Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

10 Aplikasi Android Membantu Pembelajaran Siswa

Halo sahabat Pena Info, apakah anda pernah merasa kesulitan dalam belajar? Pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses pemahaman terhadap suatu pokok bahasan atau materi.
Saat ini pembelajaran juga ikut dipengaruhi dengan perkembangan teknologi. Misalnya pembelajaran yang menggunakan aplikasi berbasis Android.

Android kini memang telah menjadi kebutuhan tambahan bagi manusia. Perangkat teknologi ini berhasil membuat manusia melakukan sesuatu dengan lebih mudah, terlebih lagi jika hal itu berkaitan dengan dunia internet.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia menggunakan android tersebut adalah aktivitas belajar.

Biasanya belajar dilakukan dengan menggunakan buku sebagai acuan dan bertemu dengan seorang guru.

Namun, sekarang belajar dapat pula dilakukan dengan hanya menjalankan sebuah aplikasi tertentu.

Hal ini muncul lantaran telah banyak anak usia sekolah (siswa) yang begitu akrab dengan android.

Sehingga metode belajar menggunakan aplikasi android dapat menjadi salah satu dampak positif dari pemakaian perangkat android itu sendiri.

Lalu apa saja aplikasi android membantu pembelajaran siswa?

Berikut ini Pena Info akan memberikan beberapa daftar aplikasi android yang dapat membantumu belajar anda menjadi lebih mudah.

Aplikasi Android Membantu Pembelajaran Siswa

Aplikasi android untuk belajar ini telah banyak diluncurkan oleh berbagai pengembang. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Di antara sekian banyak aplikasi tersebut, berikut 10 aplikasi android membantu pembelajaran siswa yang dapat anda coba.

1. Brainly

Aplikasi belajar satu ini termasuk jenis aplikasi yang ramai digunakan. Brainly dapat digunakan oleh siswa untuk mencari tahu atas suatu hal yang tidak dipahaminya.

Caranya mereka harus menanyakan hal tersebut dalam bentuk tulisan dalam aplikasi Brainly.

Maka akan ada jawaban dari berbagai user yang juga menggunakan aplikasi ini. Selain itu, siswa juga dapat melihat berbagai ulasan materi dari beberapa jenis mata pelajaran yang tersedia pada tombol menu.

2. Ruang Guru

Aplikasi Ruang Guru merupakan salah satu aplikasi android yang dihasilkan oleh anak bangsa Indonesia. Aplikasi dapat digunakan oleh semua siswa, mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA.

Aplikasi memungkinkan membuat siswa untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumah menjadi lebih mudah.

Siswa dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui fitur chatting maupun fitur video call, sehingga siswa dapat langsung memahami hal tersebut dengan lebih baik.

3. Bahasa Inggris Oke

Aplikasi android membantu pembelajaran siswa berikutnya dikenal dengan nama Bahasa Inggris Oke. Sesuai dengan namanya, maka aplikasi satu ini adalah aplikasi untuk belajar bahasa inggris.

Bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris, maka aplikasi ini akan membantu anda. Pada aplikasi ini terdapat berbagai macam materi yang akan menambah skill berbahasa inggris anda.

4. Biologi SMA

Biologi SMA juga termasuk salah satu jenis aplikasi karya anak bangsa. Jika dilihat dari namanya, maka aplikasi diperuntukkan bagi siswa SMA atau sekolah sederajat lainnya.

Aplikasi ini hanya fokus membahas materi tentang Biologi yang dibagi ke dalam beberapa bab pembahasan.

Selanjutnya susunan materi juga telah disesuaikan dengan jenjang kelas yang ada di SMA, sehingga aplikasi akan dapat membantu siswa memahami berbagai materi Biologi.

5. Science Challenge

Aplikasi android membantu pembelajaran yang dapat anda coba adalah Science Challenge. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan sebuah wadah bagi siswa untuk mengevaluasi pemahamannya terhadap pelajaran sains.

Aplikasi ini menyajikan berbagai macam pertanyaan dalam bentuk quiz dan siswa akan belajar dengan cara menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan demikian siswa dapat mengetahui batasan wawasan yang dimilikinya berdasarkan kemampuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

6. CamScanner

Aplikasi ini akan membuatmu lebih mudah dalam menyimpan file, karena keterbatasan waktu saat membaca buku di perpus, anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memfoto kemudian memindai dan mengubahnya dalam dalam bentuk teks.

7. Mathematics Mentor

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat membantumu dalam persoalan matematika. Sobat akan mendapat penjelasan mengenai matematika seperti aljabar, geometri, trigonometri dan lain-lain.

8. Periodic Table

Selain matematika, kimia juga merupakan pelajaran yang dirasa cukup susah namun juga menyenangkan. Aplikasi ini membantu sobat dalam mengetahui susunan-susunan unsur kimia.

9. Google Terjemahan

Siapa yang tidak mengenal google? Yaa aplikasi buatan google ini mampu menerjemahkan banyak bahasa.

Di beberapa sekolah, mungkin menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris seperti bahasa Jepang, Jerman, Belanda, Spanyol, Arab dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi ini pasti akan sangat membantu

10. Photo Math

Aplikasi ini akan memudahkan dalam menjawab soal matematika. Sobat hanya perlu memfoto soal matematika, kemudian aplikasi ini akan bekerja otomatis untuk mencarikan jawabannya.

Nah itulah tadi beberapa aplikasi android membantu pembelajaran yang dapat anda coba. Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih ada beberapa aplikasi lainnya.

Anda dapat mencarinya di playstore pada perangkat android anda. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar