Skip to main content

Labels

PENA INFO

Jenis-Jenis Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Halo sahabat Pena Info, memulai suatu bisnis tidak semudah apa yang dipikirkan. Kita harus mempertimbangkan segala aspek termasuk modal bisnis itu sendiri.

Modal menjadi faktor utama dari berjalannya sebuah bisnis baik bisnis secara offline maupun bisnis secara online.

Bisnis modal kecil menjadi bisnis yang paling banyak diminati para pelaku bisnis baru atau mereka yang baru akan memulai suatu bisnis.

Mereka para pelaku bisnis baru ini biasanya belum memiliki modal yang cukup besar dan bermodalkan nekat saja.

Tapi ada juga yang sudah memiliki ilmu atau pun pengalaman di bidangnya, namun dengan modal yang kecil.

Namun dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan akses saat ini sangat memungkinkan untuk membuka sebuah bisnis hanya dengan modal kecil bahkan gratis.

Jenis-Jenis Bisnis Modal Kecil

Sistem modal kecil dan gratis ini mungkin tidak semua bisa diaplikasikan dalam bisnis offline. Namun sebaliknya, sistem ini sangat bisa diaplikasikan dalam bisnis online.

Nah kali ini Pena Info akan memberikan beberapa ide mengenai bisnis apa yang dapat diaplikasikan dengan modal kecil.

1. Bisnis rumahan menjual makanan ringan secara online.

Bisnis menjual makanan saat ini menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis makanan ringan ini bisa menjadi salah satu bisnis modal kecil yang dapat mengantarkan anda ke jalan kesuksesan.

Apalagi saat ini dengan kemudahan bertransaksi lewat aplikasi online membuat biaya untuk sewa tempat dan lain-lain menjadi jauh lebih berkurang.

Bahan baku pembuatan makanan ringan juga tidak terlalu besar dibandingkan dengan makanan-makanan berat lainnya. Peluang bisnis ini juga cukup besar mengingat kebiasaan mayoritas masyarakat kita yang doyan ngemil.

2. Bisnis kedai minuman yang sederhana.

Saat ini banyak kedai-kedai minuman yang menjajakan menu-menu khusus mulai dari jenis minuman dingin yang berkolaborasi dengan bermacam topping.

Misalnya saja kedai khusus menjual minuman coklat, jus buah dan yang sedang naik daun adalah kedai-kedai kopi aneka rasa. Bisnis ini bisa anda jadikan pilihan bisnis karena sudah banyak waralaba dengan sistem franchise dengan modal cukup kecil.

Anda tidak memerlukan ruko yang besar atau parkir yang luas. Cukup dengan sebuah gerai kecil dan beberapa bangku untuk para pembeli yang mengantri.

3. Bisnis cutting sticker.

Bisnis modal kecil selanjutnya adalah usaha atau bisnis cutting sticker. Saat ini perkembangan sepeda motor melejit pesat.

Jumlah pemilik kendaraan bermotor seolah tertiup dan naik ke permukaan dengan jumlah yang sangat banyak.

Terlebih lagi didukung dengan kemudahan transaksi perkreditan sepeda motor yang mengarahkan semakin banyak orang memiliki kendaraan pribadi. Peluang ini bisa anda jadikan salah satu bisnis usaha.

Banyak di antara mereka para pemilik kendaraan ini untuk memasang cutting sticker pada kendaraan mereka.

Sticker ini berguna untuk melindungi body kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Bisnis mainan anak-anak.

Bisnis ini sering tidak disadari oleh sebagian orang akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Kebanyakan mereka memandang remeh bisnis mainan ini dan lebih mengejar bisnis dengan peluang dan prospek yang belum terlalu jelas.

Jika anda memutuskan untuk memilih usaha ini sebagai bisnis yang menyenangkan, pilihlah lokasi yang strategis dan banyak dilihat oleh anak-anak seperti dekat dengan taman atau sekolahan.

Bisnis ini merupakan jenis bisnis modal kecil karena dengan pembelian secara grosir sudah bisa mendapatkan barang dengan harga sangat murah dan menjualnya dengan banyak keuntungan.

5. Bisnis online shop reseller atau dropshipper.

Bisnis ini merupakan satu-satunya bisnis modal kecil dengan pengeluaran hampir nol rupiah atau tidak bermodal sama sekali.

Dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper dari sebuah brand, anda hanya perlu melakukan promosi produk tersebut.

Selanjutnya jika ada pelanggan yang berminat membeli produk tersebut, anda hanya perlu melakukan transaksi pada supplier tersebut dan selebihnya akan diurus oleh sang supplier.

6. Bisnis content writer.

Banyak bisnis bermunculan seiring berkembangnya dunia digital saat ini, namun hal itu tidak diimbangi dengan promosi dalam bentuk artikel.

Nah di sinilah peran dari seorang content writer untuk membantu dalam mengembangkan bisnis dengan membuat ulasan dari usaha yang dijalankan oleh kliennya.

Jasa content writer juga sering dimanfaatkan oleh blogger pemula untuk mengisi blognya dengan berbagai macam artikel.

Bisa dibilang modalnya sangat minim untuk menjadi content writer namun dengan pendapatan yang cukup tinggi yang diimbangi dengan kualitas dari tulisannya.

Masih banyak ide bisnis modal kecil yang dapat kita aplikasikan. Namun apapun bisnis nya, cobalah membuat sesuatu yang unik dan menarik karena akan memberikan nilai tambah terhadap suatu bisnis tersebut.

Nah jika anda memiliki ide bisnis dengan modal yang sangat minim mari beri masukan di komentar agar sahabat Pena Info yang lain juga ikut terinspirasi. Salam sukses.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar