Skip to main content

Labels

PENA INFO

7 Prinsip Pemimpin Sukses

Menjadi pemimpin memang tak mudah. Karena itu, hanya sedikit orang yang mencapai puncak dan bisa terus dikenang hingga kini.

Sebenarnya, faktor apa saja yang dimiliki para pemimpin puncak hingga bisa jadi “legenda”?

Kita semua sebenarnya tercipta sebagai pemimpin. Minimal, memimpin diri kita masing-masing. Namun sayangnya, memimpin diri sendiri pun, masih sering mengalami kendala.

Mulai dari membiarkan pikiran negatif muncul, memelihara sikap miskin mental, dan berbagai hal kurang baik lainnya.

Padahal, dengan mengubah cara pandang saja, berpikiran selalu positif, mengembangkan kekayaan mental, akan mampu menjadikan kita sebagai pemimpin yang mumpuni.

Pada postingan sebelumnya terkait dengan 5 Level Kepemimpinan Efektif, seorang pemimpin memang memiliki levelnya masing-masing.

Jika memimpin diri sendiri berhasil kita lampaui, maka menjadi pemimpin dalam arti sebenarnya juga mengandung tantangan yang tak kalah hebatnya.

Hanya mereka yang mampu, mau, dan bersedia terus maju, yang akan jadi pemimpin hebat di bidangnya. Dan, sebenarnya, kita pun bisa mencapainya.

Bagaimana caranya? Berikut tujuh kriteria penting yang harus dimiliki seseorang agar jadi pemimpin unggulan, yang dikutip dari Paul B. Thornton yang menulis buku Leadership: Best Advice I Ever Got.

7 Prinsip Pemimpin Sukses

Berikut ini adalah 7 kriteria penting yang harus dimiliki seseorang agar jadi pemimpin unggulan.

1. Pemimpin mampu menjadikan segalanya nyata.

Seorang pemimpin haruslah memiliki semangat dan kemauan keras untuk mewujudkan keinginannya menjadi nyata.

Untuk itu, pemimpin pasti memiliki sikap seorang do-ers alias mengutamakan action. Pemimpin yang baik selain berusaha mewujudkan ambisi, juga tidak melupakan para pendukungnya.

2. Pemimpin mendengarkan dulu, baru memimpin.

Tuhan menciptakan manusia dengan dua telinga dan satu mulut. Ini berarti, kita sebenarnya diperintahkan untuk lebih banyak mendengar daripada berkata-kata.

Sebagai pemimpin sebaiknya mengutamakan untuk memahami lebih dulu, dibanding keinginan untuk dipahami.

3. Pemimpin menjawab pertanyaan dengan jelas dan terarah.

Ada tiga pertanyaan mendasar yang biasanya ditanyakan oleh anak buah:
1. Ke mana kita akan mengarah?
2. Bagaimana kita mencapainya?
3. Apa peran saya?

Kemampuan menjawab dengan jelas dan terarah dari ketiga pertanyaan tersebut akan jadi indikator sukses tidaknya seorang pemimpin.

4. Pemimpin menguasai visinya sehingga mampu bekerja di mana dan kapan saja di segala kondisi.

Dunia terus berubah, oleh karena itu, seorang pemimpin harus menguasai perubahan dengan mengetahui secara pasti tujuannya.

Untuk itu, seorang pemimpin harus membekali diri dengan beberapa hal, yakni:
  • kemampuan mewujudkan ide-ide,
  • membangun rencana yang terarah,
  • pandai mengeksekusi, dan
  • berorientasi hasil terbaik di setiap waktu.

5. Pemimpin selalu penuh keingintahuan.

Hal ini akan mendorong dirinya menjadi orang yang selalu haus akan informasi terbaru dan terus melakukan pengembangan berkelanjutan.

Semua perkembangan didasari oleh kemajuan berpikir serta selalu membiasakan diri untuk selalu berpikir kreatif dan menantang untuk membangun masa depan.

6. Pemimpin selalu mendengar dari dua sisi.

Seperti yang sudah disebutkan, kemampuan mendengar dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Namun, tak cukup hanya jadi pendengar. Informasi yang didapat harus meliputi semua sisi.

Karena itu, seorang pemimpin andal tak lantas percaya begitu saja dengan penuturan satu sisi. Ia harus mampu menggali dan “mendengar” dari sisi lain sehingga bisa melakukan tindakan yang objektif.

7. Pemimpin pasti selalu memiliki persiapan, persiapan dan persiapan.

Ada satu pepatah mengatakan, jika Anda gagal membuat rencana, maka Anda sedang merencanakan untuk gagal.

Ini mengandung makna, bahwa persiapan menyeluruh, dimulai dari rencana yang matang dan tindakan yang terarah, akan jadi indikator pertama tentang sukses tidaknya kepemimpinan kita.

Tak heran, jika ada idiom, persiapan adalah ilmu untuk meraih kemenangan. Untuk itu, mutlak kiranya seseorang pemimpin menyiapkan segala hal termasuk dengan rencana cadangan agar mampu mencapai sukses yang didambakannya.

Nah itulah prinsip-prinsip yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang pemimpin yang sukses. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Sahabat Pena Info, silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik postingan halaman ini. Ingat, komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar