Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Keunikan dan Keragaman Wisata Taman Nusa di Bali

Halo sahabat Pena Info, pernah mendengar wisata budaya dan edukasi yaitu Taman Nusa? Atau sudah pernah ke Taman Nusa yang ada di Bali? Kalau belum, kali ini Pena Info akan memberikan ulasan menarik mengenai Taman Nusa.

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya mulai dari tentang wisata Taman Nusa, lokasi dan akses, fasilitasnya, berapa biaya yang diperlukan serta tentu saja daya tariknya bagi wisatawan.

Tentang Taman Nusa

Taman Nusa adalah taman wisata yang memberikan banyak pengetahuan tentang budaya dari berbagai etnis di Indonesia yang dipadukan dalam suasana alam Bali yang indah.

Di samping menjadi tempat rekreasi, Taman Nusa juga menjadi tempat pelestarian budaya dan pembelajaran bagi para pengunjung, baik lokal (domestik) ataupun mancanegara agar lebih memahami budaya di Indonesia dengan cara yang interaktif dan tentunya juga menarik.

Konsep dari Taman Nusa ini mirip dengan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang ada di Jakarta. Biarpun konsepnya mirip, tapi ada perbedaannya juga.

Di Taman Nusa terdapat berbagai rumah adat daerah dengan ciri khasnya masing-masing, kebanyakan rumah adat tersebut didatangkan langsung dari daerah asalnya.

Selain rumah adat daerah, di Taman Nusa anda juga dapat menjumpai penduduk asli dari berbagai daerah yang tengah melakukan kegiatan seperti menari, membatik, menenun, membuat wayang dan kegiatan lainnya.

Lokasi dan Akses Taman Nusa

Taman Nusa berlokasi di Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Persisnya ada di Jalan Taman Bali-Banjarangkan.

Untuk menuju Taman Nusa cukup mudah karena jalannya telah diaspal dan bisa diakses oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Jika anda dari Bandara Ngurah Rai, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 10 menit dengan jarak tempuh 42km. Itupun jika lalu lintasnya normal.

Jika anda dari Kota Denpasar hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dapat melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra atau melalui pasar Seni Sukawati bisa juga melalui Ubud.

Fasilitas Taman Nusa

Taman Nusa memiliki fasilitas pendukung diantaranya adalah restoran dengan masakan internasional, restoran dengan masakan khas Indonesia, auditorium besar, toko souvenir, tempat istirahat, ruang pameran, dan sanggar–sanggar untuk mementaskan berbagai kesenian daerah Indonesia serta area parkir yang luas.

Daftar Harga di Taman Nusa

Ada 2 harga yang diberlakukan disini yaitu harga domestik dan asing. Bagi Wisatawan Domestik Daftar Harga Tiket Masuk Taman Nusa Gianyar Bali

Dewasa, Rp 85.000 / orang.
Anak (2-12 tahun), Rp 70.000 / orang.
Bayi (0-2 tahun), gratis.

Harga dan Paket untuk Wisatawan Asing:
Paket Budaya: Dewasa USD 29 / orang, Anak-Anak USD 19 / orang
Paket Java: Dewasa USD 39 / orang, Anak-Anak USD 29 / orang
Paket Barong: Dewasa USD 39 / orang, Anak-Anak USD 29 / orang

Jam Buka: Taman Nusa buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore

Daya Tarik Wisata Taman Nusa

Taman Nusa berada pada tebing dan menyusuri Sungai Melangit. Memiliki pemandangan alam pegunungan nan hijau berpadu dengan arsitektur khas Indonesia, sehingga bangunannya dapat menyatu dengan alam. Lingkungan dan budaya dapat dipertahankan.

Masing-masing daerah memiliki identitas dan ciri yang sangat khas. Arsitektur kuno memiliki ciri-ciri seperti dasarnya tiang dengan lantai yang meninggi, kemudian atap yang memanjang, dan struktur dinding yang menopang atapnya miring keluar.

Pada masa kerajaan Hindu dan Buddha ditandai dengan adanya arsitektur candi dan bangunan batu dengan atap seperti piramida. Ada 78 titik lokasi yang dapat anda jelajahi disini.

Di lokasi yang luasnya sekitar 15 hektar, anda dapat menjelajahi dan merasakan perjalanan waktu Bangsa Indonesia dari masa ke masa, berikut ini ringkasannya di mulai dari masa:

  1. Prasejarah: Anda akan melihat konsep dengan alamnya yang tua dan primitif.
  2. Masa Perunggu: Anda dapat melihat konsep dengan tata ruang yang ada pada masa perunggu.
  3. Masa Kerajaan: Anda akan melihat salah satu ciri khas mahakarya pada masa itu yang berbentuk Candi Borobudur.
  4. Kampung Budaya: Anda dapat melihat lebih dari 60 rumah adat tradisional, beberapa rumah sudah berumur sampai ratusan tahun. Di sini anda dapat belajar berbagai budaya, etnis, kerajinan dan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia.
  5. Indonesia Awal: Pada konsep ini ditandai dengan patung Mahapatih Gajah Mada dan Gapura Sumpah Pemuda serta Candi Trowulan.
  6. Indonesia Merdeka: Di sini terdapat patung Bapak Proklamator Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta serta teks Proklamasi Indonesia Merdeka.
  7. Indonesia Masa Kini: Di sini ditampilkan konsep pemandangan miniatur kereta api dengan skala HO (1:87). Dalam miniatur ini terdapat lebih dari 50 lokomotif dan 300 gerbong penumpang dan barang.
  8. Harapan Indonesia Masa Depan: Di lokasi dengan konsep modern ini ada perpustakaan dan tiga museum yang dilengkapi dengan warisan budaya Indonesia, seperti: tenunan, sulaman, batik, wayang dan yang lainnya.

Sesudah menjelajahi semua lokasi dari masa ke masa, anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam pulau Bali dengan terasering sawah yang menakjubkan.

Bagaimana sahabat Pena Info, tertarik liburan ke Taman Nusa? Taman Nusa cocok sekali dengan anda menyukai fotografi. Anda akan senang berlama-lama di Taman Nusa karena ada banyak spot foto di sini.

Berlokasi di dataran tinggi, Taman Nusa diuntungkan dengan udara yang sejuk dan suasana alam nan hijau. Dengan hanya mengunjungi 1 objek wisata anda sudah merasakan keliling Indonesia.

Semoga Bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar