Skip to main content

Labels

PENA INFO

5 Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Halo sahabat Pena Info, apakah saat ini anda sedang kuliah? Ataukah sudah bekerja? Atau mungkin keduanya?

Benar sekali, kuliah sambil mengerjakan tugas-tugas di kantor adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, dimana banyak tugas harus segera anda kerjakan dan selesaikan.

Membagi kemampuan otak dengan tugas kampus dan tugas kantor dapat membuat seseorang kewalahan.

Tidak heran, jika beberapa mahasiswa pada akhirnya mesti memilih apakah akan melanjutkan kuliah atau berhenti kuliah.

Sebagian dari anda yang menjalani aktivitas kuliah sambil bekerja tentu memiliki alasan tersendiri. Mungkin alasan terbesarnya adalah karena tuntutan dan tujuan hidup sehingga anda mesti bertahan dan menjalankannya.

Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Tidak ada yang tidak mungkin jika anda memang berniat melakukannya. Ada tips untuk menjalankan aktivitas ini agar keduanya dapat menguntungkan. Yang paling penting, keduanya dapat berjalan beriringan.

Anda tetap bisa sukses menjalani pekerjaan hingga meraih gelar dari kampus. Semua bisa dijalankan, asalkan anda disiplin dan pintar mengaturnya.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini Pena Info akan memberikan tips bagi anda yang ingin kuliah sambil kerja biar keduanya bisa berjalan lancar.

1. Terapkan prioritas.

Anda perlu membuat skala prioritas yang bisa menjadi acuan dalam menjalankan karir dan kuliah anda.

Apakah anda mengedepankan pekerjaan terlebih dahulu atau kuliah? Semua memiliki kondisi berbeda sehingga prioritas pun juga akan berbeda.

Namun, biasanya untuk anda yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja.

Sementara untuk anda yang kuliah dengan jam reguler, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya disesuaikan dengan jadwal kuliah anda agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

Orang yang sukses sangat memahami kegiatan yang dijalani, bagaimana memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien dalam menghadapi situasi yang ada. Ingat, konsisten lah pada daftar prioritas yang sudah anda buat.

2. Tetap fokus, jangan mengeluh dan belajarlah mengatur waktu.

Pada saat anda telah memutuskan untuk menjalankan kegiatan kuliah sambil bekerja (bukan bekerja sambil kuliah), pastikan anda memiliki pengaturan atau manajemen waktu yang baik.

Perlu diketahui, menjalankan keduanya (kuliah dan bekerja) secara bersamaan tidaklah mudah, tapi juga tidak sesulit yang anda bayangkan jika anda menerapkan manajemen waktu yang baik.

Kesibukan kerja dan menumpukknya tugas kuliah memang kadang dapat membuat anda merasa sangat lelah.

Dibandingkan dengan teman yang seumuran dengan anda, tentu anda punya tanggung jawab yang cukup besar.

Pastikan juga anda tidak memikirkan tugas kuliah saat berada di kantor, ataupun memikirkan tugas kantor saat anda sedang kuliah. Ingat fokus lah pada apa yang ada di depan anda.

Jangan mengeluh, ambil hikmahnya saja dari aktivitas kuliah dan kerja yang harus anda lakukan.

Ketika anda sudah mulai menjalankan karir di usia 19 tahun atau 20 tahun dan teman-teman anda baru bisa memulainya di usia 25 tahun, berarti anda memiliki waktu untuk mempersiapkan diri mencapai kesuksesan yaitu 5 tahun lebih lama.

Seberat apa pun kegiatan yang harus anda selesaikan saat ini, tentu saja akan bermanfaat untuk masa depan anda suatu saat nanti.

Cukup diawali dengan langkah yang sederhana saja, yaitu membuat jadwal kuliah dan pekerjaan anda supaya tidak berbenturan satu sama lain.

Jangan lupa untuk selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor dan sisihkan waktu lebih dalam sehari untuk mengurus tugas-tugas yang diberikan di kampus.

3. Pastikan pimpinan dan rekan kerja anda tahu jika anda kuliah.

Ketika anda bekerja sambil kuliah pastikan pihak kantor mengetahui hal tersebut. Komunikasi yang baik dengan pimpinan dan rekan di tempat kerja anda sangat penting untuk dijaga.

Mereka harus tahu bahwa anda kuliah sambil bekerja, sehingga memerlukan waktu agar dapat menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Buatlah semuanya secara transparan. Mengapa harus demikian? Karena apabila ada urusan di kampus yang penting seperti UTS, UAS atau bahkan sidang skripsi sekalipun anda akan mendapatkan dispensasi dari kantor.

Walau anda bekerja, pastikan nilai anda di kampus tidak bermasalah. Ikutilah semua kuis dan kumpulkan tugas-tugas yang diberikan.

Kalau bisa jangan terlambat atau tidak datang untuk ikut ujian. Anda tak perlu bolos kerja sampai mengurangi gaji, karena sejak awal anda sudah punya perjanjian terlebih dahulu.

Bicarakan mengenai waktu kuliah yang wajib anda ikuti. Pimpinan anda tahu benar jika anak buahnya masih kuliah, di satu sisi anda juga harus menyadari tanggung jawab anda di dua tempat.

4. Terapkan pengalaman kerja dalam berbagai tugas kuliah dan manfaatkan pekerjaan yang anda miliki untuk membangun koneksi.

Keunggulan dari mereka yang kuliah sambil bekerja yaitu mereka akan memiliki jejaring profesional yang tidak dimiliki oleh mahasiswa kebanyakan.

Dalam pekerjaan anda akan bertemu dengan orang-orang ahli di bidangnya masing-masing, tidak jarang pekerjaan anda juga memungkinkan anda membangun hubungan personal dengan mereka.

Kesempatan ini tidak dimiliki oleh semua orang, sehingga harus anda manfaatkan sebaik mungkin. Anda tidak pernah tahu kapan anda akan memerlukan bantuan dari mereka untuk peningkatan karir anda di masa yang akan datang.

5. Jaga dan evaluasi performa anda.

Menjaga performa di kantor merupakan kewajiban ketika anda melakukan aktivitas bekerja dan kuliah secara bersamaan. Tidak hanya nilai anda yang harus bagus, performa di kantor juga harus bagus.

Saat tugas menumpuk jangan begadang hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas. Jangan juga minum kopi terlalu banyak. Kopi bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan.

Saat jadwal kian padat, pastikan anda tetap tidur teratur. Kurang tidur akan membuat pekerjaan lebih susah untuk dikerjakan karena kesehatan terganggu apalagi dapat meningkatkan stres.

Kerjakan dengan tepat waktu, kalau bisa tidak perlu lembur karena itu menandakan ketidakefektifan anda dalam bekerja.

Selain itu, kalau performa anda merosot maka anda berpotensi akan kehilangan pekerjaan.

Buatlah analisa sederhana terhadap kinerja yang sudah anda lakukan selama ini.

Apakah anda sudah bisa menyelesaikan tugas dengan seimbang antara kuliah dan pekerjaan?

Apakah semua target yang anda rencanakan sudah tercapai?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, kemudian lihat apa yang bisa anda lakukan untuk mengubah keadaan.

Menjalani aktivitas kuliah sambil bekerja itu memang tidak mudah. Perlu kerja keras dan kemampuan membagi waktu yang baik agar hidup anda bisa seimbang serta diperlukan konsistensi.

Semoga dengan 5 tips yang Pena Info berikan tersebut, dapat bermanfaat bagi anda dan dapat membuat hidup anda bisa lebih terasa ringan yaa.

Semoga sukses.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar