pagi hari setelah bangun tidur, pencernaan belum bekerja dengan baik.

Usus besar akan bekerja lebih optimal jika anda rajin minum air putih setelah bangun tidur.

8. Menyehatkan ginjal.

Minum air putih setelah bangun tidur penting juga dalam mencegah penyakit batu ginjal serta infeksi kandung kemih.

Tercukupinya kebutuhan cairan atau asupan air putih pada pagi hari dapat membuat ginjal bekerja dengan lebih ringan serta ginjal tersebut juga akan semakin sehat.

Minum air putih secara rutin sampai batas yang cukup dapat mengurangi keasaman yang menjadi penyebab penyakit batu ginjal.

Selain itu juga akan terlindungi dari infeksi kandungan kemih yang disebabkan oleh racun dalam tubuh.

9. Mencegah gangguan pencernaan.

Meningkatnya kadar keasaman pada perut merupakan salah satu gangguan pencernaan. Apalagi yang punya sakit maag, rasanya asam lambung sampai ke kerongkongan.

Tapi, dengan kebiasaan minum air putih saat bangun tidur atau pada saat perut kosong, asam ini dapat ditekan sehingga dapat mencegah meningkatnya asam lambung.

10. Mendapatkan berat badan yang ideal.

Salah satu cara mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan rutin minum air putih. Berat badan yang ideal adalah hal  yang diidam-idamkan setiap orang.

Bagi anda yang ingin memiliki berat badan yang ideal dan tubuh yang proporsional, biasakanlah minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur.

Saat minum air putih tubuh akan melepaskan racun dan akan memperbaiki sistem pencernaan. Setelah itu anda tidak akan merasa terlalu lapar dan keinginan untuk makan juga akan berkurang, sehingga akan mencegah kenaikan berat badan.

11. Menyehatkan rambut.

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi dan hal itu dapat beresiko serius pada pertumbuhan rambut.

Rambut akan tipis dan rapuh sampai rontok. Minum air putih secara rutin juga bermanfaat dalam meningkatkan pembentukan helai rambut serta memberikan nutrisi pada rambut. Kualitas rambut pun akan semakin bagus.

Tips Minum Air Putih

Minum air putih saja ada tipsnya? Ya memang benar tanpa kita sadari, mungkin saja tips ini penting untuk diketahui karena banyak orang masih melakukan hal yang salah pada cara minumnya.

Manfaat dari minum air putih itu pun belum dapat kita rasakan. Di bawah ini adalah cara minum air putih yang baik dan benar.

Di dalam tubuh kita terdapat sebuah jaringan penyaring atau filter yang bernama sfringer yang hanya akan terbuka jika kita dalam posisi duduk.

Oleh sebab itu supaya air yang kita minum dapat disaring dulu, maka sebaiknya duduklah saat minum.

Minumlah secara bertahap. Lebih baik minum rutin secukupnya sesuai yang dianjurkan daripada minum banyak tapi hanya sekali.

Contohnya, jika dianjurkan minum air 8 gelas per hari, maka jangan minum sekaligus 8 gelas hanya sekali waktu, tapi bagilah waktunya.

Bagaimana sahabat Pena Info setelah membaca ulasan di atas? Mulailah untuk hidup sehat dan biasakan diri untuk minum air putih setelah bangun tidur.

Sekian informasi kali ini, semoga dengan membaca artikel ini anda jadi lebih rajin minum air putih yaa. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar