Skip to main content

Labels

PENA INFO

Aplikasi Belajar Online yang Bermanfaat dan Menyenangkan

Halo sahabat Pena Info, pernah merasa malas saat akan belajar? Atau sangat susah mencari mood yang bagus untuk belajar?

Hal yang anda rasakan mungkin karena metode belajar anda yang membosankan. Sebenarnya belajar dapat dilakukan dengan berbagai hal, termasuk dengan cara online.

Nah secara harfiah belajar dapat dimaknai sebagai proses perubahan perilaku seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Belajar online sendiri dapat dilakukan dengan cara mengakses sebuah website dan juga dengan cara menjalankan aplikasi tertentu.

Terkait dengan aplikasi, kini telah begitu banyak aplikasi belajar yang dapat dijalankan di perangkat smartphone anda.

Sehingga jika anda sebagai seorang siswa, anda dapat belajar di mana pun dan kapan pun dengan hanya bermodalkan smartphone yang anda miliki.

Aplikasi Belajar Online

Di era perkembangan teknologi ini kita harus dapat menyesuaikan diri termasuk dalah hal belajar.

Belajar menggunakan aplikasi memang akan memberikan pengalaman yang lebih menarik dari sebelumnya.

Bentuk aplikasi belajar sendiri memang sangat beragam, ada yang berbentuk quiz dan ada pula yang berbentuk kumpulan ringkasan materi.

Selain itu, juga ada aplikasi yang berfungsi layaknya sebuah kamus, sehingga siswa dapat memahami makna dari kata pada materi pelajaran tertentu.

Belajar dengan aplikasi tergolong mudah dan efisien. Sebab tentu saja anda sebagai siswa tidak perlu repot membawa buku teks yang tebal untuk belajar, melainkan hanya membuka sebuah aplikasi melalui smartphone.

Namun, bukan berarti hal ini membuat anda untuk melupakan buku teks. Bagi anda yang ingin merasakan asiknya belajar menggunakan aplikasi, berikut ini beberapa aplikasi belajar online yang dapat anda coba.

1. Qbaca

Aplikasi memungkinkan penggunanya (siswa) untuk dapat membawa buku (e-Book) favoritnya kemana saja dan dapat dibaca kapan saja.

Qbaca merupakan aplikasi belajar berbentuk layaknya sebuah perpustakaan. Dengan kata lain, siswa tidak lagi harus membawa buku dengan beban yang cukup berat.

2. Photomath

Aplikasi belajar online satu ini berguna untuk membantu anda dalam menjawab soal-soal pelajaran matematika.

Aplikasi ini memiliki fitur yang akan memberikan penjelasan secara lengkap terkait soal yang ditanyakan.

Selain itu, Photomath memiliki keunggulan untuk dapat memindai tulisan tangan anda, sehingga apabila menulis sebuah soal matematika pada selembar kertas dan menggunakan fitur tersebut, maka aplikasi ini akan menjawab langsung soal tersebut.

3. Brainly

Brainly merupakan jejaring sosial dimana terdapat komunitas yang mendorong pembelajaran menjadi lebih kolaboratif.

Fitur sosial medianya dapat menghubungkan pengguna yang ingin menanyakan sesuatu yang belum dipahami atau juga dapat berbagi ilmu pengetahuan.

4. Group Board

Aplikasi belajar online berikutnya dikenal dengan nama Group Board. Aplikasi ini sangat berguna bagi siswa untuk belajar terkait tugas secara berkelompok.

Seperti tugas membuat proyek tertentu, membuat makalah, membuat kliping dan tugas-tugas kelompok lainnya.

Group Board memungkinkan siswa untuk saling berkomunikasi terkait tugas mereka tanpa harus berkumpul di suatu tempat.

5. Ruang Guru

Aplikasi Ruang Guru merupakan sebuah aplikasi bimbingan belajar online yang sangat membantu anda dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Ruang Guru menyediakan fitur chatting dan video call kepada setiap penggunanya, sehingga aplikasi Ruang Guru ini memungkinkan anda sebagai siswa dapat menanyakan secara langsung terkait materi yang belum anda pahami kepada para pengguna lainnya melalui fitur tersebut.

6. Quipper

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk video yaitu Quipper Video. Yaa dengan menggunakan internet atau tanpa menggunakan internet anda tetap dapat menonton video pembelajarannya.

Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau menjawab soal latihan dan tentunya dengan menonton videonya.

7. Kelas Kita

Aplikasi ini memudahkan anda untuk belajar di  mana saja dan kapan saja. Selain itu juga terdapat fitur sosial media yang dapat anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang lain.

Fitur lainnya adalah anda juga bisa mempelajari berbagai hal mulai dari Bahasa, Robotik, Desain dan lain sebagainya.

Tingkatan kelasnya juga mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi atau untuk Umum juga ada. Intinya berbagai kalangan dapat menggunakannya.

8. Duolingo

Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar bahasa gratis dengan menyediakan berbagai kursus bahasa yang berbeda.

Duolingo dapat digunakan dalam sistem tertulis ataupun suara. Fitur nya berisi beberapa tingkatan dimana anda yang telah menyelesaikan satu bab akan menuju ke bab berikutnya.

Bagaimana anda, dengan belajar secara online, memahami pelajaran jadi lebih mudah bukan? Selain itu juga metode pembelajarannya yang tidak membosankan.

Demikianlah beberapa aplikasi belajar online yang dapat anda coba baik di rumah maupun di sekolah.

Jika anda pernah mencoba aplikasi belajar selain yang sudah dapat disebutkan di atas, mari share pengalaman anda.

Sekian, semoga informasi kali ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan selamat belajar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar