Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

12 Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan

Halo sahabat Pena Info, apakah anda suka membaca buku?  Buku apapun itu, dengan membaca buku secara rutin apalagi sudah menjadi hobi itu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Banyak penerbit buku berlomba-lomba membuat bacaan yang berkualitas, sehingga pembaca tidak akan bosan ketika membacanya.

Bacaan yang baik tentu akan memberikan manfaat bagi pembacanya, diamana pembaca harus menganalisa terlebih dahulu isi atau pesan dari bacaan tersebut.

Manfaat Membaca Buku

Tua ataupun muda setidaknya tetaplah membaca apapun itu medianya, karena dengan membaca kita akan memperoleh beragam manfaatnya.

Jadi, manfaat apa saja yang didapat ketika membaca? Berikut ini Pena Info akan memberikan ulasan mengenai manfaat dari membaca buku.

1. Menurunkan tingkat stres. 

Salah satu penyebab munculnya penyakit yang beresiko adalah padatnya aktivitas sehari-hari apalagi ditambah dengan banyaknya masalah dalam hidup yang dapat meningkatkan stres pada setiap orang.

Hal seperti ini akan berdampak pada kondisi tubuh kita. Beristirahat sejenak sambil membaca buku akan dapat membuat anda menjadi lebih tenang.

Membaca selama beberapa menit dapat membantu anda mencegah berkembangnya hormon stres itu sendiri dan dapat menurunkan tekanan darah.

Jika anda membaca buku pada saat menjelang tidur, terlebih lagi novel atau cerita fiksi lainnya, akan dapat menenangkan pikiran anda.

Membaca buku di saat sepi dan sendiri juga merupakan relaksasi yang baik untuk kesehatan.

2. Melatih otak agar tetap aktif. 

Membaca buku secara rutin dapat dikatakan jika anda sudah melakukan olahraga untuk otak dan pikiran anda. Membaca bisa membuat otak dan pikiran anda selalu berfungsi.

Otak akan dituntut untuk berpikir lebih ketika membaca oleh sebab itu membaca dapat membuat seseorang semakin cerdas, dengan catatan secara rutin dan berkelanjutan.

Kegiatan yang menyertakan latihan otak dapat membuat struktur atau jaringan pada otak terus berfungsi dengan baik, terlepas dari berbagai hal yang berhubungan dengan usia.

Hobi membaca buku sejak usia dini akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan otak nantinya di usia tua.

3. Mencegah risiko penyakit alzheimer. 

Penyakit alzheimer adalah penyakit dimana seseorang mudah lupa hal ini berkaitan dengan usia yang terus bertambah.

Membaca buku dengan rutin setiap harinya dapat meningkatkan kekuatan organ otak dari beragam penyakit otak.

Membaca dapat meningkatkan daya ingat karena dengan membaca maka sel-sel dalam otak dapat terus tumbuh dan terhubung.

Seperti pada bagian atau organ tubuh lainnya, otak juga perlu dilatih misalnya dengan membaca buku atau menjawab teka-teki supaya tetap dalam kondisi yang sehat.

4. Mengatasi insomnia. 

Bagi anda yang sering mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur pada malam hari, cobalah untuk membaca buku atau sesuatu untuk dibaca.

Insomnia banyak dialami oleh mereka yang memiliki berbagai masalah atau sedang mengalami depresi dan stres.

Membiasakan diri untuk membaca buku dapat membuat pikiran kita menjadi tenang, di samping itu membaca buku juga sebagai pertanda untuk otak dan tubuh agar segera beristirahat.

Jika sudah terbiasa seperti itu membaca buku merupakan tanda waktunya untuk tidur atau beristirahat. Hal seperti ini membuat anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

5. Meningkatkan konsentrasi.

Anda yang suka membaca biasanya dapat lebih berkonsentrasi dan fokus. Karena pada saat membaca otak akan dilatih untuk konsentrasi dan fokus pada tulisan-tulisan dan peristiwa yang terjadi di dalam bacaan tersebut.

Saat kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus secara terus menerus dilatih, maka ini sangat bermanfaat dalam rutinitas sehari-hari.

Orang yang suka membaca buku cenderung lebih teratur dan lebih teliti dalam menghadapi aktivitas keseharian mereka.

6. Menambah wawasan dan kosakata.

Orang yang suka membaca akan terus mengisi otak mereka dengan pengetahuan dan informasi baru, dimana hal itu mungkin akan berguna suatu hari nanti.

Semakin banyak kita memperoleh ilmu pengetahuan atau informasi yang positif, maka kita akan semakin siap dalam menghadapi tantangan hidup.

Ilmu pengetahuan tidak akan hilang dan akan terus berkembang, sehingga hal yang kita baca akan membuka jalan pikiran kita.

Semakin sering kita membaca buku, maka kita akan mendapatkan pengetahuan atau informasi yang belum kita ketahui.

Kita juga dapat menambah kosakata yang dapat kita gunakan dalam hal penyampaian pendapat atau saat berbicara dengan orang lain.

7. Melatih dalam penulisan yang baik.

Bagi anda yang suka membuat karya tulis atau pun sedang menyusun tugas akhir, pastinya akan terbantu dalam hal ini.

Dengan sering membaca anda dapat menambah kosakata atau menambah pilihan bahasa yang baik yang akan anda gunakan dalam menulis tentunya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

8. Meningkatkan daya ingat.

Rutin membaca buku dapat meningkatkan kualitas otak kita dalam mengingat. Memori atau ingatan akan membatu menyambungkan jaringan saraf pada otak.

Kita akan terhindar dari masalah kepikunan jika kita memiliki kebiasaan dalam membaca buku. Di samping itu juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang lebih baik.

9. Melatih ketrampilan untuk berpikir dan menganalisa dengan baik.

Kebiasaan membaca buku juga dapat melatih otak kita untuk dapat berpikir kritis dan lebih kreatif serta dapat menganalisa dengan baik. Sesuatu yang kita baca melatih kita dalam menyelesaikan masalah.

Dengan memiliki kemampuan menganalisa yang baik, maka kita dapat membedakan informasi yang benar dan yang tidak benar, mana informasi yang asli dan bohong.

Hal ini dapat mengembangkan karakter kita menjadi lebih baik lagi dan berguna dalam mengambil suatu keputusan nantinya.

10. Dapat meningkatkan hubungan sosial.

Apakah kehidupan atau hubungan sosial kita dipengaruhi oleh kegemaran membaca? Ya, benar dengan membaca kita dapat mengetahui aspek sosial dalam kehidupan manusia.

Misalkan kita ingin berkunjung ke suatu negara atau ke suatu tempat, maka kita wajib membaca dan mengetahui berbagai macam kehidupan sosial, karakteristik dan budaya masyarakat, sehingga kita bisa menghormatinya.

Selain itu juga dapat memahami perasaan orang lain, sehingga kita memiliki kualitas hubungan yang baik.

11. Dapat memotivasi seseorang.

Buku yang bertemakan motivasi tentunya akan membuat kita juga lebih termotivasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Ketika membaca buku kita dapat termotivasi dalam mengatasi berbagai masalah dalam hidup. Selanjutnya kita akan lebih termotivasi dalam mengambil keputusan untuk tujuan hidup kita.

12. Dapat membantu terkoneksi dengan dunia luar.

Pada saat anda membaca, anda akan mengidentifikasi berbagai hal dalam bacaan tersebut mulai dari karakter, waktu, tempat, bahasa dan lain sebagainya. Oleh sebab itu otomatis anda akan terkoneksi dengan dunia luar.

Kebanyakan orang menganggap kalau membaca buku justru membuat otak terus dan terus bekerja sehingga menimbulkan stres.

Anggapan tersebut salah, jika kita sudah mengetahui manfaat dari membaca seperti yang sudah diulas di atas.

Nah itulah manfaat dari membaca buku. Tapi sebenarnya tidak hanya dengan membaca buku.

Apapun medianya selain buku, baik itu membaca dari koran, smartphone atau dengan membaca artikel yang ada di blog ini, anda akan semakin melatih otak anda untuk terus berkembang dan itu juga akan bermanfaat bagi kesehatan anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar