Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

20 Tips Hidup Lebih Produktif, Bahagia dan Sukses

Halo sahabat Pena Info, apakah anda sedang mencari tips hidup lebih produktif, bahagia dan sukses?

Nah tepat sekali, berikut ini Pena Info akan memberikan beberapa tips sederhana agar anda dapat hidup lebih bahagia.

Tidak menjadi masalah berapa usia anda, berapa banyak uang yang anda miliki di rekening bank anda, apa status anda saat ini atau apa pekerjaan anda, kita semua ingin lebih sukses dalam menjalani kehidupan kita.

Tentu saja, kesuksesan itu berbeda untuk masing-masing orang. Nah 20 cara berikut ini terbukti dapat membuat anda lebih produktif, bahagia dan sukses dalam menjalani hidup.

1. Komitmen.

Tidak peduli tujuan apa yang telah anda tetapkan, anda harus punya komitmen. Melalui komitmen yang sudah anda tetapkan, anda akan terus memperbaiki diri. Komitmen inilah yang mendorong anda semua untuk menjadi lebih sukses.

2. Buatlah rencana cadangan.

Anda tidak pernah tahu kapan hal yang tak terduga akan terjadi, tapi bila itu terjadi, anda akan mendapatkan kekacauan.

Buatlah rencana cadangan dan bersiaplah untuk skenario terburuk, setidaknya anda bisa berusaha membuat semuanya jauh lebih baik.

Misalkan usaha anda mengalami kegagalan, lakukanlah antisipasi yang sudah anda siapkan sebelumnya.

3. Jangan terlalu sering mengerjakan sesuatu bersamaan (multitasking).

Produktivitas anda akan menurun jika anda terus-menerus melakukan banyak hal di saat yang sama.

Saat anda memilih beralih dari tugas utama untuk melakukan sesuatu yang lain, anda akan memerlukan waktu dan energi lebih untuk menyelesaikan tugas itu.

4. Belajar dari pengalaman dan perbaiki diri.

Orang-orang yang sukses selalu belajar dari pengalaman dan selalu memiliki keinginan untuk terus memperbaiki diri.

Berusaha memperbaiki diri dari segala aspek akan dapat membuat kredibilitas anda meningkat.

Menerima dan belajar dari kegagalan terdahulu dan menggunakannya sebagai motivasi adalah salah satu cara untuk memandu anda menuju kesuksesan.

5. Pola pikir tetap dan berkembang.

Milikilah pola pikir yang tetap atau konsisten dan berkembang. Pola pikir tetap mengasumsikan bahwa karakter, kecerdasan dan kemampuan kreatif anda statis.

Pola pikir yang berkembang adalah cara berpikir yang tumbuh dengan baik dalam mengatasi tantangan dan melihat kegagalan bukan sebagai ketidakmampuan tapi sebagai batu loncatan untuk kesuksesan.

6. Makan makanan sehat.

Sangat sulit untuk merasa benar-benar bahagia saat anda sakit. Tapi saat anda makan dengan benar, sehat dan bergizi anda akan merasa lebih baik baik secara fisik maupun mental. Hindari makan junk food.

7. Olahraga.

Kapan terakhir kali anda pergi berolahraga? Olahraga dapat mengurangi stres dan melepaskan endorfin.

Bermain adalah cara yang menyenangkan untuk berolahraga, apakah itu bermain sepak bola, bulu tangkis, basket, voli atau yang lainnya.

8. Membantu orang lain.

Orang yang relawan cenderung memiliki kebahagiaan yang lebih tinggi. Selain itu, membantu orang lain bermanfaat bagi kesehatan anda.

Terkadang setelah adna mencapai tujuan pribadi anda sendiri, anda masih merasa kosong di dalam diri karena anda belum memberikan kontribusi berarti bagi kehidupan orang lain.

Dampak yang anda buat terasa memuaskan dan merupakan sumber potensial yang besar untuk kebahagiaan anda sendiri.

9. Hiduplah pada saat ini.

Anda tidak bisa mengubah masa lalu dan tidak memiliki kendali atas masa depan. Tinggal pada masa saat ini dan nikmati apa yang ada.

Belajar dari masa lalu, lakukan yang terbaik saat ini untuk sukses di masa depan.

10. Maafkan dan lupakan, jangan menyimpan dendam.

Sebenarnya anda tidak perlu menahan dendam karena tidak ada manfaatnya. Secara mental dapat membuat diri anda sakit dan menderita.

Hidup anda akan berjalan lebih mulus saat anda membuang semua amarah dan dendam anda. Mungkin sulit bagi anda, tapi jika ingin hidup lebih bahagia cobalah untuk menghilangkan dendam itu.

11. Senyum.

Berlatihlah untuk tersenyum lebih banyak dan lihat bagaimana hal itu memengaruhi anda secara internal, dan juga orang-orang di sekitar anda.

Tentu anda selalu bisa memberi senyuman. Tersenyum bisa membuat anda lebih bahagia bahkan jika terpaksa, anda akan tetap merasa lebih baik.

12. Liburan.

Liburan adalah salah satu cara agar anda dapat lebih bahagia. Berlibur atau bepergian ke tempat yang memiliki keindahan alam dengan udara yang segar adalah cara terbaik untuk melepaskan diri dari stress karena pekerjaan sehari-hari.

Ini juga cara yang bagus untuk mengembangkan karakter seseorang dan berpikiran lebih terbuka.

13. Luangkan waktu dengan orang yang anda cintai.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang anda cintai akan membuat anda lebih bahagia.

Orang-orang suka menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga mereka untuk sebuah percakapan, ikatan dan tawa yang membuat hidup lebih baik.

14. Berpikir positif.

Anda sudah tahu bahwa pemikiran negatif akan membawa anda jatuh dalam kegagalan. Jadilah lebih sadar akan hal itu dan cobalah mengganti pikiran negatif anda dengan pikiran yang positif.

Hindari bersama dengan orang-orang yang selalu berpikiran negatif dan luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang positif.

15. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan.

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, waktu dan sebagainya. Hanya karena anda menghasilkan uang lebih banyak bukan berarti anda melupakan segalanya.

Tentu saja uang dibutuhkan dan itu membuat beberapa hal menjadi lebih mudah. Tapi, anda harus berfokus pada kebutuhan bukan keinginan.

16. Berbagi dengan orang lain.

Ketika anda berbagi pemikiran, waktu dan kemampuan anda dengan orang lain, anda akan merasa lebih baik untuk itu.

Anda akan merasakan kesepian bila hidup tanpa berbagi. Bila anda berbagi dengan orang lain, mereka akan membantu anda untuk merasakan hidup lebih bahagia.

17. Kejujuran.

Mari belajar untuk jujur pada setiap apa yang akan anda kerjakan. Orang tidak peduli dengan pakaian mahal yang anda kenakan, seberapa besar rumah yang anda miliki atau apa mobil yang anda kendarai.

Itu bukan berarti orang lain tidak menghormati prestasi atau kesuksesan anda. Sebaliknya, orang lain akan mempercayai dan menghormati anda karena kejujuran anda. Kepercayaan sama pentingnya dengan kompetensi.

18. Bersyukurlah setiap hari.

Jika anda memikirkan semua hal yang harus disyukuri, anda akan menyadari betapa anda diberkati.

Dengan menghargai hal-hal yang sudah anda miliki, anda akan mulai merasa lebih bahagia dalam hidup anda.

19. Jadilah diri anda sendiri.

Waktu yang anda miliki sangat singkat, jadi jangan sia-siakan hidup anda. Percaya diri, terimalah siapa diri anda dan jadilah diri anda sendiri maka anda akan merasa lebih baik.

20. Terapkan tips yang anda baca di atas.

Kebahagiaan adalah salah satu tujuan hidup, namun sebagian orang tampaknya sulit memahaminya.

Dengan memulai menerapkan tips di atas, anda bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih bahagia hari ini.

Sebuah rumah besar atau mobil baru tidak akan benar-benar membuat anda lebih bahagia. Contoh seperti itu adalah kebahagiaan sementara.

Semoga sahabat Pena Info mendapatkan kebahagiaan sejati dengan membaca dan mulai menerapkan tips di atas. Salam sukses.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar