Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

Ayo Kunjungi Pantai Pandawa, Indahnya Panorama Alam dan Berbagai Daya Tariknya

Halo sahabat Pena Info, kalau berbicara tentang pantai di Bali pasti yang terpikirkan pertama kali adalah Pantai Kuta.

Namun sebenarnya masih banyak pantai di Bali yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Kuta.

Kali ini Pena Info akan memberikan informasi mengenai wisata Pantai Pandawa yang ada di Badung, Bali. Apakah anda sudah pernah berkunjung ke Pantai Pandawa?

Kalau belum, ayo berkunjung ke Pantai Pandawa yang sedang populer, anda boleh menambahkan rencana liburan anda kesini.

Pantai Pandawa adalah satu diantara pantai yang populer di Bali yang wajib dikunjungi.

Pantai ini diberi nama Pandawa karena masyarakat yang ada di sini dengan beberapa seniman mengukir tokoh-tokoh yang terinspirasi dari cerita Mahabharata yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Patung ini diukir pada salah satu tebing yang sangat besar. Ada dua tebing yang menjadi ciri khas pantai ini.

Sebelum terkenal seperti saat ini, Pantai Pandawa adalah pantai yang begitu alami tapi tersembunyi. Wisatawan yang datang ke pantai ini pada umumnya hanya tahu dari mulut ke mulut. Apalagi akses masuk ke pantai ini terbilang sulit.

Sebelumnya Pantai Pandawa ini bernama Pantai Kutuh karena berlokasi di Desa Kutuh dan ada juga yang menyebutnya Pantai Melasti, karena pantai ini adalah tempat diadakannya upacara Melasti yang merupakan bagian dari upacara hari raya Nyepi bagi umat Hindu.

Melasti adalah upacara penyucian diri secara lahir batin dan prosesi ini biasanya dilaksanakan tiga atau empat hari sebelum hari Nyepi.

Pada tanggal 27-31 Desember 2012 diadakanlah “Pandawa Beach Festival” untuk pertama kalinya dan saat itu juga pantai ini resmi bernama Pantai Pandawa, festival tersebut menampilkan pentas seni budaya, kegiatan olahraga dan berbagai lomba lainnya.

Ini adalah suatu promosi pariwisata yang dilakukan warga setempat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa.

Pemerintah juga membuatkan akses jalan yang baik agar orang bisa dengan mudah datang ke pantai ini.

Akses Pantai Pandawa

Mungkin banyak yang bertanya, Pantai Pandawa itu di mana? Baiklah sahabat Pena Info, Pantai Pandawa berlokasi di kawasan wisata Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Pantai Pandawa sekitar 18 km dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu tempuh sekitar 40 menit kalau tidak macet dan bisa lebih dari 1 jam kalau macet.

Jalan menuju pantai sudah di aspal, tempat parkir juga tersedia cukup luas. Saat sampai di pantainya anda akan menemukan ketenangan dan kesejukan pantai Bali yang masih alami.

Daya Tarik Wisata (DTW) dan Fasilitas di Pantai Pandawa

Saat masuk lokasi Pantai Pandawa, anda akan terpesona dengan panorama indah di depan anda. Pantai Pandawa nan eksotis, dikelilingi batu karang yang menjulang tinggi di bukit Pecatu.

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan saat berwisata ke Pantai Pandawa ini. Pertama yaa sudah pasti pengalaman menarik saat menyusuri tebing sepanjang jalan menuju pantai ini.

Selanjutnya berhenti dan berfoto dengan patung Pandawa. Indahnya panorama alam Pantai Pandawa juga dapat dilihat dari tebing di atas bukit.

Anda juga dapat berfoto selfie dengan latar belakang panorama Pantai Pandawa yang memukau. Pasir di pantai ini sangat putih dan bersih yang dipadukan dengan latar belakang laut.

Pantai yang indah dan bersih dengan suasana yang masih sepi dan tenang.

Tak ada sampah dan kalau ada mungkin cuma sisa-sisa rumput laut yang dibawa oleh gelombang. Pantai ini pas sekali untuk berenang karena gelombang dan arusnya tidak terlalu kuat.

Beragam aktivitas dapat dilakukan di pantai ini misalnya bermain pasir atau berjemur, bermain kano dan aktivitas olahraga air lainnya.

Anda juga bisa melihat pemandangan matahari terbit yang mengagumkan di pantai ini. Selain itu, anda dapat melihat aktivitas para petani rumput laut di sepanjang pantai, dikarenakan kontur yang dangkal dan gelombang pendek.

Pantai Pandawa sangat cocok untuk budidaya rumput laut. Tidak heran bila banyak warga di sini memilih untuk menjadi petani rumput laut.

Potensinya harus dimanfaatkan karena dapat diolah menjadi lebih dari 500 produk, termasuk makanan, kosmetik dan obat-obatan, apalagi Indonesia menguasai pasokan rumput laut kering dunia.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah juga menyatakan kawasan ini sebagai daerah tujuan ekowisata di Bali.

Beberapa fasilitas umum yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Pandawa antara lain, terdapat kios makanan dan minuman di sekitar pantai, penjual oleh-oleh khas Bali, area parkir, toilet, kamar ganti dan shower.

Berapa biaya yang diperlukan?

Baik dimulai dengan biaya tiket masuk, hampir semua tempat wisata di Bali pasti dikenakan biaya tiket masuk. Per tanggal 1 Januari 2017, harga tiket masuk pantai Pandawa yaitu Domestik (Rp 8.000 / orang). Parkir mobil (Rp 5.000 / 1 mobil). Parkir motor (Rp 2.000 / 1 motor). Biaya mungkin akan berubah swaktu-waktu.

Di pantai ini juga banyak warung makan yang menjual mie goreng, nasi goreng dan tentunya ada hidangan laut dengan harga yang terjangkau.

Untuk penyewaan kano akan dikenakan biaya antara lain: Single Kano Domestik (Rp 25.000 / 1 orang, durasi 1 jam). Double Kano Domestik (Rp 50.000 / 2 orang, durasi 1 jam).

Jika anda tidak ingin menyewa kano tapi ingin menyewa life jacket atau jaket pelampung, biaya sewanya Rp 20.000 / 1 jam. Untuk penyewaan sun deck + payung, biaya sewanya Rp 50.000.

Biaya juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Pantai Pandawa pada awalnya belum terpublikasi dengan baik, dikarenakan untuk menuju pantai ini sangat sulit ditempuh kendaraan.

Terlebih lagi letaknya agak tersembunyi di balik perbukitan, sehingga orang juga akan kesulitan menemukan pantai ini.

Tapi, dengan kesadaran akan potensi yang dimiliki Pantai Pandawa, Pemerintah Daerah bersama masyarakat mulai membenahi segala aspek.

Bagi wisatawan domestik sebenarnya nama Pantai Pandawa ini mulai dikenal karena FTV yang membuat film di pantai ini dan setiap orang yang menonton film yang berlatar Pantai Pandawa pasti ingin pergi untuk melihat pantai ini ketika liburan di Bali.

Bagaimana sahabat Pena Info? Apakah anda tertarik untuk memasukkan Pantai Pandawa ke dalam rencana liburan anda?

Tentu saja, Pantai Pandawa yang eksotis dengan segala daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan akan memberikan anda pengalaman yang menyenangkan.

*UPDATE*
Pantai Pandawa menjadi tempat istimewa dalam peringatan HUT Republik Indonesia ke-72, dimana jajaran Kepolisian Daerah Bali beserta masyarakat melaksanakan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan pemasangan bendera Merah Putih terpanjang yang dipasang di tebing.

Panjang bendera Merah Putih tersebut adalah 400 meter dan lebarnya adalah 4 meter. Adapun pemanjat tebing berasal dari Brimob Polda Bali, Basarnas dan BPBD Bali serta Mahasiswa Pecinta Alam. Total pemanjat tebing itu juga berjumlah 72 sesuai dengan perayaan HUT RI ke-72.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar