Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

10 Manfaat Kuliah Sambil Berorganisasi

Halo sahabat Pena Info, apakah saat ini anda berstatus mahasiswa? atau akan menjadi mahasiswa? Apakah tujuan anda masuk perguruan tinggi?

Mungkin sebagian besar menjawab, apalagi kalau bukan menimba ilmu setinggi-tingginya dan meraih IPK yang bagus serta lulus tepat pada waktunya.

Benar sekali itu memang menjadi alasan utama kenapa kita memutuskan untuk kuliah di perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri.

Beruntung bagi anda dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kuliah di perguruan tinggi yang anda inginkan.

Tapi apakah kesempatan untuk kuliah hanya anda gunakan hanya untuk duduk manis di bangku kuliah dan mendengarkan dosen?

Rugi, sangat rugi rasanya anda kalau kuliah hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring).

Seharusnya anda mendapatkan lebih dari itu, yaa betul sekali dengan mengikuti organisasi-organisasi di kampus anda dapat mengembangkan potensi diri.

Kapan lagi kalau bukan di bangku kuliah anda mendapatkan berbagai keuntungan dengan ikut organisasi.

Namun ada lagi pertanyaan seperti ini, apakah ikut organisasi akan menyita waktu kuliah kita?

Jawabannya tergantung, yaa tergantung dari berapa matakuliah yang diambil dan berapa organisasi yang diikuti. Di sini anda akan belajar mengelola waktu.

Bagi anda yang baru menjadi mahasiswa mungkin akan cenderung berpikir panjang untuk mengambil keputusan ikut organisasi.

Sebaiknya anda mencari informasi dulu di kakak tingkat atau angkatan sebelumnya. Bagi anda yang memang dari SMA sudah ikut organisasi, setelah menjadi mahasiswa pasti akan terjun langsung dalam organisasi.

Ada pertanyaan seperti ini lagi, lebih penting mana fokus kuliah atau ikut organisasi? Jawabannya tergantung, lagi-lagi tergantung keputusan anda dan tujuan anda.

Manfaat Kuliah Sambil Berorganisasi

Sebenarnya akan lebih bagus dan seimbang jika kuliah sambil berorganisasi, karena beberapa perguruan tinggi mengharuskan mahasiswa nya untuk mengumpulkan poin dari ikut kepanitiaan atau organisasi.

Penting bagi anda ikut dalam organisasi. Kenapa? Karena akan berdampak pada pengalaman dan karir anda.

Ikut organisasi akan memberikan anda berbagai keuntungan dan manfaat. Berikut ini Pena Info akan memberikan 10 alasan mengapa anda harus kuliah sambil berorganisasi.

1. Anda akan belajar lebih banyak tentang diri anda sendiri.

Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan menyajikan banyak kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang diri anda, tujuan dan kekuatan anda.

Anda dapat belajar dari mahasiswa lain bagaimana menangani situasi tertentu dan menguji pengetahuan anda.

Anda juga dapat mengetahui apa yang anda kuasai, apakah itu multitasking, menghasilkan ide-ide, atau melayani orang lain.

Hal ini akan bermanfaat dalam karir ataupun bisnis masa depan anda nantinya.

2. Anda dapat mengembangkan soft skill.

Soft skill pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang hanya saja belum dikembangkan seperti komunikasi, sikap dan etos kerja.

Berpartisipasi dalam sebuah organisasi mahasiswa tidak hanya mengajarkan anda keterampilan ini, tetapi juga membantu anda memperluas dan meningkatkan soft skill yang anda sudah miliki.

Anda akan belajar cara terbaik untuk berkomunikasi dengan baik individu dan kelompok besar. Anda akan belajar mengelola kecerdasan emosional.

3. Anda akan belajar bagaimana bekerja dengan tim.

Berada di organisasi kemahasiswaan mengajarkan anda bagaimana melakukan ini dengan menempatkan anda dalam situasi di mana anda diminta untuk mengambil saran dari orang lain, serta memberikan saran anda sendiri.

Ini juga bermanfaat jika anda ingin memulai bisnis dengan beberapa tim dengan berbagai karakteristik.

Mengetahui bagaimana cara bekerja dengan tim merupakan keterampilan penting untuk karir apapun.

4. Anda akan mendapatkan jaringan.

Manfaat besar lainnya dari ikut organisasi mahasiswa  adalah anda akan mendapatkan jaringan.

Jaringan di sini maksudnya adalah pertemuan dengan mahasiswa baru, ketika anda bertemu dengan orang lain secara otomatis anda akan membuat koneksi dan membangun hubungan yang baik.

Semua akan sangat bermanfaat ketika anda sedang mencari pekerjaan atau ingin memulai bisnis bersama karena anda pernah menjadi bagian dari organisasi yang sama, setidaknya anda tahu beberapa orang yang anda temui memiliki minat yang sama sehingga koneksi mereka akan sangat berharga.

5. Anda akan mendapatkan pengalaman praktis dalam lingkungan tertentu.

Berpartisipasi dalam organisasi mahasiswa yang berbasis di sekitar daerah tertentu akan memberikan pengalaman praktis.

Anda akan belajar untuk menggunakan keterampilan seperti manajemen proyek, perencanaan acara, dan penggalangan dana maupun pengelolaan anggaran.

Pengalaman ini sangat berguna agar nantinya jika anda menggeluti pekerjaan atau bisnis dengan kondisi dan situasi yang mirip, anda tidak akan membuat kesalahan yang sama saat anda menggunakan ketrampilan tersebut.

6. Anda dapat menerapkan pelajaran atau teori yang telah anda pelajari di kelas.

Apapun jurusan yang anda ambil dan apapun bidang yang anda tekuni, anda dapat menerapkan teori yang anda pelajari di kelas ke dalam organisasi kemahasiswaan.

Anda juga dapat mengembangkan keterampilan yang nantinya akan membantu anda menjadi lebih efektif dalam mengerjakan tugas-tugas di kelas.

Intinya apapun yang anda pelajari di kelas dapat anda terapkan dalam organisasi mahasiswa ini begitu pula sebaliknya.

7. Anda akan mendapatkan keterampilan kepemimpinan.

Menjadi pemimpin atau pejabat dalam suatu organisasi akan membantu anda mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang akan sangat berharga dalam semua bidang kehidupan.

Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara di depan umum, ini adalah salah satu dari dua manfaat terbesar organisasi mahasiswa.

Dua manfaat terbesar tersebut adalah dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan memperluas jaringan anda.

Memegang posisi pimpinan dalam organisasi mahasiswa mengharuskan anda untuk bekerja dengan tim, memecahkan masalah dengan efektif dan efisien, merencanakan segala sesuatunya dan juga berinteraksi dengan dosen, karyawan, dan alumni.

8. Anda dapat memperluas resume atau curriculum vitae.

Memiliki pengalaman dalam kegiatan organisasi akan terlihat baik pada resume yang anda miliki.

Saat anda melamar pekerjaan anda dapat menunjukkan bahwa anda pernah berpartisipasi dalam organisasi terlebih lagi memimpin suatu organisasi mahasiswa, ini membuktikan bahwa anda adalah seorang pekerja keras dan dapat menangani beberapa tanggung jawab.

9. Anda akan berguna bagi masyarakat.

Banyak organisasi mahasiswa yang memberikan manfaat kepada masyarakat, baik melalui tindakan pelayanan, mensponsori acara, kegiatan amal atau yang lainnya.

Tidak hanya baik bagi masyarakat, tetapi juga memberikan manfaat bagi diri sendiri.

Anda dapat ikut berbagai kegiatan seperti pengabdian kepada masyarakat dan dapat juga bersenang-senang sambil membangun banyak koneksi. Hal ini juga menambah nilai untuk pengalaman belajar.

10. Bonus! Jika beruntung anda akan mendapatkan pasangan.

Seiring berjalannya waktu dan telah melalui banyak kegiatan bersama untuk tujuan yang sama, kebanyakan orang akan memiliki perasaan kepada teman seperjuangannya, dan tidak sedikit orang menemukan cinta di dalam organisasi.

Jika beruntung anda akan mendapat pacar, percaya atau tidak ini memang benar.

Semua kembali lagi kepada keputusan yang anda buat apakah hanya akan fokus kuliah atau sambil berorganisasi. Jadilah dirimu sendiri.

Tips yang perlu diterapkan adalah jika anda sudah terjun ke dalam suatu organisasi maka fokus lah pada apa yang sudah anda rencanakan.

Kerjakan mana yang lebih menjadi prioritas dan mana yang sifatnya lebih mendesak untuk dikerjakan atau untuk diselesaikan.

Mungkin masih banyak manfaat lainnya, namun yang terpenting adalah anda dapat mengatur waktu antara kuliah dan ikut kegiatan organisasi. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar