Skip to main content

Labels

PENA INFO

22 Tips Mengatasi Gugup yang Efektif dan Efisien

Halo sahabat Pena Info, apakah anda akan tampil pada suatu acara tertentu? Pastinya anda harus menyiapkan segala hal agar penampilan anda maksimal dan berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Namun apakah anda sering merasa grogi atau gugup saat tampil di depan publik? Semua orang pasti pernah merasa gugup saat tampil di depan banyak orang.

Baik itu seorang yang sudah profesional ataupun pemula pasti pernah gugup atau demam panggung. Bedanya, seorang yang profesional tahu bagaimana mengatasi masalah tersebut, sehingga gestur tubuhnya tidak tampak seperti orang yang gugup.

Sedangkan seorang pemula yang akan tampil di depan banyak orang cenderung belum tahu cara mengatasi gugupnya sehingga penampilannya pun menjadi kacau.

Rasa gugup memang dapat menyebabkan kerugian misalnya kehilangan berbagai kesempatan dan peluang yang bagus.

Nah kali ini Pena Info akan memberikan ulasan mengenai cara efektif mengatasi gugup dalam segala situasi dan kondisi baik itu saat tampil di depan banyak orang seperti saat presentasi, berpidato, menyanyi, bermain musik, standup comedy dan hal yang lainnya.

Tapi sebelumnya mari simak terlebih dahulu ciri-ciri orang yang gugup dan apa yang menjadi alasan seseorang menjadi gugup di depan banyak orang.

Ciri-Ciri Orang yang Gugup

Berikut ini adalah ciri-ciri apabila seseorang merasa gugup dan hal ini terjadi pada kebanyakan orang ketika mengalami demam panggung.

Nah beberapa diantaranya adalah kegelisahan, kekhawatiran yang berlebihan, jantung berdebar tidak wajar, perut mules, suara jadi terdengar serak, pikiran ngeblank, tatapan mata tidak percaya diri, gemetar, keluar keringat dingin dan yang lain sebagainya.

Penyebab Orang Menjadi Gugup

Ciri-ciri di atas terjadi bukan tanpa alasan, berikut ini adalah penyebab atau faktor yang dapat mempengaruhi seseorang menjadi gugup.

1. Terlalu mencemaskan penilaian audiens.

Kegelisahan dan kekhawatiran yang berlebihan biasanya karena terlalu memikirkan penilaian dari audiens.

Kekhawatiran tersebut cenderung menyebabkan seseorang melupakan hal-hal penting yang harus disampaikan.

Khawatir dengan penampilan yang tidak bagus, khawatir dengan sesuatu yang disampaikan tidak menarik dan khawatir akan hasil yag tidak sesuai apa yang diharapkan.

Hal seperti ini akan membuatmu semakin berpikiran negatif. Alhasil anda menjadi gugup saat tampil dan biasanya ditandai dengan pikiran yang kosong atau ngeblank.

2. Tampil di depan orang yang levelnya lebih tinggi.

Tampil di depan publik atau bahkan di depan para profesional memang sebuah tantangan tersendiri bagi para presenter.

Pada kondisi tertentu hal seperti ini akan menyebabkan anda beranggapan bahwa anda tidak lebih baik dari mereka.

Sehingga hal tersebut membuat anda menjadi tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri inilah yang membuat anda menjadi gugup.

3. Tidak siap dengan materi.

Saat anda akan tampil hendaknya persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang. Jangan baru mendekati hari H baru anda mempersiapkannya.

Jangan juga terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk meyiapkan hal yang sedetail mungkin, justru itu akan melupakan apa point penting yang harus disampaikan kepada audiens.

Cara Mengatasi Gugup

Kebanyakan orang pernah mengalami yang namanya demam panggung, tapi semakin tinggi jam terbang seseorang tampil di depan publik maka akan terbiasa dengan kondisi dan suasananya.

Berikut ini tips mengatasi gugup saat tampil di depan banyak orang.

1. Persiapan.

Persiapan adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum tampil. Tanpa persiapan, penampilan tersebut mungkin belum sempurna.

Persiapan sangat penting untuk  kelancaran keseluruhan presentasi atau penampilan. Persiapkan segala materinya dengan baik.

Temukan cara terbaik untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Pelajari teknik dalam berkomunikasi dan penyampaian pesan yang baik.

2. Terus berlatih.

Penampilan yang tidak maksimal dikarenakan latihan yang kurang. Berlatihlah jauh-jauh hari sebelum hari H.

Buat kerangka latihan atau langkah demi langkah yang jelas agar mudah mengingatnya.

3. Lihat penampilan orang lain.

Luangkan waktu untuk menyaksikan penampilan dari orang lain yang sudah berpengalaman dengan menghadiri acaranya.

Buatlah dirimu jadi pendengar yang baik. Kemudian cari tahu bagaimana cara agar audiens memperhatikan presenter. Ini seperti riset sederhana.

4. Minta saran.

Mintalah saran dari teman atau bahkan dari ahlinya. Saran yang didapat dari ahlinya penting untuk dicoba.

Setelah mempraktekkan sarannya, berdiskusilah mana hal yang susah dan belum dimengerti.

5. Kenali tempatnya dan para audiens.

Jika memungkinkan cobalah cek tempatnya dan carilah informasi karakter dari audiens. Ketahuilah situasi kondisinya.

Audiens adalah penyebab grogi atau demam panggung. Pakai bahasa yang sopan dan formal jika dalam acara resmi.

6. Berpikir positif.

Jangan berpikir negatif, jika anda mulai gugup berpikirlah tenang, berpikirlah posistif. Tumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Percayalah anda pasti bisa melakukannya dengan baik.

7. Kendalikan sikap tubuh.

Posisi tubuhmu saat duduk ataupun berdiri dapat merubah perasaanmu. Jika anda dapat menjaga posisi tubuhmu selama lima menit saja maka rasa gugup pun akan menurun atau hilang.

8. Atur nafas.

Biasanya jika seseorang gugup maka detak jantungnya akan berdetak lebih kencang dan perasaan menjadi bercampur aduk.

Pada situasi dan kondisi seperti ini, aturlah nafas anda. Belajar untuk mengatur nafas sebelum atau saat anda tampil dapat menenangkan pikiran anda.

Pertama tarik nafas panjang, tahan kemudian hembuskan selama mungkin. Terapkan sebanyak 3 kali atau lebih sampai merasa agak tenang dan rasa gugup akan hilang.

9. Tetap fokus.

Jangan terlalu fokus pada diri sendiri tapi fokuslah pada penyampaian pesan kepada audiens. Jangan pikirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda. Tetap fokus dari awal sampai akhir acara.

10. Salurkan melalui gerakan.

Jangan tegang saat tampil di depan audiens, hal ini akan membuat anda semakin grogi. Lakukan gerakan-gerakan kecil, misalnya berpindah tempat atau menggunakan gerakan tangan.

Penegasan terhadap apa yang anda sampaikan dapat dilakukan dengan gerakan tangan. Jangan melakukan gerakan-gerakan yang dapat memperlihatkan kegelisahan anda, seperti memainkan mikrofon atau yang lainnya.

11. Jangan takut salah.

Demam panggung sering terjadi karena perasaan takut salah. Meski and sudah berlatih, tapi tentu ada rasa takut yang menyelimuti.

Hilangkan rasa takut ini, karena grogi rasa takut salah itu menjadi kesalahan yang sebenarnya. Biarpun ada kesalahan, itu wajar karena semua orang pasti pernah salah. Jangan lupa ucapkan permohonan maaf di akhir penampilan.

12. Rileks.

Rileks dan santai dapat mengurangi gugup, dengan rileks anda dapat menyampaikan dengan baik apa yang telah anda persiapkan dan sesuai dengan rencana yang telah anda buat.

13. Minum segelas air putih.

Tips mengatasi gugup selanjutnya adalah dengan minum segelas air. Minumlah air putih untuk mengurangi rasa gugup.

Cara ini cukup efektif untuk menormalkan detak jantung dan dapat menghilangkan pikiran negatif.

14. Jangan minum kopi.

Jangan minum minuman berkafein karena akan membuatmu semakin gugup. Mungkin saja anda mengira minum kopi akan membuat anda lebih bertenaga, tapi sebenarnya anda akan merasa lebih gugup dan gelisah.

15. Olahraga ringan.

Olahraga ringan ataupun peregangan saja dapat mengurangi rasa gugup dan tegang. Gunakanlah paling tidak waktu 15 menit untuk itu agar anda lebih siap dan optimis.

16. Datang lebih awal.

Saat anda tiba di lokasi lebih awal anda akan merasa lebih siap secara mental. Anda akan merasa memegang kendali pada situasinya.

Datang lebih awal juga akan membuat anda lebih tenang menghadapi segala sesuatunya.

17. Berpenampilan menarik.

Gunakan pakaian yang sesuai dengan kegiatan yang akan berlangsung dan make up secukupnya. Jangan menggunakan pakaian yang bisa membuat anda malu atau kurang percaya diri.

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa orang lain pertama kali akan mengomentari penampilan luar anda.

Buatlah audiens terkesan dengan penampilan anda maka anda akan mendapatkan respon positif. Kepercayaan diri anda pun akan meningkat.

18. Buat konsep dan belajar improvisasi.

Buatlah suatu konsep, maksudnya langkah demi langkah penampilan anda, apa yang akan anda sampaikan sekarang dan selanjutnya.

Mungkin saja ada keadaan yang tidak terduga yang bisa saja membuat anda gugup. Maka dari itu belajarlah mengimprovisasi, maksudnya adalah di saat anda mendadak lupa apa yang akan anda sampaikan maka lakukanlah improvisasi tidak harus terpaku pada hafalan atau rencana.

Setidaknya anda sudah membuat suatu konsep dan biarkan mengalir begitu saja sesuai dengan situasi dan kondisi.

19. Syukuri dan nikmati.

Tidak setiap saat anda bisa tampil di depan banyak orang, jadi bersyukurlah dan nikmati kegiatannya. Bisa tampil di depan banyak orang merupakan kesempatan dan peluang yang baik untuk kedepannya dan jadikan pengalaman.

20. Berbicara dengan tegas.

Jika anda gugup jangan perlihatkan itu. Jika anda berbicara dengan pelan dan suara yang gemetar, audiens tidak akan tertarik lagi dengan penampilanmu.

Berbicaralah dengan tegas. Cara ini dapat merubah rasa gugupmu menjadi energi yang positif.

21. Berikan sedikit humor.

Tips mengatasi gugup yang berikutnya adalah dengan memberikan humor agar situasinya tidak terlalu menegangkan.

Yaa gunakanlah sedikit humor yang wajar dan tidak berlebihan agar anda dapat mengendalikan suasana menjadi tenang dan tidak terlalu tegang.

Ini juga dapat membuat audiens yang tadinya tidak merespon apa yang anda sampaikan menjadi memperhatikan dan merespon apa yang anda sampaikan.

22. Berdoa.

Apapun yang kita lakukan tetaplah berdoa dan awali dengan doa. Doa membuat sesorang menjadi lebih tenang dan lebih yakin dalam menghadapi segalanya.

Bagaimana sahabat Pena Info? Sudah merasa lebih siap bukan? Cobalah menerapkan tips yang Pena Info berikan di atas.

Itulah cara mengatasi gugup dan sebenarnya rasa gugup tersebut dapat dikendalikan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar