Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Tips Sukses Mengerjakan Bisnis Sambil Kuliah

Halo sahabat Pena Info, apakah anda sedang kuliah tapi ingin juga sambil berbisnis? Yaa berbisnis kini tidak hanya dilakukan oleh kalangan tertentu saja, akan tetapi juga telah mulai digeluti oleh mahasiswa.

Berbisnis memang kerap dilakukan oleh para mahasiswa di samping mengikuti perkuliahan di suatu Perguruan Tinggi.

Alasannya sama dengan para pelaku bisnis pada umumnya, yakni ingin memiliki pemasukan tambahan guna memenuhi kebutuhan hidup maupun kebutuhan yang diperlukan saat kuliah.

Tips Sukses Bisnis Sambil Kuliah

Ada berbagai macam jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa yang tentunya akan menghasilkan keuntungan tidak sedikit.

Namun, yang menjadi persoalan adalah bagaimana mengelola bisnis tersebut sehingga tidak mengganggu perkuliahan yang sedang dijalani.

Oleh sebab itu, perlu tips bisnis sambil kuliah bagi setiap mahasiswa yang ingin berbisnis. Di samping sibuk berdagang, seorang mahasiswa tentunya juga dituntut untuk tetap fokus pada perkuliahan yang sedang dijalani.

Nah dengan kata lain, bisnis yang dilakukan tidak boleh mengganggu perkuliahan atau pun bahkan menjadi penghambat dari aktivitas perkuliahan tersebut.

Untuk itu, perlu tips-tips agar anda sebagai mahasiswa dapat tetap fokus berkuliah dan juga mampu menjalankan sebuah bisnis.

Berikut ini Pena Info akan memberikan beberapa tips bisnis sambil kuliah yang dapat anda terapkan.

1. Tanamkan mindset bahwa kuliah yang utama.

Sejatinya berbisnis memang memberikan kesan positif tersendiri bagi setiap pelakunya. Bahkan bisnis dapat pula menjadi suatu kecanduan bagai sebagian orang.

Bagi anda yang kini masih menjadi mahasiswa, hal ini harus menjadi point utama yang harus diperhatikan.

Tanamkan pada diri anda bahwa kuliah adalah yang utama, sementara bisnis hanya sampingan. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlena dengan bisnis yang dikerjakan, sehingga lupa terhadap perkuliahan yang sedang dijalani.

2. Pilih bisnis yang sesuai.

Tips bisnis sambil kuliah berikutnya adalah memilih bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan diri sebagai seorang mahasiswa.

Untuk saat ini ada beragam jenis bisnis yang dapat anda  kerjakan. Pilihlah bisnis yang fleksibel akan tetapi pada umumnya jika anda selaku mahasiswa cenderung akan lebih memilih bisnis yang dijajakan secara online.

Hal ini dikarenakan bisnis online lebih mudah untuk dilakukan, serta tidak terlalu banyak menyita waktu.

Sebagai penjual, anda hanya perlu mengiklankan produk dagangan melalui akun media sosial yang anda miliki dengan mencantumkan contact person yang dapat dihubungi.

Nah dengan demikian, pelanggan akan datang kepada anda dengan sendirinya. Selanjutnya tanggapilah permintaan pelanggan dan selesaikan transaksi jual beli dengan baik.

3. Lakukan perhitungan yang cermat.

Setiap bisnis tentunya memerlukan perhitungan yang cermat terkait perputaran uang dalam bisnis tersebut. Demikian pula halnya dengan bisnis sambil kuliah ini.

Anda  perlu melakukan perhitungan yang cermat terhadap modal, pengeluaran dan pemasukan yang didapat. Sehingga anda dapat mengetahui berapa besar keuntungan maupun kerugian yang diperoleh.

4. Promosi kepada lingkungan sekitar.

Nilai tambahnya saat anda memulai bisnis pada saat masa kuliah adalah anda dapat mempromosikan bisnis anda kepada jaringan dalam kampus yang anda miliki.

Maksudnya adalah promosikan bisnis anda kepada semua kenalan anda di kampus.

Tips ini sangat aman dan tidak memerlukan banyak biaya karena teman-teman anda pasti akan membantu bisnis yang anda kerjakan dengan semakin menyebarluaskan informasi tentang bisnis anda.

5. Tetap semangat dan pantang menyerah.

Sama dengan bisnis pada umumnya, menjalankan bisnis sambil kuliah tentu akan memiliki sejumlah hambatan maupun rintangan.

Untuk itu tips bisnis sambil kuliah ini harus benar-benar dihadirkan dalam dirimu. Tetaplah semangat dalam menjalani bisnis yang anda kerjakan dan jangan mudah menyerah terhadap segala bentuk rintangan yang datang.

Nah itulah tadi beberapa tips bisnis sambil kuliah yang dapat anda aplikasikan. Jika anda belum memulai, maka mulailah dari sekarang.

Ingatlah selalu bahwa bisnis yang anda lakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kuliah dan tidak menjadi prioritas utama.

Kemudian jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan, sebab segala sesuatu di dunia ini terjadi atas seizin-Nya. Demikian tips-tips dan ulasan dari Pena Info semoga bermanfaat bagi anda.

Selamat berbisnis.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar