Skip to main content

Labels

PENA INFO

Cara Aman Belanja Online Terkini

Halo sahabat Pena Info, apa anda suka berbelanja? Yaa berbelanja, siapa tidak suka dengan aktivitas satu ini.

Berbelanja menjadi aktivitas yang terjadi dalam keseharian manusia, sebab sangat berkaitan erat dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Biasanya berbelanja ini dilakukan dengan cara mengunjungi sebuah mall, mini market maupun pusat-pusat belanja lainnya.

Namun sekarang, belanja dapat pula dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan cara online.

Sama dengan berbelanja pada umumnya, belanja online ini tentunya juga memiliki risiko tersendiri. Sebab jika tidak cermat dalam berbelanja, maka bisa saja anda mengalami kerugian.

Pada dasarnya ketika anda memutuskan untuk berbelanja secara online, maka anda dituntut untuk cermat dalam melakukannya.

Sebab anda tidak dapat melihat secara langsung barang yang ingin anda beli tersebut, melainkan hanya melihat gambar yang ditampilkan oleh penjual.

Cara Aman Belanja Online

Banyak kasus terjadi ketika barang yang sampai ke tangan pembeli berbeda dengan barang yang ada di toko online tersebut.

Bahkan pada kasus lain barang tidak kunjung sampai, padahal uang dari barang tersebut telah dikirim.

Tentunya kasus-kasus seperti dikemukakan di atas tidak ingin terjadi pada anda kan? Sebab jika itu terjadi tentu hal terebut akan sangat menjengkelkan.

Untuk itu, agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini Pena Info akan memberikan beberapa tipsnya terkait dengan cara aman belanja online.

1. Pilih toko tepercaya.

Tips pertama bagi anda yang ingin berbelanja online adalah memilih toko online tepercaya. Mengingat saat ini telah banyak toko-toko online yang beredar, maka anda perlu cermat dalam memilih toko-toko tersebut.

Ada toko yang berdiri sendiri dengan websitenya, namun ada pula toko yang tergabung dalam satu website dengan toko-toko online lainnya.

Hal yang perlu anda lakukan adalah melihat rating dari toko tersebut. Semakin baik ratingnya, maka akan semakin baik pula kualitas dari toko tersebut.

2. Lihat respon dari pelanggannya.

Cara aman belanja online berikutnya adalah melihat respon dari pelanggan toko tersebut. Biasanya setiap toko online akan menampilkan respon dari pelanggannya atas produk yang ia jual.

Lihat, pelajari dan pertimbangkanlah respon para pelanggan tersebut, sehingga anda dapat mengetahui bagaimana kualitas dari produk itu sendiri.

3. Tanyakan keabsahan produk.

Tips selanjutnya bagi anda yang tertarik untuk bertransaksi secara online yaitu dengan menanyakan keabsahan dari produk yang ditawarkan oleh toko tersebut.

Biasanya tiap toko online akan memajang gambar dan sejumlah keterangan dari produknya.

Tanyakanlah apakah produk sesuai dengan gambar dan keterangan yang ada atau tidak. Dengan demikian anda benar-benar menerima produk yang sesuai dengan ekspektasi.

4. Pilih jasa pengiriman yang tepat.

Tips berikutnya dalam berbelanja online adalah memilih jasa pengiriman yang tepat. Pada umumnya masing-masing toko akan menawarkan beberapa jasa pengiriman kepada anda. Setiap jasa tersebut memiliki estimasi pengiriman yang berbeda.

Semakin cepat waktu pengiriman maka akan semakin mahal biaya pengirimannya. Oleh sebab itu, pilihlah jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

5. Lakukan pembayaran dengan tepat.

Tips cara aman belanja online terakhir adalah melakukan pembayaran dengan tepat. Ketika anda telah memutuskan untuk membeli produk yang dimaksud, maka tentu anda harus segera melunasi biayanya.

Oleh sebab itu, lakukanlah pembayaran sesuai dengan nominal yang telah disepakati. Selain itu perhatikan pula apakah nomor rekening yang dituju sudah terinput dengar benar atau tidak.

Sebab jika salah satu angka saja, maka dapat dipastikan anda akan mengalami kerugian.

Bagaimana sahabat Pena Info, sudah tertarik dengan berbelanja online? Setidaknya anda tetap harus waspada dan selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Nah, itulah tadi beberapa tips cara aman belanja online untuk anda ketahui. Semoga beberapa tips tadi dapat bermanfaat bagi anda.

Selamat berbelanja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar