Bidang Spesialisasi Akuntansi

 Halo sahabat Pena Info, jika kita mendengar kata akuntansi yang ada di benak kita adalah yang pasti angka atau hitung menghitung yaa.

Tapi tahukah anda, ada banyak sekali bidang-bidang dalam akuntansi.

Nah berikut ini Pena Info akan menjabarkan spesialisasi dari bidang-bidang akuntansi tersebut.

Bidang-Bidang Spesialisasi Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Menyangkut masalah pencatatan transaksi dalam suatu perusahaan atau suatu unit ekonomi lain dan menyangkut penyusunan berbagai laporan periodik dari catatan-catatan tersebut.

2. Auditing

Bidang kegiatan yang menyangkut suatu pemeriksaan atas catatan-catatan akuntansi secara independen.

3. Akuntansi Biaya

Menekankan masalah penetapan dan pengendalian biaya, yang lingkupnya mengenai biaya selama proses produksi dan harga pokok dari barang yang sudah selesai di produksi.

4. Akuntansi Manajerial

Membantu manajemen dalam operasi sehari-hari dan perencanaan operasi mendatang berdasarkan data historis maupun data estamasi.

5. Akuntansi Pajak

Mencakup penyusunan surat pemberitahuan pajak dan mempertimbangkan konsekuensi perpajakan

6. Sistem Akuntansi

Bidang khusus yang menangani perencanaan dan penerapan prosedur-prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan data keuangan.

7. Akuntansi Anggaran

Menyajikan rencana operasi keuangan untuk suatu periode tertentu, dan menyampaikan data perbandingan dari operasi aktual dengan rencana yang telah ditetapkan.

8. Akuntansi Internasional

Menyangkut masalah-masalah khusus yang berkaitan dengan organisasi perdagangan internasional perusahaan-perusahaan multinasional.

9. Akuntansi Lembaga Nirlaba

Mengkhususkan diri pada masalah pencatatan dan pelaporan transaksi dari unit-unit pemerintah serta lembaga nirlaba lainnya.

10. Akuntansi Sosial

Tugasnya antara lain pengukuran pola lalu lintas dari suatu daerah padat penduduknya, menyangkut masalah penggunaan dan kesejahteraan sosial dalam sebuah kota besar, penggunaan taman-taman umum, penyediaan air bersih dan polusi udara serta lainnya.

11. Pendidikan Akuntansi

Terdiri dari pengajar, para profesor akuntansi yang sering ditugaskan dalam bidang riset, audit, menangani akuntansi perpajakan, atau bidang akuntansi lainnya.

Nah itulah beberapa bidang spesialisasi akuntansi yang dapat Pena Info jabarkan.

Pada jaman yang semakin modern ini bidang spesialisasi akuntansi terus berkembang mengikuti situasi dan kondisi terkini.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

© PENAINFO. All rights reserved.