Skip to main content

Labels

PENA INFO

Aplikasi Smartphone untuk Trading Saham

Halo sahabat Pena Info, pada artikel kali ini Pena Info akan membahas mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat digunakan oleh para investor dalam menunjang kegiatan berinvestasinya.

Namun, sebelum ke poin penjelasannya, pada artikel Pena Info sebelumnya tentang Yuk Nabung Saham serta artikel lainnya tentang Tips Memilih Sekuritas, Pena Info telah menjelaskan secara sederhana mengenai alur dari nabung saham dan tips dalam memilih sekuritas yang tepat sesuai situasi dan kondisi anda.

Melanjutkan pada penjelasan sebelumnya, maka seorang investor tentu akan memerlukan aplikasi-aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone.

Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Mari kita kembali sejenak pada zaman dulu, aplikasi-aplikasi canggih seperti sekrang ini yang dibuat para developer belum ada sama sekali.

Jika dulu transaksi saham berupa selembar kertas seperti sertifikat, maka seiring dengan perkembangan teknologi, transaksi saham sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang canggih.

Investasi saham beralih dari lembar saham fisik ke non fisik, yaitu berupa saham digital yang dapat anda lihat dalam portofolio saham dalam aplikasi trading anda.

Transaksi pun dapat dengan mudah dilakukan melalui software masing-masing sekuritas baik di desktop ataupun di smartphone.

Pada artikel kali ini memfokuskan pada aplikasi trading saham untuk sistem operasi Android dan iOS

Tentu saja dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut akan memudahkan sangat memudahkan anda karena tidak perlu membawa laptop kemanapun, cukup dengan smartphone anda saja sangat praktis.

Aplikasi apa sajakah itu? Berikut ini Pena Info akan memaparkan aplikasi-aplikasi smartphone yang dapat membantu anda dalam bertransaksi saham.

1. Aplikasi trading sekuritas

Setiap perusahaan sekuritas tentu sudah menyediakan aplikasi smartphone yang dapat dipakai para nasabahnya untuk transaksi saham dan surat berharga lainnya.

Apabila anda sudah menginstall pada smartphone anda dan sudah mendapat user id serta password yang diberikan pihak sekuritas, maka anda sudah dapat membeli dan menjual saham, tentunya harus top up saldo dulu ke rekening efek anda atau sering disebut RDI (Rekening Dana Investor) atau RDN (Rekening Dana Nasabah).

Setiap aplikasi memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu disarankan untuk anda mencoba atau trial menggunakan aplikasi tersebut dengan akun trial.

2. Aplikasi berita pasar saham

Pergerakan saham secara tidak langsung dapat dipengaruhi isu-isu yang beredar yang sedang hangat diperbincangkan.

Agar tidak ketinggalan informasi terkini anda dapat menginstall aplikasi berita pasar saham.

Sebelum anda menentukan saham apa yang ingin anda jual maupun beli, tentu sebuah berita rekomendasi saham dapat memberikan anda informasi dalam menentukan keputusan anda.

Sebuah berita akan memberikan sentiment negative maupun positif pada pergerakan saham.

Contoh aplikasi berita yang dapat anda install di smartphone anda yaitu Yahoo! Finance, Kontan.com, Bisnis.com dan lain sebagainya.

Apabila anda ingin mengetahui informasi market luar negri, anda dapat menginstall aplikasi Bloomberg dan sebagainya.

3. Aplikasi komunitas saham

Aplikasi yang selanjutnya adalah Stockbit. Aplikasi ini terdapat komunitas penggiat saham di dalamnya. Anda dapat ikut berdiskusi, tanya jawab, berbagi opini dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Stockbit juga memiliki fitur trading saham, berita, data serta adanya charting pada aplikasi tersebut.

Selain melalui aplikasi stockbit, ada juga komunitas saham melalui aplikasi telegram yaitu Saham Profit.

Dengan bergabung pada komunitas-komunitas tersebut anda dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dan koneksi tentunya.

4. Aplikasi RTI Business

Aplikasi yang mungkin dikenal pertama kali oleh investor pemula. Yaa aplikasi RTI Business memang wajib diinstall oleh para investor.

RTI Business menyajikan informasi keuangan secara lengkap, di samping itu fiturnya terdiri dari kutipan harga, grafik, data keuangan, analisis, aksi emiten, statistik, berita terkini dan sebagainya.

RTI Business dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna untuk mematau pergerakan harga saham secara realtime (delay 10 menit) dan laporan keuangan sebuah emiten dengan praktis.

5. Aplikasi mobile banking

Sebelum anda trading, anda harus menyetor dana ke rekening efek anda. Nah agar tidak repot ke bank atau ke atm, sebaiknya anda menggunakan mobile banking.

Pastikan anda sudah memiliki aplikasi mobile banking dan sudah terdaftar sebagai nasabah mobile banking di bank tempat anda menyimpan uang.

Nah itulah beberapa aplikasi yang dapat anda install pada smartphone anda untuk menunjang produktifitas anda dalam bertransaksi saham.

Apabila ada aplikasi-aplikasi lain yang menjadi rekomendasi anda, mari berbagi informasi di kolom komentar.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Sahabat Pena Info, silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik postingan halaman ini. Ingat, komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar