Skip to main content
PENA INFO
'Menu Pena Info'

6 Perusahaan Indonesia di Forbes 2019 Global 2000

Forbes baru saja meluncurkan Global 2000 'The World's Largest Public Companies' pada 15 Mei 2019. Forbes Global 2000 adalah daftar peringkat tahunan 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia yang dirilis oleh majalah Forbes.

Daftar peringkat dari perusahaan-perusahaan tersebut disusun berdasarkan empat kriteria yaitu penjualan, laba, aset dan nilai pasar. Daftar peringkat ini telah diterbitkan sejak tahun 2003.

Ini adalah yang ke 17 kalinya Forbes mengumumkan peringkat tersebut. Peringkat dari perusahaan publik terbesar di dunia tersebut adalah cerminan dari keadaan ekonomi global saat ini, dimana perusahaan tersebut mendominasi pasar global.

Untuk yang ke 7 kalinya secara berturut-turut Forbes memilih The Industrial and Commercial Bank of China sebagai peringkat atau posisi pertama.

Kemudian peringkat kedua yaitu JP Morgan Chase & Co. Selanjutnya di peringkat ketiga ada China Construction Bank, diikuti oleh Agricultural Bank of China di peringkat keempat. Pada peringkat kelima yaitu Bank of America.

Berdasarkan data Forbes tahun 2019 ini terdapat dari 2000 perusahaan yang mewakili 61 negara. Perusahaan dari Amerika Serikat yang terbanyak yaitu 575 perusahaan. China dan Hongkong di urutan berikutnya dengan 309 perusahaan. Kemudian diikuti oleh Jepang sebanyak 223 perusahaan.

Angka tersebut terlihat sangat berbeda ketika Forbes pertama kali menerbitkan Global 2000 pada tahun 2003. Pada tahun tersebut, Amerika Serikat menyumbang 776 perusahaan sementara Cina dan Hong Kong hanya menyumbang 43 perusahaan.

Lantas bagaimana dengan perusahaan Indonesia?

Terdapat 6 perusahaan Indonesia yang masuk dalam peringkat 2000 'The World's Largest Public Companies'. Empat diantaranya adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu BRI, Bank Mandiri, Telkom Indonesia dan BNI. Sedangkan dari sektor swasta hanya dua yaitu BCA dan Gudang Garam.

Dari 6 perusahaan tersebut hanya Telkom dan Gudang Garam yang bukan perusahaan perbankan.

BRI berada pada peringkat 383 kemudian Bank Mandiri di peringkat 481, diikuti BCA pada peringkat 553, selanjutnya Telkom Indonesia pada peringkat 747 dan BNI pada peringkat 835 serta yang terakhir Gudang Garam di peringkat 1.448.

Berikut ini adalah perusahaan Indonesia yang masuk dalam Forbes Global 2000:


Daftar selengkapnya dapat dilihat di sini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan topik postingan halaman ini, tanpa mengandung unsur SARA. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar