Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Inilah Buah dan Sayur yang Membuat Awet Muda

Halo sahabat Pena Info, informasi yang akan diulas kali ini adalah mengenai makanan organik yaitu buah dan sayuran yang dapat membuat awet muda.

Semua orang pasti akan menjadi tua, namun bagi sebagian orang terutama wanita terjadinya penuaan adalah hal yang sangat dikhawatirkan.

Dikarenakan beragam masalah kecantikan akan tampak saat itu juga, seperti adanya garis halus pada wajah, kulit menjadi keriput dan yang lainnya.

Oleh sebab itu berbagai perawatan pun akan dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah yang lebih besar pada saat usia bertambah tua.

Sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan operasi plastik atau operasi kecantikan lain yang menggunakan zat kimia.

Buah dan Sayur yang Membuat Awet Muda

Tidak ada salahnya jika mencoba mengonsumsi beberapa buah dan sayuran di bawah ini secara rutin untuk memperoleh penampilan yang segar dan awet muda.

Buah dan sayur dipercaya memiliki manfaat menjadikan kita agar awet muda dan dapat membuat kesehatan kita juga tetap terjaga, sehingga tubuh kita terbebas dari berbagai penyakit.

Sejak dulu kala buah dan sayur dianggap sebagai makanan yang membuat awet muda. Alasannya, karena adanya kandungan antioksidan yang melindungi kulit.

Berikut ini adalah berbagai macam buah dan sayuran yang perlu anda konsumsi agar dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan tampak awet muda.

1. Terong

Terong sangat bagus untuk dikonsumsi, ada baiknya mengonsumsi terong beserta kulitnya juga, karena warna ungu pada terong banyak mengandung nasunin yang berguna sebagai anti penuaan.

Kandungan tersebut juga dapat memperlambat perkembangan penyakit alzheimer dengan mencegah jaringan yang merusak neuron.

2. Paprika merah

Paprika juga dapat membuat kita awet anda, dengan kandungan vitamin C pada paprika merah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan menambah sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan kuman.

Vitamin C pada paprika merah juga mampu membentuk kolagen yang dapat mencegah penuaan dini.

3. Tomat

Tomat adalah buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tomat juga punya manfaat untuk menjaga kulit supaya tetap awet. Tomat mengandung vitamin C dan lycopene.

Vitamin C dapat menghilangkan bekas noda dan jerawat sedangkan lycopene atau pigmen merah merupakan antioksidan membantu melindungi kulit dan mencerahkan kulit supaya tidak terjadi kerusakan akibat sinar matahari.

Buah tomat juga  dapat langsung dikonsumsi atau dibuat menjadi jus tomat. Tomat yang sudah dimasak terlebih dahulu kemudian dikonsumsi bersama dengan minyak zaitun akan memberikan hasil yang optimal.

4. Mentimun

Untuk membantu mengurangi mata sembap atau mata yang terlihat bengkak letakan irisan mentimun pada kelopak mata.

Selain itu dengan menambahkan mentimun segar ke dalam makanan dapat menjadikan kulit bersih, berkilau dan dapat mengurangi jerawat.

Mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, menjadikan kulit elastis dan mengurangi kerut serta awet muda.

5. Wortel

Bagus sekali jika anda dapat mengonsumsi wortel setiap hari. Wortel ini memang terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan mata.

Tidak hanya itu nyatanya kandungan vitamin dan nutrisi pada wortel juga baik untuk kesehatan kulit. Wortel juga mengandung betakaroten yang tinggi dan sangat baik untuk proses regenerasi kulit.

Betakaroten dalam wortel juga sebagai antioksidan, berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang membuat kulit semakin cepat mengalami keriput dan penuaan.

6. Lemon

Lemon yang diperas dan ditambahkan pada air minum dapat mengurangi racun dalam tubuh dan membersihkan liver.

Liver yang bersih akan mempengaruhi juga pada kulit yang cerah. Menjaga cairan tubuh adalah kunci untuk tampil awet muda.

7. Jeruk

Buah jeruk adalah satu diantara buah yang memiliki vitamin cukup banyak. Vitamin yang ada di dalam buah jeruk dapat mengencangkan dan mencerahkan kullit, mengangkat kotoran penyebab kulit asam dan mengecilkan pori-pori.

Vitamin C pada jeruk nyatanya dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulitmu akan tetap kencang. Buah jeruk juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat melindungi kulit supaya terhindar dari dampak buruk sinar ultraviolet.

8. Semangka

Semangka memang mengandung sangat banyak air dan vitamin yang dapat membuat tubuhmu merasa segar.

Tidak itu saja, semangka juga mengandung antioksidan lycopene yang akan melindungi kulit secara maksimal dari sinar UV. Buah semangka dapat sebagai tabir surya alami karena kandungan phytochemical yang tinggi.

9. Melon

Melon mempunyai efek alkali pada tubuh dan mengandung vitamin dan banyak cairan. Vitamin dan cairan tubuh yang terjaga membuat kulit tampak lebih segar.

Melon juga mengandung zat kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka, zat kolagen tersebut juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

10. Anggur

Buah anggur selain enak juga bermanfaat, dalam kulit anggur mengandung flavonoid yang dapat mencegah rusaknya sel-sel pada kulit.

Selain itu anggur juga mengandung resveratrol yang berguna untuk memperlambat penuaan sel dan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari pancaran sinar matahari.

Anggur juga dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang berperan dalam memperbaiki sel-sel kulit rusak akibat terpapar matahari.

11. Apel

Apel mengandung vitamin, mineral dan kolagen serta zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Zat tersebut antara lain serat, fitokimia, asam tartar, baron, tanin dan yang lainnya.

Apel juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Proses ini dapat mencegah gejala penuaan dini dan mengurangi kerutan.

12. Sirsak

Buah yang dapat membuat awet muda selanjutnya adalah buah sirsak. Buah sirsak mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh diantaranya mampu mencegah osteoporosis, hipertensi, asam urat dan tentunya dapat membuat awet muda.

Vitamin yang paling banyak pada buah sirsak adalah vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sirsak adalah antioksidan yang baik untuk memperlambat penuaan dini dan meningkatkan ketahanan tubuh.

13. Alpukat

Alpukat adalah buah yang banyak mengandung vitamin E, yang dapat membantu melindungi rambut dan kulit tetap bersinar.

Alpukat juga banyak mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah serta dapat mencegah retensi cairan dalam tubuh.

Alpukat juga banyak memiliki kandungan lemak, tapi jangan salah lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh alias lemak baik yang dapat melindungi kelembaban kulit agar tidak mudah keriput dan tetap segar serta berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

14. Kiwi

Mengonsumsi buah kiwi dapat menjadikan kulit lebih segar dan bersinar, dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata dan mengurangi kerutan pada wajah.

Buah ini juga biasanya digunakan sebagai masker. Buah kiwi mengandung antioksidan dan vitamin E lebih banyak dibanding dengan alpukat.

15. Berbagai macam beri

Buah yang dapat membuat awet muda selanjutnya adalah buah beri. Nah buah beri ini kaya antioksidan yang efektif untuk anti penuaan.

Buah beri juga memiliki tingkat antosianin sangat tinggi. Buah beri adalah sumber vitamin C untuk memproduksi kolagen.

Mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengahambat tumbuhnya sel kanker dan menghambat penuaan dini.

16. Bengkuang

Sebenarnya bengkuang termasuk dalam golongan umbi-umbian. Walaupun warnanya tidak mencolok, bengkuang mengandung phytochemical dan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C merupakan pembentuk kolagen. Oleh karena itu itu banyak wanita yang menggunakan bengkuang sebagai masker atau lulur melembabkan kulit, memutihkan dan mencerahkan kulit.

Nah itulah tadi ulasan tentang buah dan sayur yang dapat membuat kita awet muda. Kita semua tahu kalau kulit yang kering akan semakin beresiko mengalami kerusakan dan penuaan dini.

Selain untuk mencerahkan dan melembabkan, buah dan sayuran juga memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.

Ingat, mengkonsumsi buah dan sayuran memang sangat baik untuk kesehatan. Namun harus diimbangi juga dengan berolahraga dan menerapkan pola hidup yang sehat seperti tidak merokok.

Bagaimana sahabat Pena Info? Sudah tahu buah dan sayur yang membuat kita awet muda kan. Maka dari itu biasakanlah untuk mengonsumsi buah dan sayur tersebut agar kulit anda tetap awet muda dan segar.

Salam sehat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar